IKAN KAKAP KARO, OLAHAN LAUT YANG KAYA MANFAAT

By Astari Ratnadya - Sunday, November 06, 2016


Perjalanan mengunjungi Indonesia Timur dengan “berlayar” selama satu bulan memiliki kesan tersendiri bagi saya. Tidur sekamar dengan 30an perempuan dari berbagai daerah dengan “kerempongan masing – masing”. Tiap pagi masih pada sempet lukis alis (ini beneran), padahal sehabis itu harus ikut kegiatan ala militer mulai dari senam pagi, apel pagi, sampe push up!.

Keliling daerah di Indonesia tanpa mencoba kulinernya adalah hal yang tabu. Apalagi kalau kalian melewatkan makanan laut khas Indonesia. Kalian tau kan jika Indonesia dikenal sebagai negara maritim dengan 75% lautan dan 25% daratan. Belum lagi kekayaan laut Indonesia yang membuat potensi untuk berkembangnya usaha budidya ikan sehingga menghasilkan kreasi olahan makanan laut yang beragam.

Makanan Laut
Tingginya nilai kekayaan Indonesia, terutama sektor perikanan yang didukung oleh luasnya lautan Indonesia, memberikan poin tersendiri untuk peningkatan pendapatan masyarakat. Meskipun tidak dapat dipungkiri, dengan disepakatinya kerjasama perdagangan bebas antar negara memiliki dampak besar bagi perekonomian Indonesia. Negara kita harus dapat bersaing, tidak hanya di pasar domestik, tapi juga pasar internasional, mulai dari bibit sampai menjadi produk yang diolah maupun ikan segar.

Waktu di Saumlaki (Maluku). Ikannya seger - seger
Saya jadi ingat percakapan saya kepada ahli gizi beberapa waktu lalu mengenai banyaknya manfaat untuk kesehatan jika rutin mengonsumsi ikan.
“ikan itu banyak protein dan bagus sekali buat otak. Alasan kenapa orang Jepang pada pintar – pintar itu Karena masyarakat jepang rutin mengkonsumsi ikan. Ikan juga mengandung asam lemak esensial, omega 3 dan omega 6 yang tidak akan membuat ‘over weight’ jika terlalu sering dikonsumsi” .
Olahan “Ikan Kakap Karo”

Lahir dan besar di pulau Sumatera, membuat saya begitu mencintai semua olahan makanan laut. Tau sendiri kan, kalau Palembang terkenal dengan makanan lautnya dari pempek, model, tekwan, celimpungan, laksa, hingga pindang ikan patin. Tapi olahan makanan laut favorit saya adalah Ikan Kakap Karo. Menu makanan khas sumatera utara ini terbilang baru saya coba. Sekitar satu bulan lalu ketika menemani klien mencoba menu makanan khas Indonesia Timur. Kebetulan restoran yang saya tuju memiliki menu makanan yang lengkap.


Kandungan Gizi dalam satu porsi Ikan Kakap Karo
Jumlah Kandungan Energi Ikan Kakap = 92 kkal
Jumlah Kandungan Protein Ikan Kakap = 20 gr
Jumlah Kandungan Lemak Ikan Kakap = 0,7 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Ikan Kakap = 0 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Ikan Kakap = 20 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Ikan Kakap = 200 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Ikan Kakap = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Ikan Kakap = 30 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Ikan Kakap = 0,05 mg
(Sumber informasi gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia)

Manfaat ikan Kakap terhadap kesehatan
1. Selenium
Setiap ekor kakap merah (100gr) mengandung hamper 70% dari jumlah selenium yang direkomendasikan setiap hari untuk tubuh pria dan wanita dewasa. Nah selenium ini berfungsi untuk mencegah senyawa radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan DNA yang nantinya bisa berdampak membawa penyakit rheumatoid arthritis, kanker serta penyakit jantung.

2. Vitamin A
Jadi inget pelajaran Biologi waktu SMP deh. Vitamin A berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh, pemeliharaan tulang dan juga kesehatan kulit serta mata. Konsumsi vitamin A yang cukup setia[p hari bisa menurunkan resiko gangguan mata seperti katarak dan minus lho guys!.

3. Kalium
Tau kalium ? kalium merupakan zat yang dapat berguna sebagai mineral dan elektrolit. Jadi gini, kalium diperlukan oleh tubuh untuk memicu enzim yang dibutuhkan dalam metabolisme energi. Usahakan untuk mengurangi asupan natrium, agar kadar kalium kamu aman supaya sistem tubuh dapat berjalan dengan baik.

4. Omega 3 dan omega 6.
Omega 3 membantu mencegah penggumpalan darah, bagus untuk perkembangan sel-sel otak, serta mengurangi risiko serangan jantung. Untuk anak-anak, mengonsumsi omega 3 sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan otak.
Omega 6 sendiri baik untuk menjaga kesehatan jantung. Omega 6 membantu menurunkan level kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Omega 6 juga bermanfaat menurunkan tekanan darah, mengurangi gejala reumatik, dan bersama dengan omega 3, dapat meringankan gejala attention deficit/hyperactivity disorder (ADHD) pada anak. 

Gimana ? banyak sekali kandungan gizi yang ada dalam satu ekor ikan kakap. Beragam jenis ikan lainnya juga nyaris memiliki kandungan gizi yang sama. Untuk harga ikan pun masih cukup murah jika dibandingkan dengan harga daging. Yuk rajin konsumsi ikan untuk masa depan cemerlang macam orang Jepang.

Lagi – lagi saya sangat berbangga hati menjadi warga negara Indonesia. Semua karena kekayaan laut Indonesia yang begitu beragam. Siapa yang menyangka jika hasil laut Indonesia kini sukses merajai pasar internasional.

  • Share:

You Might Also Like

10 komentar

  1. Ikan-ikan yang difoto waktu di Saumlaki itu menggoda sekali kalau digoreng kering :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus dimakannya pake sambel kecap / sambal matah.
      Trus gua laper sekarang hahaha.

      Delete
  2. Itu ikannya seger dan asli "ikan mati sekali" ya Raiso. Good luck for us Raiso, biar bisa jalan bareng lagi yippi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan - ikan di daerah timur masih seger - seger om nduuut hahaha.
      Amiiin!

      Delete
  3. Replies
    1. Atuhlah saya juga jadi kepengen makan ikan kakap karo lagi hihi

      Delete
  4. harga ikan kakap sekarang ini semakain mahal tetapi sesuai dengan kandungan gizi nya

    ReplyDelete
  5. ehmmm .. jadi kepingin makan ikan kakap

    ReplyDelete