Waktu lagi jalan jalan di Singapore dulu aku pernah lihat ilustrasi kece yang bertuliskan "I am a woman. What's your power". Tentulah aku yang waktu itu sedang terburu - buru menuju airport, mendadak berhenti sebentar untuk memperhatikan ilustrasi tersebut lekat - lekat.

Kutengok lebih dekat, kupahami maknanya dan sampai sekarang ilustrasi itu melekat di kepalaku. Ilustrasi simple yang menggambarkan seorang wanita dengan banyak pekerjaan. Mulai dari gambar ibu hamil, business woman hingga ibu rumah tangga lengkap dengan gambar sapu di tangannya.

Makanya aku tuh sangat murka kalau nengok ada wanita yang tersakiti (apalagi kalau aku melihatnya langsung). Kalian yang baca tulisan ini, please jangan pernah menyakiti hati seorang wanita!.

Ngomongin tentang Share Your Power, aku jadi ingat beberapa waktu lalu join acaranya Lactacyd dengan tema Share Your Power - Show your Strength, Inspire other to Discover Theirs. Acara ini sekaligus memperingati International Woman's Day pada 30 Maret 2019 kemarin.



Masuk kedalam gerbang Lactacyd, disambut warna pink yang ceria. Tak salah rasanya jika semua wanita khususnya yang tinggal di Jakarta Selatan, berlomba - lomba untuk bisa ikutan acara yang digelar di Carrefour Lebak Bulus ini.

Beruntungnya aku kemarin bisa mendengar banyak informasi dari pakar - pakar di bidangnya seperti dr. Riana Nirmala Wijaya selaku Medical Manager PT. Sanofi Indonesia dan Bapak Jehezkiel Martua selaku Product Marketing Consultant PT. Sanofi Indonesia.

Let me tell you tentang informasi berharga yang aku dapatkan selama acara #ShareYourPower.

Mengenal Kapal Perempuan.
Sebagai anak maritim, aku sungguh excited dengan kapal perempuan. Tadinya aku berpikir ini pasti komunitas perempuan yang hobi berlayar atau mungkin menghabiskan spearuh hidupnya di kapal. 

Nyatanya Kapal Perempuan ini tempat belajar untuk teman - teman perempuan yang kurang beruntung dalam hal pendidikan,  khususnya untuk teman - teman perempuan di daerah yang belum seberuntung teman - teman di perkotaan untuk akses pendidikan. 


Sedari obrolan yang aku dengarkan dari bawah panggung, Kapal Perempuan ini merupakan kepanjangan dari Lingkaran Pendidikan Alternatif untuk perempuan. Dan filosofi kapal disini supaya bisa menghubungkan perempuan Indonesia antar pulau. Sungguh aku terharu sekali dengan ide mulia sang pendirinya yakni Ibu Misiyah.

Pentingnya Menjaga Kesehatan bagi Kaum Wanita
Pernah dengar istilah "wanita tu lebih rentan kena penyakit dibanding lelaki" ? sering kan? sering banget malah sejak aku masih remaja istilah itu sudah berulang kali aku dengar. Apalagi menjaga area kewanitaan sungguh penting.

Banyak banget penyakit yang bisa timbul kalau kita sebagai perempuan, lalai menjaga kesehatan. Salah satunya keputihan.
Kunci penting menjaga daerah kewanitaan yakni pH.
Jika pH kulit nilainya 5 - 6, beda halnya dengan pH daerah kewanitaan yang hanya 3.5 - 4.5.

Ngomong - ngomong kalian tahu Lactacyd ?
Sabun pembersih daerah kewanitaan nomor wahid di dunia yang sudah teruji secara klinis.
Pemakaian lactacyd ini hanya untuk area luar saja tapinya.

Tips Menjaga Kesehatan Daerah Kewanitaan :
1. Wajib hukumnya membersihkan daerah kewanitaan setiap hari. Umumnya 2 x sehari.
2. Gunakan sabun pembersih daerah kewanitaan. Rekomendasiku Lactacyd *sudah teruji secara klinis dan jadi sabun pembersih nomor wahid di dunia.
3. Pastikan underwear a.k.a celana dalam tidak lembab karna bisa menimbulkan bakteri
4. Selalu ganti celana dalam setiap kelar olahraga atau ketika abis pipis dan celananya basah juga kudu diganti. 
5. Pakailah celana dalam yang berbahan katun.



Acara Lactacyd kemarin selain kaya akan ilmu pengetahuan, juga banyak banget kegiatan seru. Salah satu favoritku yakni main ke booth lactacyd yang menyediakan games, workshop decoupage, nail art dan henna.

Kalian tahulah yah kegiatan apa yang aku pilih 😌.