Resolusi Tahun Baru, Move or Lose

January 06, 2019


"Hidup Sehat dan Rajin Olahraga"
adalah resolusi yang setiap tahunnya aku tulis di jurnal pribadiku.
Resolusi yang selalu remedial karena bertahun - tahun aku tidak bisa menggapainya secara stabil.

Resolusi untuk hidup sehat dan rajin olahraga hanya bertahan di tiga bulan pertama tiap tahunnya. Selebihnya ? Jangan harap. Aku bahkan sudah lupa pernah menuliskan resolusi untuk hidup sehat. Alih - alih untuk hidup sehat, gaya hidupku kembali tidak sehat (lagi) makan - makanan yang tidak sehat dan malas - malasan untuk berolahraga.

Akibatnya berat badanku melonjak drastis hingga bobot tubuhku makin menjadi - jadi. Pernah aku bilang gini kediriku "Nggak papa gede, Asal pede". Mantra yang bikin aku untuk tetap percaya diri dengan bentuk tubuhku. 

Tapi kemudian aku sadar kalau ini tidak sehat. Dengan tubuhku yang besar ini aku sulit melakukan aktifitas sehari - hari. Jadinya bikin aku yang pemalas ini makin malas. 


Banyaknya yang seliweran di media tentang kasus obesitas yang menyebabkan kematian, ngebuat aku pribadi takut meninggal di usia muda. Yah padahal usia kan cuma tuhan yang tahu. Tapi nggak ada salahnya toh untuk menjaga kesehatan biar terhindar dari beragam macam pe yakit kronis.

Kalau lihat video di Youtube tentang olahraga ringan yang bisa dilakukan dirumah rasanya kok mudah banget yah. Tapi aku tuh tipe orang yang lebih senang mendengar langsung cerita orang - orang yang sukses menurunkan berat badannya. Salah satu panutanku untuk menurunkan berat badan yakni Okkie Lukman, Dewi Huges dan Kemal Pahlevi. Ketiganya berhasil menurunkan bobot tubuhnya menjadi lebih ideal dengan rutin berolahraga.

Nasib baik, bulan lalu aku berkesempatan mendengar cerita langsung dari Kemal Pahlevi yang menjadi pembicara pada talkshow Move or Lose disebuah resto di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. 



Kemal menceritakan tentang satu kejadian yang membuat hidupnya menjadi lebih sehat. "Aku pernah mengalami sesak nafas yang sangat menyakitkan suatu hari. Tapi hari berikutnya tidak merasakan sesak nafas. Tapi lusanya sesak nafas itu hadir kembali dan aku benar - benar susah untuk bangun. Sesak nafas itu begitu mencekik" ceritanya.

Dari kejadian tersebut Kemal berkonsultasi dengan dokter nutrisi dan menerapkan konsep 3J - Jam, Jumlah, Jenis.
Konsep 3J ini rutin beliau praktekan hingga sekarang.

  1. Jam yang berarti waktu saat mengonsumsi asupan makanan yang akan masuk ke tubuh. Baiknya ada jeda dalam mengonsumsi makanan.
  2. Jumlah yang berarti seberapa banyak makanan yang akan dikonsumi oleh tubuh. Untuk jumlah sendiri, makanlah sesuai porsi. Jangan berlebihan.
  3. Jenis yang berarti kriteria makanan yang akan dikonsumi oleh tubuh. Memilah makanan sesuai porsi juga penting. Seberapa banyak karbohidrat, nutrisi, serat yang akan dikonsumsi oleh tubuh.
Dengan rutin menrapkan konspe tersebut, Kemal sudah berhasil memangkas bobot tubuhnya dari 120 kg menjadi 60 an kg. Tentunya program diet ini juga dibarengi dengan olahraga yang rutin beliau lakukan. Kemal rutin berjalan kaki setiap hari dengan waktu minimal 30 menit dan maksimal 120 menit setiap harinya.



Selain Kemal Pahlevi, hadir pula Nadira Diva. Selebgram ibu rumah tangga yang mempunyai pengikut di instagram lebih dari 90ribu. Konten yang Nadira bagikan di instagram berupa video - video olahraga ringan yang bisa dilakukan dirumah yang pastinya dengan perlengkapan maupun peralatan rumah tangga.

Ngedengerin Nadira cerita tentang aktifitas olahraganya yang rutin, bikin aku yang muda belia ini tertohok. Doi yang ibu rumah tangga aja rajin olahraga. Lah akuuuuh ? hanya aku dan tuhan yang tahu.


Gaya Hidup Sehat dengan G-Shock

Selain dapet tips tentang gaya hidup sehat pada talkshow "Move or Lose", semua yang hadir turut excited dengan kehadiran jam tangan G-Shock yang genap berusia 35 tahun pada 2018 kemarin.

Brand jam tangan terkenal ini mendukung gaya hidup sehat dengan mengeluarkan seri sport watch yang diberi nama G-Squad. Fitur yang ditawarkan oleh jam tangan G-Squad ini banyak banget dan sangat mendukung untuk belajar hidup sehat. Tipe G-Squad mulai dari GBA-800, GBD-800 dan BSA-B100.


Let me tell you keunggulan yang ada dalam jam tangan kece buat kamu yang mau mulai hidup sehat.

  • Fitur Penghitung Langkah dan Penghitung Waktu. Yakni fitur yang bermanfaat banget untuk menghitung langkah si penggunanya. Goals untuk hidup sehat ialah 50ribu langkah per hari. Sedangkan untuk fitur penghitung waktu ini membantu banget untuk mengukur waktu sesuai interval.
  • Kuat Air, Tahan Guncangan dan Hemat Baterai. Ketiga poin penting untuk kalian yang sering berolahraga maupun beraktifitas outdooor.
  • Otomatis Pengatur Waktu. Jadi fitur yang ini tuh memudahkan kita tanpa harus merubah waktu di jam, karena waktu bisa berubah otomatis sesuai keberadaan kita. Ini super kece.
  • Ada Appsnya dan Fitur Phone Finder. Ini sih nggak kalah asiknya karena bisa nemuin handphone yang keselip atau lupa naroh. Cukup ketik tombol saja. Cliing handphone bakal ketemu! (ya sebelum handphone dimaling orang kan).

Untuk harga satu buah G-Squad ini bervariasi. 
Mulai dari IDR 1,7 jutaan sampai IDR 2,5 jutaan. 
Tertarik untuk punya koleksi jam tangan G-Squad ? Sila tengok di website G-Squad yah.

Mari songsong tahun baru dengan hidup sehat biar makin bahagia 😋.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Ku dari dulu suka deh sama jam ini. Sporty bangetssss..
    tapi apalah daya tanganku kecil banget kk raisa..
    jam G-shock paling kecil pun tak muat di tangankuu..
    *Nangis di pojokan kamar*

    ReplyDelete
  2. Betul juga Kak, walaupun udah ada phone findernya, kalo udah digondol sama orang yang nggak bertanggung jawab, ya alamat....!!!

    Alamat ilang....!!!

    Hihihi,

    Btw, aku juga kadang khawatir sama yang namanya obesitas ini. Kadang kalo orang bilang "kamu sekarang gemukan, yah...!" itu langsung kebayang sambil doa "semoga obesitas tidak menghampiri tubuhku, ya Allah" hehehe....

    ReplyDelete