Wajah Bahagia Tim Ekspedisi Nusantara Jaya 2015
"Ada saat dimana kita harus memilih satu diantara dua pilihan yang akan dijalani."

Memilih satu diantara dua pilihan bukanlah perkara mudah. Apalagi kalo disuruh milih antara Afgan dan Reza Rahardian. Begitulah yang gue rasakan beberapa minggu lalu sebelum akhirnya memutuskan untuk bergabung dalam Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 bersama 200an pemuda lainnya dari berbagai daerah. Iaaa kemaren – kemaren gue galau mau berangkat atau kagak. *maklum anak muda*.
Tim Ekspedisi Nusantara Jaya - KRI Banda Aceh 593. Pict by : media
Kadang, Tuhan suka bercanda ketika ngasih rejeki.
Siapa sih gue, bisa kepilih bareng 200an pemuda kece Indonesia buat mengarungi lautan indonesia dari Jakarta – Makassar – Sorong – Saumlaki – Kupang – Jakarta. Seneng ??? banget meeen !!!
Dapet sodara baru, ilmu baru dan temen ngetrip baru nantinya.
Aaaah Tuhan emang baik sama gue. 
By the way, I’m happy as who I am.
Pardon my selfie :)
Cerita ini gue tulis saat ombak lagi teramat tinggi, dan kondisi sebagian peserta pada mabuk laut :). 

Sedikit cerita tentang Ekspedisi Nusantara Jaya dulu kali ya. Tepat tanggal 1 Juni 2015 Peluncuran Ekspedisi Nusantara Jaya dilaksanakan, sekaligus pelepasan tim Ekspedisi Nusantara Jaya untuk keberangkatan menggunakan KRI Banda Aceh 593. Kurang lebih 200an pemuda dari berbagai daerah ikut dalam ekspedisi ini. Ada yang dari Jakarta, Tangerang, Lampung, Palembang, Bandung, Sukabumi, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Sumatera Utara, Batam dan berbagai daerah lainnya.
Senja di Laut Banda.
Nah, Selama 26 hari kita bakal berlayar dari Jakarta – Makassar – Sorong – Saumlaki – Kupang dan kembali lagi ke Jakarta. Nggak hanya berlayar, tapi menyalurkan bantuan dari berbagai sponsor yang andil dalam ekspedisi. Nggak Cuma pemuda yang ikut dalam ekspedisi ini. Ada juga bapak - ibu dari Kemenko Maritim, kemenpora, serta Bank Indonesia yang ikut.

Perjalanan mengarungi lautan begitu banyak cobaan. Gelombang yang tinggi, cuaca yang kurang bersahabat hingga mengakibatkan banyaknya peserta yang jackpot.
Sampai tulisan ini dibuat, Alhamdulillah gue belom jackpot :) .
Kegiatan selama pelayaran sangat beragam, mulai dari materi seputar dunia kemaritiman, serta materi dari berbagai organisasi yang hadir, dan sedikit materi tentang softskill.
Btw, ini kapal KRI BANDA ACEH 593. Luas Bangeeeetttsss.
Niatnya sih gue pengen ngeblog setiap hari untuk nulis kegiatan selama acara ekspedisi ini.
Biar pembaca sekalian bisa ikut merasakan beragam kegiatan seru dalam Ekspedisi Nusantara Jaya ini.
Tapiii kondisi di lapangan sangat tidak bersahabat. Gelombang yang tinggi, sinyal yang memprihatinkan serta penyakit males pun hadir. *maapin ya*.

Next, gue share tulisan berikutnya selama perjalanan mengarungi lautan Indonesia Timur yah guys !!!
Raisa mau istirahat dulu :)


Teks & Foto : Astari Ratnadya