“Kalo mau belanja, jangan lupa tawar dulu harganya. Tawar 50% dari harganya”. -ibuk-

Tawar Menawar adalah interaksi yang dilakukan antar penjual dan pembeli untuk mendapatkan harga yang murah dalam melakukan transaksi jual beli. Pengertian tawar menawar menurut mahasiswa kece ini.

Bangsa Indonesia doyan banget tawar menawar kan ya. Iyaaaa pake bangeeet, gue juga!!. Survey membuktikan 10 dari pembeli di pasar tradisional, 8 diantaranya nawar harga barang yang ditawarkan. Sisanya 2 orang, anggep aja orang kaya. 

#LioDiPalembang
Pembaca yang budiman dan bersahaja, adakah diantara kalian yang suka traveling dan suka banget nawar ??? eits ga usah malu. NAWAR itu hak setiap traveler untuk mendapatkan harga terbaik ketika travelling. Mulai dari harga tiket pesawat yang ditawarkan travel, harga makanan di streetfood, hingga harga naik tuktuk di Bangkok muehehe. Jadi ga usah malu dengan kemampuan tawar menawar yang kalian miliki.

Entah sudah berapa kali bisa travelling dengan harga yang Alhamdulillah “murah meriah senang dan hati bahagia”.  Kok bisa ??? Alhamdulillah, tuhan selalu memberi jalan bagi para pejalan.

Suatu kehormatan, bisa hadir di acara Exclusive Launch Travelio #YourTripeYourPrice bersama travel blogger kondang dan jurnalis. Acara yang didominasi dengan dresscode kuning (warna baju penyelenggara) ini berlangsung heboh dan menimbulkan berbagai macam reaksi serta spekulasi berupa pertanyaan dari undangan yang hadir kepada pembicara. 

Hadir Kenny @kartupos yang memberikan tips seputar kegiatannya menghabiskan uang yang berlimpah (baca : travelling) serta perkenalan mengenai Travelio dari Ko Hendry dan Ce Christi selaku founder Travelio.com

#TariDiMonas
Dari exclusive launch ini ada beberapa catatan yang mau gue bagiin buat para pembaca yang budiman.
Tips ketika merencanakan perjalanan.
NABUNG. Ternyata tips Gue ini sama banget dengan kata yang keluar dari bibir merahnya Kenny @kartupos. Kita sehati koh!!. Intinya mah kalo pengen jalan – jalan dengan hati riang dan senang, menabunglah sebanyak – banyaknya. Kecuali kalo kalian keturunan keluarga raja dubai yang hartanya berlimpah ruah.

PILIH DESTINASI YANG BERBEDA. Sebisa mungkin hindari destinasi yang sama. Ibaratnya gini kalo lo putus, mending cari pacar yang lain. Jangan balikkan sama mantan. #sikap!. Selain bakal mengingatkan akan hal – hal  kelam yang sudah terjadi, destinasi yang sama kurang menambah pengalaman guys.

BUY MEMORIES NOT THINGS. Entah kenapa tips yang dikasih ama Kenny ga beda jauh dengan sikap gue ketika traveling. Bukan termasuk pelit dalam mengeluarkan harta yang melimpah. Tapi benda yang kita beli bisa rusak termakan waktu. Sedangkan memori tak akan lekang oleh waktu. Ciee!
Traveling juga jangan pelit – pelit amat ya :’) #sikap

PILIH DESTINASI, CARI PACAR TEMEN, BELI TIKET PROMO. Ada baiknya pilih destinasi yang murah meriah untuk berkelana. Nah kalo takut buat solotraveling, monggo cari pacar temen buat traveling bareng. Destinasi udah, pacar temen udah dapet, waktunya unting tiket promo !!! smarttraveler wajib subscribe email maskapai penerbangan. Ini penting guys. Kalo ada promo, lo bisa jadi orang yang tau duluan akan tiket penerbangan yang seharga 3 potongan red velvet di convivium!.

