"Gua mau dong ikutan lo jalan-jalan" kata seorang teman.
"Boleh aja sih. Tapi syaratnya lo ga boleh bawa koper. Sanggup?" jawabku.

Ngomongin tentang Bangkok, aku punya banyak cerita seru tentang negeri gajah putih ini. Misalnya, saat adikku kuliah disana, aku jadi kurir yang bertugas mengantarkan makanan Indonesia dari Jakarta menuju Bangkok. 


Cerita horor tentang Bangkok pun aku punya dan mungkin lain waktu akan aku ceritakan disini. Bangkok itu sama seperti Jakarta menurutku. Macetnya, padatnya, pusat belanja dan beragam pilihan street food untuk disantap.


Hal yang paling bikin kangen Bangkok itu tomyam, mango sticky rice dan thai tea! but thank's god sekarang d Jakarta pun sudah banyak resto yang menjual tomyam dan thai tea dengan rasa yang enak! cuma sampe sekarang aku belum menemukan resto yang enak untuk menyantap mango sticky rice.




Well, untuk kalian yang punya rencana melancong ke Bangkok dalam waktu dekat, silakan simak artikel ini sampai selesai yah. 

Tips Liburan ke Bangkok :

1. Pilihlah Penerbangan Pagi Hari
Penerbangan ke Bangkok terbilang cukup singkat yakni sekitar 4 jam. Karena itu akan lebih baik mengambil penerbangan pagi sehingga kalian bisa sampai di Bangkok pada siang hari. Pilih juga penerbangan pada hari Selasa - Kamis, karena harga tiket sangat terjangkau di hari tersebut.




2. Tukarlah Uang Baht sebelum Berangkat
Bagi kalian yang tidak punya kartu kredit atau debit dengan logo visa, baiknya tukarkan dahulu uang rupiah kalian dengan beberapa lembar uang baht. Untuk yang sudah memiliki akrtu kredit dan kartu debit, kalian bisa langsung tarik tunai di ATM yang ada di Bangkok.

3. Belajar sedikit Bahasa Thai
Tidak semua warga Bangkok bisa berbahasa Inggris. Bisa dibilang sangat sulit berbicara dengan mereka. Warga Bangkok sangat ramah kepada turis yang bisa berbicara dalam bahasa Thai. Tak perlu terlalu fasih. Mereka sangat mengapresiasi jika kalian menyapa dengan bahasa Thai. Contoh "Sawadikap".

4. Sediakan Uang Kecil
Baiknya kalian menyediakan beberapa lembaran uang kecil untuk membayar transportasi di Bangkok. Khususnya jika kalain menggunakan bus.

5. Pilihlah Penginapan Strategis
Penginapan di Bangkok sangat banyak. Mulai dari guest house sampai hotel berbintang. Aku pribadi lebih memilihi untuk menginap di hostel jika traveling sendiri. Banyak hostel murah di Bangkok yang bisa jadi pilihan. Trust me harganya juga sangat murah.
Pilihlah penginapan strategis yang letaknya tak terlalu jauh dari tempat wisata dan juga tempat makan 😎.

Biasanya kalau lagi travelling, aku suka tengok-tengok appsnya pegipegi untuk cari penginapan dengan harga terjangkau. Selain hostel, pilihan akomodasi lainnya disana juga banyak. Dan yang paling penting pilihan metode pembayarannya banyak! *anak kosan yang belum punya kartu kredit bisa pilih metode pembayaran lewat transfer atm.



6. Belilah Sim Card diluar Bandara
Dibandingkan membawa wifi dari Indonesia, harga simcard di Bangkok jauh lebih murah. Kalian bisa membeli simcard diluar bandara contohnya di familymart ataupun seven eleven.

7. Gunakan Transportasi Publik
Walaupun taksi online sudah tersebar di Bangkok, tak ada salahnya untuk menggunakan transportasi publik yang ada seperti bus hingga mrt. Atau jika kalian mau mencoba tuk-tuk juga bisa. Pastikan untuk tawar terlebih dahulu saat menaiki tuk-tuk.

8. Selalu Ingat Bandara Kalian
Sebagai negara yang selalu menjadi tempat transit bagi traveler dunia, Bangkok memiliki dua bandara besar yakni Don Mueang dan Suvarnabhumi. Don Mueang dikhususkan untuk pesawat LCC (Low Cost Carrier) macam AirAsia, sedangkan Suvarnabhumi diperuntukkan untuk pesawat yang full service macem Thai Airways, Korean Air, dan lainnya.

9. Cobalah Kuliner Lokal
Kalau kalian berkunjung ke Bangkok, kalian akan menemukan menu Tomyam disetiap resto. Selain itu banyak pilihan makana lain macem mango sticky rice, curry, pad thai dan lainnya. Cobain deh semua kuliner lokal yang ada di Bangkok. Untuk teman-teman yang muslim, jangan terlalu khawatir dengan kuliner di Bangkok. Karena restoran halal juga sudah banyak di Bangkok



Gimana? Udah siap melancong ke Bangkok ?
Jangan lupa buat cobain stay di hostel dan cobain kuliner lokal yah. Lebih hemat dibanding harus stay di hotel mewah ataupun makan di resto fancy. Lumayan kan sisa duitnya bisa dipake buat belanja di chatuchak *eeeh.