Ada yang berencana perpanjang paspor dalam waktu dekat ? mungkin Mal Pelayanan Publik yang berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan bisa menjadi pilihan. Sama seperti prosedur di imigrasi lain, setiap pemohon yang akan melakukan perpanjang paspor atau penggantian paspor, tetap harus memiliki nomor antrian yang sudah didapat melalui aplikasi antrian paspor.

Akhir 2017 lalu sempat kesal karena susahnya mendapatkan nomor antrian paspor di aplikasi antrian paspor. Kebijakan baru imigrasi mengharuskan pemohon diharuskan mengambil nomor antrian paspor melalui aplikasi antrian paspor atau website imigrasi.

Berkali – kali aku mencari tanggal untuk permohonan perpanjang paspor, namun nihil. Semua tanggal sudah penuh hingga akhir 2017. Belum lagi yang bikin shock adalah semua tanggal nyaris sudah habis untuk tahun 2018 juga. Gila nggak sih. Wah ini pasti ulah calo, pikirku kala itu. Sumpah ya aku udah mikir negatif aja. Ternyata aku salah saudara – saudara.



Tepat hari jumat, 31 Desember lalu aku iseng kembali membuka aplikasi nomor antrian paspor dan memilih lokasi perpanjangan paspor beserta tanggal. Lucky me !! aku dapat tanggal 2 Januari 2018. 

Update : Sekarang kuota pemohon paspor dibuka tiap hari Minggu jam 5 sore.

Aku pilih Mal Pelayanan Publik Jakarta sebagai lokasi perpanjang paspor, alasannya sih karena pengen nengok mal kece ala pemerintah Jakarta ini. 
Dimana tersedia beragam layanan bagi masyarakat. Oh ya untuk diingat kembali, layanan imigrasi yang tersedia di mal pelayanan publik ini hanya untuk layanan perpanjang paspor saja (baik itu perpanjangan paspor biasa ataupun e paspor) dan penggantian paspor yang hilang. Kalau mau bikin paspor baru, silakan menuju kantor imigrasi ya.

Tepat pukul 13.00 wib, aku datang ke Mal Pelayanan Publik sesuai dengan jadwal yang sudah tertera pada nomor antrian paspor yang aku dapatkan. 
Tip : Datanglah 30 menit lebih awal biar nggak buru – buru.


Syarat perpanjang paspor pun sangatlah mudah. Cukup membawa E-KTP dan Paspor Lama saja beserta fotokopinya.

Proses perpanjang paspor di Mal pelayanan publik ini pun terbilang cukup singkat. 
Pertama, ambil nomor antrian di lantai 1 kemudian menuju lantai 3 untuk layanan imigrasi, tinggal menunggu antrian di kursi yang sudah disediakan didekat loket imigrasi.

Petugas imigrasi akan meminta nomor antrian beserta berkas yang dibawa (ektp dan paspor lama beserta fotokopinya) beserta barcode nomor antrian paspor yang kalian dapatkan di aplikasi antrian paspor. Kalau semua perlengkapan lengkap tinggal menunggu giliran untuk difoto.

Selesai foto, kalian bisa mengecek permohonan perpanjang paspor melalui whatsapp getaway service imigrasi. Caranya ketik nomor permohonan (yang diberikan setelah proses foto selesai). 
Dari situ kalian bisa melacak status permohonan paspor kalian dan juga mendapat kode untuk melakukan pembayaran paspor. Kalian baru bisa melakukan pembayaran apabila sudah muncul kode MPN G2.

Jadi melalui whatsapp, kalian bisa tracking status permohonan paspor kalian. As simple as that.
Oh ya untuk biaya perpanjang paspor masih sama saja. Untuk paspor biasa Rp 355000 sedangkan E-paspor Rp 655000.
Pembayaran paspor nantinya dapat melalui ATM. Sejauh ini loket pembayaran paspor sudah ditiadakan. Jadi semua pembayaran pembuatan paspor melalui ATM *biar jelas gitu pendapatan negara dari pembuatan paspor.

