Tiga Alasan Penting, kenapa harus punya asuransi.

Pernah nggak sih, lagi asyik jalan – jalan di mall.
Tiba – tiba
 “Selamat siang, mbak. Kami dari asuransi xxxxxxxxxx. Mbaknya sudah punya asuransi kah ?”
Apa yang kalian lakukan saudara – saudara sekalian ?
a. Pura – pura ga denger dan lanjut jalan
b. Memilih tidak lewat didepan mereka dan putar arah
c. Ngajak agen asuransi kenalan

Dari survey yang sudah saya amati di pusat perbelanjaan, 7 dari 10 orang memilih untuk melambaikan tangan sambil bilang “maaf ya/ lain kali aja/ saya sudah punya asuransi”. Termasuk saya sendiri sih (kadang suka dadah – dadah macem Putri Indonesia buat menolak penawaran dari agen asuransi. Kecuali kalo agen asuransinya cakep, wangi dan enak dipandang. Ini ngomongin agen asuransi atau calon imam sih!). 

pict from here
Anyway setelah lulus kuliah dan memilih untuk menjadi pekerja lepas atau bahasa gaulnya Freelancer, saya mulai mikir untuk memiliki asuransi sendiri. Hitung – hitung untuk proteksi diri sedari dini! Mengingat usia saya juga yang masih sangat muda (22tahun). Dulu jaman masih kuliah sih, asuransi udah ter-cover oleh orangtua karena di perusahaan tempat orangtua saya bekerja menyediakan asuransi untuk karyawan beserta keluarganya (istri + tiga orang anak yang lucu dan menggemaskan dan masih berstatus sebagai mahasiswa).

Berhubung sekarang sudah wisuda dan tidak lagi berstatus sebagai mahasiswa, otomatis asuransi saya terdahulu sudah tidak bisa digunakan lagi. Sedih nggak sih. Sempet bingung sih milih asuransi yang sekiranya cocok untuk saya pribadi. Apakah asuransi kesehatan, pendidikan, atau finansial, ataukah ketiganya. 

Setelah minggu lalu sempat ngobrol – ngobrol dengan teman – teman blogger yang notabene udah pada punya asuransi, saya jadi ngerti betapa pentingnya berasuransi “Predict the Unpredictable”Belum lagi kegiatan saya yang lebih banyak terbang kesana – kemari, pindah dari satu tempat ke tempat lain yang sangat beresiko sekali. Ditambah dengan resiko selama perjalanan melintasi daerah –daerah di Indonesia. Safety First emang wajib! Namun, proteksi diri dengan berasuransi sedari dini pun tak kalah penting. Apalagi asuransi kesehatan. Saya sih tidak berharap mendapatkan kecelakaan ketika sedang mengelilingi provinsi di Indonesia (jangan sampe ya tuhan L).  Bukankah resiko kehidupan dapat mengganggu terwujudnya impian !  . Saya percaya setiap orang punya impian dan cita – cita yang akan diraih. Nah, saat meraih mimpi itu perlu perjuangan dan kerja keras kan. Karenanya untuk meminimalisir resiko, sebaiknya setiap orang memiliki asuransi jiwa. 



Apa saja sih pentingnya berasuransi ?

Dari banyaknya alasan untuk memiliki asuransi, tiga hal dibawah ini adalah alasan utama betapa pentingnya proteksi dengan punya asuransi sedari dini.

1. Sebagai bekal finansial
Bekal finansial disini tentu saja sebagai bekal finansial di masa mendatang.
Kalau sekarang belum begitu terasa. Tapi yah namanya umur siapa yang tau (iya kan). Setidaknya dengan memiliki asuransi, kalian telah meproteksi keluarga kalian.
Nantinya ketika anda sudah berkeluarga, proteksi diri bagi keluarga adalah hal yang paling tepat melalui premi asuransi yang telah anda bayarkan sebelumnya. 



2. Pendidikan Anak sangat penting
Salah satu hal yang membuat orangtua terpandang adalah ketika mereka bisa menyekolahkan anaknya setinggi – tingginya hingga menjadi sarjana dan bisa berguna bagi bangsa dan negara. Kalau dulu sih, biaya pendidikan masih terbilang wajar. Namun lambat laun, biaya pendidikan selalu meningkat tiap tahunnya. Udah siap belom buat nyekolahin anak tinggi – tinggi ? 



3. Anda akan merasakan Hari Tua
Saya masih muda, anda pun masih muda, dan nantinya kita “pernah muda”.
Hari tua menjadi hal yang harus dipersiapkan dari jauh – jauh hari. Apalagi “biaya kehidupan di hari tua”. Makanya, premi asuransi yang dulu pernah anda bayarkan akan sangat bermanfaat di hari tua, khususnys untuk bekal biaya kesehatan. Nikmati hari tua dengan bahagia adalah impian semua orang.
pict from here
Nah, tiga alasan diatas, membuat saya mantap untuk memproteksi diri sedari dini dengan memiliki asuransi sendiri.  Tentunya asuransi yang saya pilih pun harus yang sudah berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik dimata pelanggannya dan juga masyarakat.

22 komentar:

  1. Replies
    1. Asuransi hati buat jaga - jaga kalau patah hati yah kak ? *eeeh.

      Delete
  2. Sampai saat ini saya punya 3 Asuransi,
    Karena saya sadar kedepannya asuransi ini dibutuhkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriously kaaak ?!?
      Gilaaaks banyaknyooo.

      Delete
  3. Asuransi itu banyak manfaatnya, tinggal kita mau melakukan atau tidak. Kadang banyak yang masih mengababaikan saja :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dilihat lebih mendalam, Asuransi penting banget memang.
      Apalagi buat kesehatan dan pendidikan.
      Tapi orang - orang suka "berpikiran negatif" duluan tentang agen asuransi :) hehe.

      Delete
  4. Asuransi adalah salah satu pilihan tepat untuk mengcover kebutuhan/keuangan yang berkali lipat dari sekarang:)

    ReplyDelete
  5. Salam kenal :) Iyap, asuransi, predict the unpredictable, setuju banget. saya udah ikut 1 nih, tapi ga bs dipake rawat jalan :( maunya nambah lagi..hehe. Thanks ulasannya...

    ReplyDelete
  6. 3 alasan yg mendasar banget ya utk melirik proteksi kayaka asuransi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiga alasan penting harus punya asuransi bagi anak muda hehe.

      Delete
  7. Asuransi memang sangat membantu ya utk anak muda kayak saya.. Aku punya dua asuransi kak, satu di Indonesia, satu di Aussie.. Semuanya berguna..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Asuransi di Aussie, agen asuransinya cakep - cakep nggak mas ?

      Delete
  8. yag muda atau baru nikah mesti siapin milih asuransi yang mana nih.. buat masa depan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap siap milih asuransi sebagai proteksi diri sedari dini yah mbak :) .

      Delete
  9. asuransi sih perlu, tapi preminya mayan bikin cekak yah

    ReplyDelete
  10. raisa seharusnya punya asuransi kalo sewaktu-waktu jatuh dr panggung donks :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahahaha hanjeer, akuh ngakak baca komen ini wkwkwk.

      Delete
  11. Seberap banyak kamu punya asuransi, kamu wajib punya BPJS hahaha

    ReplyDelete