SELESAIKAN SEMUA PEMBAYARAN SEBELUM JALAN. Nah ini satu lagi tips dari Kenny. Biar travelling lo aman dan menyenagkan tanpa ribet ngurus administrasi pembayaran, mending selesain semua pembayaran sebelom jalan. Liburan nyaman ahti pun riang.

KARTU KREDIT. Gunakan kartu kredit yang ramah bagi para pejalan dan gak bikin kantong bolong.
Berhubung gue bukan pengguna kartu kredit, karena masih berstatus mahasiswa semester dua. Maka abaikan saja bagian ini.

Sebuah video animasi dari Travelio ditayangkan. Video berdurasi kurang dari 5 menit ini menampilkan step by step pemesanan kamar di Travelio.com.


Eh, pada belom tau sama Travelio ya??
Jadi Travelio ini sebuah situs booking khusus HOTEL yang dimiliki oleh PT Horizon Internusa Persada. Situs booking pertama di Indonesia yang bisa NAWAR!!! Dengan moto #YourTripYourPrice, Travelio.com sangat emmbantu travelers untuk dapat mendapat harga hotel terbaik. Lewat ijab Kabul antar pemesan dan pihak hotel. Kalo harga yang ditawar pemesan disetujui oleh pihak hotel maka SAH lah transaksi di Travelio.com.

Berikut langkah dalam melakukan pemesanan hotel di Travelio.com.
1) Buka Travelio.com
Halaman Depan Travelio.com, lagi ada promo !!!
 2) Pilih kota ataupun negara tujuan, dan Lio bakalan mencari hotel terbaik untuk anda. Setelah hotel didapat, silakan lakukan penawaran secara saksama. Please nawarnya jangan terlalu sadis ya guys!^^.

Lio sedang bekerja mencari hotel dengan harga terbaik.
3) BERHASIL. Setelah harga yang kalian tawar disetujui oleh pihak hotel, silakan lakukan pembayaran menggunakan kartu kredit maupun ATM Transfer. Pssst harga doi Travelio.com sudah termasuk pajak dan service loh. Jawara banget kan. bener bener Your Trip Your Price. FYI, kalo harga kalian ditolak silakan ulangi lagi dengan menawar sewajarnya. Inget, jangan nawar terlalu sadis.
Wajah Lio ketika tawaran Berhasil dan Ditolak
4) BANDINGKAN. Masih ga percaya dengan kejujuran Travelio? Lets see, buktikan sendiri guys. Kali ini gue membuktikannya dengan website PAGODA (sengaja diplesetin). Bisa diliat peredaan harganya kan :)

Perbandingan menggunakan Pagoda :p
5) PEMBAYARAN. Kalian bisa melakukan pembayaran via kartu kredit maupun ATM Transfer. Silakan pilih sesuai ketersediaan elo pada guys. Berhubung gue belom punya kartu kredit, maka Transfer melalui ATM menjadi jalan satu satunya :).

Gampang banget kan!!! lo pada bisa nawar exclusive bareng Travelio dimana aja. Modal Gadget dan koneksi internet doang.
Senyum Bahagia Tim Travelio.com (Pic : Travelio)
“Untuk saat ini Travelio.com fokus kepada pemesanan hotel dulu” ungkap Hendry. Kurang lebih sudah ada seribu hotel yang bekerja sama dengan Travelio.com. mulai dari hotel di Indonesia hingga negara lainnya. “Kami akan bekerjasama dengan hotel – hotel lainnya, dan silakan untuk memberikan kami rekomendasi hotel lainnya” ungkap Christi.
Formasi Lengkap Tim Travelio. Travel Blogger dan Jurnalis.
Harapannya, semoga Travelio ada versi mobile phone nya yah kakak kakak sekalian. Supaya makin memudahkan traveller :)
Travelio on Twitter, Facebook, Instagram

Teks & Foto : Astari Ratnadya