When someone asked me "are u happy with your skin tone". Absolutely YES! YES! YES!.

Well sebagai perempuan keturunan Jawa dan Sumatera, tentulah aku patut berbangga dengan warna kulitku yang sawo matang. Warna khas kulit perempuan Indonesia.

Kulitku makin menggelap kalau sudah lupa pakai sunblock dan sunscreen di wajah. Bahkan ibuku dulu pernah terbang dari Palembang ke Jakarta buat memastikan kalau anaknya ini masih bisa dikenali (karna saking menghitamnya aku waktu video call dengan beliau).

"Udah item begini, nggak kapok juga traveling terus ?" kata ibuku.
"Kamu inget si ***** (nama sengaja disamarkan) tetangga kita yang kulitnya putih mulus banget. Liat deh dia. Harusnya kamu juga bisa gitu" kata ibuku meneruskan ocehannya.

Waktu itu aku cuma bisa diem, terus mikir kenapa ya definisi cantik itu harus yang berkulit putih dan mulus. Sampai akhirnya aku langsung teriaak bilang ke ayahku gini.
"Ayaaaaah, aku cantik nggak!" tanyaku. 

Ayah yang sedang menyeruput kopinya, langsung memandangku sambil meletakkan gelas kopinya ke meja dan bilang gini 
"Setiap perempuan terlahir cantik dan sempurna. Sama kayak anak ayah ini" katanya sambil mengelus kepalaku.

"Kecantikan itu nggak cuma terlihat dari fisik mbak. Etika, tata krama, intelektual, serta keberanian yang dimiliki seorang perempuan menjadikannya jauh terlihat lebih cantik dan mempesona". sambung ayahku.

Ngedenger ayah ngomong begitu, aku langsung bilang ke ibu 
"tuh kan ayah aja bilang aku cantik kok bu" balasku.

***
Beberapa tahun kemudian....
Ketika pulang ke rumah dari perjalanan panjangku, ibu langsung memelukku dan mengelus wajahku sembari berkata 
"wah anak gadis ibu sudah pulang. Mbak mau makan apa?" tanyanya.

Aku tuh kaget lho waktu itu. Ternyata ini tuh karena ibu ngebaca beberapa wawancara media tentang diriku yang berani keluar dari zona nyaman. Intinya ibu bangga sama aku. Ya tuhan padahal apalah aku ini, masih jauuuuh dari sukses.

Dan karna wawancara di sebuat surat kabar terbesar di palembang kala itu, orang-orang mulai mengenalku. Jadilah aku mulai belajar sedikit cara merawat diri. Merawat kulit terutama. Karna kata ibuku gini "Boleh kamu punya kulit hitam. Kulit hitam itu mahal. Tapi asalkan nggak dekil aja". Pesan ibu yang selalu aku ingat sampai sekarang.

Coba deh kalian perhatikan gambar ini :

Gadis pada foto di atas itu adalah aku. 
Aku yang dulunya sangat cuek untuk merawat kulit wajah. Kulitku berminyak banget, terus pasti sunburn kalau traveling ke Indonesia Timur. Yah karena memang nyaris nggak pernah pakai sunscreen.

Terus perhatiin deh gambar dibawah ini :
Beda banget nggak sih? foto gadis diatas dengan gadis berbaju orange ini? hahahaha. Aku pun berpikir ini macem dua orang yang berbeda banget. Dulu aku sedekil itu kalau melihat dua perbandingan foto  diatas. 

Sedangkan foto dengan baju berwarna orange ini foto setelah satu minggu treatment ERHA Truwhite InstaRadiance by IPL. 
Mungkin temen-temen yang baca tulisan ini pernah nyobain treatment tersebut atau malah baru dengar ?

Baiklah, let me tell you guys tentang pengalamanku after treatment ERHA Truwhite InstaRadiance by IPL. 

Sebenarnya aku sudah lama mendengar treatment IPL ini dari beberapa teman-teman beauty blogger. Bahkan sudah banyak pula klinik kecantikan yang memiliki treatment ini. Cuma ya karena jadwal traveling yang lumayan padat, jadinya aku nggak sempet buat nyobain treatment IPL. Sekalinya ada waktu, pasti maju mundur mulu. Takut ada efek samping 😓.
Padahal udah nahan perut nih. Kok keliatan kek orang hamil yah. hmmm.
Barulah minggu lalu aku memantapkan diri untuk treatment InstaRadiance by IPL di ERHA. Jadi treatment ini tuh buat kulit lebih glowing dan brightening dengan cara yang singkat. Treatment ini berlangsung kurang lebih 15 menit.

Step treatmentnya nih pertama dilakukan Photo Shower. Diberikan cahaya untuk mencerahkan dengan panjang gelombang tertentu. Untuk memberikan efek brightening (pencerahan).



Selanjutnya dilakukan infuse brightening serum. Jadi serum ini berfungsi untuk brighteningnya. Selain untuk brightening juga untuk anti aging yang berguna untuk mengurangi kemerahan. 

Setelah selesai, step terakhir yakni menambahkan hydrating gel. Hydrating gel ini untuk menghidrasi atau memberikan air supaya kulit wajah lebih glowing. Ini sih step favoritku karena dingin dan seger banget.

Before
After
Setelah semua proses selesai, suster bakalan menambahkan sunscreen pada wajah.

After treatmen nanti kalian tetap bisa menggunakan serangkaian skincare seperti biasa. Namun untuk sementara setelah treatment, hindari cahaya matahari kurangi aktifitas sunbathing, skin tanned.

Catatan Penting:
1. Kalau nanti mau treatment lagi nih, seandainya abis sun exposure lama, harus istirahat satu minggu dulu. 
2. Treatment ini dilakukan setiap 2 sampai 3 minggu sekali untuk efek yang lebih bagus dan baik.
3. Treatment ini bisa dimulai untuk usia 25 tahun atau buat kalian yang pekerjaannya outdoor. 
4. Treatment ini juga aman buat ibu hamil dan tidak ada efek samping. Jikapun ada efek samping merah-merah, biasanya karna sehabis aktifitas sunbathing langsung melakukan treatment. 

Nah after satu minggu setelah treatment, aku bisa ngerasain kalau kondisi kulitku much better dibanding dulu. Jadi sekarang kalau kemana-mana biasanya aku oleskan sunscreen wajah terlebih dahulu baru deh pakai makeup. Tapi biasanya aku cuma pake sunscreen dan pelembap wajah saja. 

Btw nih yah sekarang ERHA juga punya produk OTC (Over The Counter) yang bisa kalian beli tanpa resep dokter. Jadi kalian bisa beli produk ERHA baik di ERHA Apothecary di mall-mall terdekat ataupun di cabang ERHA manapun.

Untuk tau informasi lengkap tentang Treatment Truwhite InstaRadiance by IPL di ERHA bisa klik disini.

Nah untuk teman-teman yang punya masalah kulit wajah yang kusam, bisa banget nyobain treatment Truwhite InstaRadiance by IPL di ERHA klinik.  Sebelum treatment kalian bakal konsultasi terlebih dahulu ke dokternya untuk mendapatkan solusi perawatan terbaik. Dokter-dokter di ERHA super ramah bangeeeeet. Bikin betah pokoknya.