Layanan imigrasi Mal Pelayanan Publik ini bisa jadi pilihan untuk perpanjang paspor dari paspor biasa menjadi epaspor!!. Jadi kalau ada yang mau perpanjang paspor, aku saranin ke Mal Pelayanan Publik saja. Lokasinya persis disebelah Gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan.

QnA (yang paling banyak ditanyain) :
Q : Apakah sekarang harus pakai nomor antrian dari aplikasi untuk buat/perpanjang paspor ?
A : Harus !! kalian bisa mendapat nomor antrian di aplikasi antrian paspor, website imigrasi, dan whatsapp kantor imigrasi tertentu. Silakan pilih salah satu.

Q : Paspor saya udah lama expired, masih bisakah diperpanjang lagi ?
A : Bisa. Selama kamu masih ada paspor yang lama, kamu bisa perpanjang paspor

Q: Paspor saya hilang, padahal masih baru. Bisa bikin paspor lagi nggak ?
A: Bisa. Silakan bawa surat kehilangan dari kepolisian kemudian datang ke imigrasi terdekat.

Q : Bolehkah perpanjang paspor ditempat yang nggak sesuai domisili ?
A : Boleh banget! syarat perpanjang paspor hanya perlu membawa E-KTP & PASPOR LAMA beserta fotokopinya (untuk paspor keluaran tahun 2013). Tambahan : surat keterangan kerja bagi kalian yang bekerja (ini sebenarnya opsional. Pengalaman temanku ada yang diminta beginian).

Q : Kalau paspor belum habis, kemudian mau diganti jadi E-Paspor apakah bisa ?
A : Bisa banget.

Q : Kalo paspor masa berlakunya tinggal 1 tahun lagi, tapi mau perpanjang sekarang boleh ?
A : Boleh bro! Boleeh banget.

Q : Kalau sudah dapat nomor antrian paspor, kemudian teman nebeng nomor antrian saya bisakah ?
A : Tidak bisa.

Q : Bisa mendaftarkan temankah di aplikasi antrian paspor ?
A : Tidak bisa. Aplikasi antrian paspor hanya bisa mendaftarkan maksimal 4 pemohon yang berstatus orangtua (ayah/ibu), anak, suami/istri

Q : Kalau lupa bawa fotokopi e-ktp dan paspor gimana ?
A : Ya cari fotokopian terdekat mas/mbak. Seharusnya ini dipersiapkan dari rumah.

Q : Boleh dandan nggak saat foto paspor ?
A : Demi foto paspor untuk lima tahun mendatang tentu saja boleh. Hindari memakai softlens dan highlight bagi wanita.

Q : Foto di paspor boleh senyum nggak ?
A : Cukup senyum sewajarnya.

Q : Saya udah buka aplikasi antrian paspor malem - malem, tapi kuota habis!
A : Pemohon paspor itu banyak banget. Kalau sudah mau akhir bulan sih biasanya sudah ludes semua. Mungkin bisa dicoba lagi pagi hari atau awal bulan.

Q : Waktu terbaik buat buka aplikasi antrian paspor kapan ?
A : Sejatinya pihak imigrasi membuka kuota pemohon paspor setiap Jumat. Saranku nih ya coba saja dibuka saat Jumat pagi. Kalau perlu pukul 1 malam. (tidak dianjurkan bagi kalian yang nggak bisa begadang).
Kalian juga bisa daftar perpanjangan paspor melalui nomor whatsapp diatas yah. *untuk daerah tertentu.

Terakhirr nih ya, aku bukan pihak imigrasi wahai pembaca semua. Hanya sebagai 'pemohon' paspor yang telah berhasil perpanjang paspor dengan sangat cepat pada Januari 2018.


Nah untuk kalian yang mau tanya - tanya seputar paspor, bisa komen dibawah ini atau bisa mengajukan pertanyaan melalui link whatsapp http://bit.ly/contactraisa, instagram @astarianadya atau melalui email astarianadya@gmail.com.

Silakan share artikel ini kalau bermanfaat :)
Untuk yang berhasil perpanjang paspor, selamat yah !!!