Kamu mau kerja apa, setelah lulus nanti ???Saya kepengen kerjaan yang jalan – jalan pak.Kalau gitu kamu jadi supir angkot aja. Kan jalan – jalan. 

Sebuah percakapan sore hari antar seorang gadis manis dengan dosen pembimbingnya.
Hingga akhirnya, gadis manis tersebut mewujudkan impiannya untuk bekerja sesuai dengan hobinya yakni jalan – jalan. 
"Karena sesungguhnya pekerjaan yang paling menyenangkan didunia ini adalah hobi yang dibayar" 

Bukan sebagai supir angkot, bukan juga sebagai pramugari (padahal ini cita – cita lho!). Tapi pekerjaan sebagai Blogger.
Raisa di Pahawang, Lampung.
BLOGGER ???
Beberapa orang masih asing mungkin mendengarnya.
Bahkan teman – teman kampus saya nggak tau apa  itu Blogger!!!
Mereka cuma tau Burger  dan Baper doang. Dimana burger dapat dinikmati ketika sedang baper.
Padahal Blogger itu sudah menjadi sebuah pekerjaan yang menggiurkan dengan peminatnya yang semakin banyak lho.
Raisa dan fans di Sorong, Papua Barat.
Singkatnya, blogger adalah orang yang menulis pada sebuah blog yang dimilikinya. Baik itu blogspot, wordpress ataupun blog pribadinya. Selain itu blogger juga terbagi dalam beberapa bidang. Ada travel blogger, techno blogger, fashion blogger, food blogger, hingga beauty blogger dan lainnya.
Kalau kamu blogger dibidang apa tar???
Saya sih blogger hore dimana isi blognya campur aduk macem gado – gado yang dijual di pasar Bogor.

Jadi Blogger = Bisa jalan – jalan gratis. Yes or No ???

Banyaknya blogger yang melakukan jalan – jalan gratis bersama brand yang mensponsori, membuat banyak orang berpikiran bahwa menjadi seorang blogger maka kesempatan jalan – jalan gratis akan terbuka lebar. Bener nggak sih ? ENGGAK !!!
Dunia blogger itu penuh lika – liku perjuangan hingga drama “jalan – jalan gratis”.
Saya pribadi sebelum menjadi Blogger, lebih sering melakukan perjalanan sendiri dengan pengeluaran yang ditanggung sendiri *tanpa sponsor*.
Kalau ada kesempatan Jalan – Jalan gratis dengan kapasitas saya sebagai Blogger, itu merupakan kesempatan dari tuhan untuk hambanya yang manis dan solehah ini.  
Raisa di Pasir Berbisik, Bromo.
Seandainya kalian semua tau, kita (Blogger) tidak serta merta melakukan perjalanan gratis.       
Ada sebuah kesepakatan yang dibuat antar blogger dan sponsor.
Misalkan ketika berkunjung ke Pulau Komodo harus foto selfie dengan komodo produk dari brand, melakukan livetweet selama perjalanan, hingga menuliskan artikel perjalanan sebanyak yang sudah ditentukan. Semuanya tertulis jelas di lembar kesepakatan yang disetujui dan ditandatangani bersama.

Sejauh ini, pekerjaan sebagai Blogger telah membawa saya berkeliling Nusantara.
Mulai dari Jakarta hingga Papua, mulai dari kota besar hingga pulau terluar Indonesia, mulai dari bertemu pejabat negara hingga warga daerah. Semua saya lakukan dengan kapasitas saya sebagai blogger muda yang mempesona :p .
Raisa dan Fans di Kupang, NTT.
Banyak jalan yang bisa dilakukan untuk jalan – jalan gratis mengelilingi nusantara.
Salah satunya dengan ikut berbagai program sosial yang diadakan pemerintah. Kalau kalian punya keahlian dibidang akademik, mungkin bisa daftar ikut berbagai olimpiade. Nah, kalau yang doyan menulis seperti saya, bisa ikut lomba blog yang hadiahnya gratis jalan – jalan. Yah walaupun persentase menangnya Cuma sekian persen karena makin maraknya kecurangan dan pemenang bayaran *eeeeh*.
Raisa dan Fans di Lombok. Pict by : Mas Fahmi.
Nggak munafik sih, saya pasti bahagia dan jingkrak – jingkrak kalau mendapat kesempatan jalan – jalan gratis (tanpa harus keluar duit *anak kosan*). Tapi kalau ada rejeki, toh lebih enak jalan dengan uang sendiri :) . karena uang bisa dicari namun waktu untuk liburan tidak bisa dibeli.

Liburan bareng yuuuuk !!!