Tujuh bulan lebih nggak traveling ke tempat baru, tentulah bikin kangen. Sebelum pandemi hadir di negeri ini, tiap bulan bisa dipastikan aku sedang berada di provinsi yang berbeda. Entah itu lagi di Yogyakarta, Sumatera hingga Singapura. 

Aku kangen masa-masa beli tiket last minute. Tiba di bandara tanpa tiket, kemudian buka aplikasi pencari tiket dan simsalabim beberapa jam kemudian aku sudah berada di luar kota. Dulu semudah itu buat bepergian. (Tiket last minute yang aku beli biasanya untuk tiga kota ini saja Yogyakarta, Palembang dan Bali doang hahaha).

Sekarang Jakarta jadi tempatku untuk diam di rumah selama pandemi. Belum lagi recovery setelah operasi yang mewajibkanku untuk nggak macem-macem dulu. Sejujurnya aku udah kangen banget Ketemu orang baru, nyasar di tempat baru, nyobain makanan baru, hingga menumpang tinggal di rumah orang yang baru aku kenal. 

Biasanya sebelum traveling aku udah bikin budget untuk tiga kategori ini transportasi, konsumsi, akomodasi. Untuk konsumsi biasanya aku suka bawa bekal ntah itu rendang ataupun abon. Jadi kalo traveling tinggal beli nasi doang hahaha. Hemat wak! 

Bareng Ichi, CS Banjarmasin

Kalau budget transportasi sendiri aku menyiapkan lebih. Karena biaya transportasi tiap tempat beda-beda kan. Ada yang murah banget, ada juga yang mahal. Tapi kalo di negeri orang sih mau gak mau ya tetep bayar walopun mahal. Kalau mau jalan kaki, aku khawatir betis seksiku bakal makin montok. 


Sedangkan untuk akomodasi ini aku tuh pengen sesuatu yang beda! pengen stay with local, learn new thing, mana tau ketemu pangeran yang nyamar jadi penduduk lokal ye kan. Makanya aku demen banget pake Couchsurfing. 

Klean yang demen traveling pasti udah sering banget denger "Couchsurfing" kan ya. Nah untuk yang belum tau nih ya Couchsurfing ini tuh komunitas traveler dunia yang memungkinkan anggotanya buat mencari tumpangan hingga memberikan tumpangan secara gratis". Tapi perlu dicatet yah bukan semata-mata gratis lho!. Couchsurfing ini bisa buat pertukaran budaya juga. Jadi jangan dipikir buat tinggal gratis doang. Aku sih kalo ada tamu yang cuma nyari gratisan nginep doang, bakal aku usir (keesokan harinya) tapi sejauh ini semua tau tata krama 👧. 

Aku sendiri tau Couchsurfing sejak duduk di bangku SMA. Saat itu baca koran dan ada berita tentang traveler Indonesia keliling dunia tapi stay with local jadi biaya yang dia keluarkan lebih hemat.

Singkat cerita barulah tahun 2010 aku bikin akun Couchsurfing. Cuma sekedar bikin aja. Ntah kapan akan aku gunakan. Waktu itu masih SMA juga kan.
Desember 2013 akun couchsurfingku pecah telor! Akhirnya aku bisa merasakan stay with local saat traveling. 

Bermula dari message cewek Belanda yang mengirimkan request untuk menjadi hostnya saat di Palembang. Sayangnya posisiku kala itu sedang di Kediri. Aku tolak requestnya dan kami bertukar kontak. Sampai akhirnya kita sama-sama bertemu di Banyuwangi.


Kami berdua tinggal di rumah sepasang suami istri dengan dua orang anak. Kali pertama pakai Couchsurfing aku seneng bukan main! beneran tinggal sama warga lokal, cerita banyak hal dan diajak jalan malam-malam. 

Aku berbagi kamar dengan cewek Belanda yang dulu aku tolak buat jadi hostnya. Kala itu usianya 23 tahun yang mana lebih tua dariku. Dia memutuskan resign dari pekerjaannya sebagai therapist dan memutuskan untuk traveling selama 6 bulan dimulai dari Indonesia dan berakhir di Amerika Selatan. 

Aku yang kala itu masih kicik, kurus dan ingusan ini terkagum-kagum mendengar ceritanya. Belum lagi dia cerita soal keluarganya! ternyata ibundanya lahir di Indonesia dan besar di Belanda. Weeeeh !! langsung kepengen belajar sejarah lagi aku tuh tentang hubungan Indonesia - Belanda tempo dulu.

Banyak hal yang kami bahas, mulai dari bahasa Indonesia dan Belanda yang banyak miripnya. kemudian membahas tentang "pacar masing-masing" yang mana kala itu aku nggak pacaran hanya tapi banyak gebetan *teteup 😂.


Sekarang aku nggak hanya menumpang tinggal di rumah warga lokal, tapi aku pun memberi tumpangan kepada traveler dari berbagai belahan dunia. Memang tempatku nggak gede banget, tapi aku rasa mereka bisa nyaman untuk stay beberapa hari (maksimal 3 hari)!
"Lo kalo nerima tamu, khusus bule doang tar ?"
"Engga dong. Pertama kali gua nge-host, tamu gua orang lokal, anak lelaki dari Solo yang kebetulan mau tes kerja di sebuah stasiun hits di Jakarta"
"Lo kalo cari host yang gimana tar ? apa maunya host cowok dan single?". Banyak banget yang nanyain begini.  

"Gua pribadi kalo nyari host sih wajibnya perempuan atau setidaknya laki-laki yang udah menikah/tinggal sama keluarganya. Jika gua tidak menemukan kriteria tersebut biasanya gua filter lagi dari segi references orang-orang di profile mereka sendiri".

Btw Couchsurfing ini nggak hanya "tempat" untuk cari tumpangan aja sih. Tapi kalian juga bisa hangout sama warga lokal ataupun traveler yang sedang berada di tempat yang sama. 

Aku jadi inget perjalanan ke Aceh tahun lalu ketika bulan Ramadhan 😅. Berkunjung ke Aceh sudah jadi wishlist ku dari dulu. Sempat nyari beberapa host di Aceh, tapi banyak dari mereka yang pulang kampung ke daerahnya. Oiya kala itu aku menuju Banda Aceh. 

Walau nggak dapet host, aku seneng banget karna bisa hangout sama warga lokal. Ternyata Aceh tidak seperti yang aku pikirkan. Banyak juga kok anak muda Aceh yang suka nongkrong. Tapi kita nongkrongnya di warung kopi sambil makan mie Aceh 😜. Dan bisa sholat tarawih di masjid kebanggaan masyarakat Aceh yakni Masjid Raya Baiturrahman.

Semoga pandemi ini segera berlalu, supaya aku bisa berkelana lagi ke tempat-tempat yang sudah jadi impianku. Doaku tahun ini semoga 2020 didekatkan dengan orang baik dan dijauhkan dari orang yang toxic. Amin.