Pandemi yang hadir di negeri kita tercinta ini berdampak banget buat perekonomian. Dampak positif dan negatif pun berasa banget. Misalkan dampak negatifnya pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh beberapa perusahaan kepada karyawannya supaya perusahaan tetap bisa berdiri hingga banyaknya angka positif Covid-19.


Sedih banget ngeliat banyak yang kena PHK oleh kantornya. Ironisnya lagi yang melakukan PHK ini perusahaan-perusahaan besar yang dengan gampangnya memutus 

hubungan kerja pad akaryawan loyalnya. Tapi kita ga pernah tahu sih betapa pusingnya para bos-bos besar sehingga mengambil keputusan ini.


Btw selain dampak negatif yang tadi aku jabarin, ada pula dampak positifnya lho. Diantaranya banyak bisnis baru yang hadir ditengah pandemi ini. Ada bisnis jasa untuk layanan virtual meeting, webinar, hingga musik, dan bisnis rumahan untuk pembuatan masker, makanan, dan lain-lain. Nah ngomongin bisnis kuliner, aku suka penasaran deh gimana bisnis ini tetep bisa laris manis ketika pandemi.


Kita semua tahu sih semua orang butuh makan. Karena itu resto-resto sudah mulai mmebuka layanan delivery karna pandemi ini tidak melayani dine-in (makan di tempat).

Nah beberapa waktu lalu aku ikutan webinarnya Kumparan dan FWD yang ngebahas tentang “Laris Manis Bisnis Kuliner Saat Pandemi”. Pembahasan nara sumber sangat menarik.



Ada Chef Degan, chef kenamaan yang sampai sekarang tetap terbuka menerima kritik saran dari pelanggannya. Hal ini ia lakukan supaya bisa mengevaluasi apa saja yang kurang dan mesti diperbaiki. Nggak nyangka deh aku, chef yang jam maskanya udah tinggi ini tetep humble menerima feedback dari pelanggan.

Karena menurutnya bisnis makanan ini “Selera”. 

“Kita nggak bisa maksain semua orang untuk suka dengan makanan yang kita buat”.


Selain chef degan, ada pula ibu Ella. Single parents sekaligus cancer survivor. Selama kerja kantoran, beliau suka bikin makanan dan menjualnya. Menurutnya sendiri, kerja kantoran nggak bisa sampai seumur hidup, karna itu dia harus cari cara lain untuk menambah pemasukan yang nanti akan menjadi bekal pensiun kelak. Goodjob ibu Ella.


Aku sebagai anak muda yang denger cerita bu Ella aja terkagum kagum dengan semangatnya. Beliau tetap berjuang untuk bisa berkarya, menghasilkan uang.

Cancer tak menyurutkan semangatnya untuk tetap bisa berkarya. Oia karna itulah beliau juga punya asuransi untuk proteksi diri seperti FWD.

Ngomongin FWD, temen-temen semua pasti pada tahulah dengan asuransi ini. Asuransi kekinian yang preminya terjangkau dan klaimnya mudah. Kalau aku sih bilangnya ini asuransi yang mengerti millenials banget.


Tahun ini, FWD Life ikut meramaikan hari belanja 11.11 dengan penawaran menarik melalui jalur distribusi berbasis teknologi pada sistem online (e-commerce), ifwd.co.id. Setiap pembelian produk asuransi melalui ifwd.co.id, nasabah akan mendapatkan cashback hingga 25% hingga Rp2 juta dan akan mendapatkan FWD MAX Point hingga

10.000. Jangan Lewatkan FWD Flash Sale 11.11 ini karena penawaran hanya 11 sampai 21 November! #AsuransiMudahBeneran



Produk yang termasuk dalam penawaran ini adalah Bebas Aksi, Asuransi Bebas Handal, Bebas Rencana, dan FWD Cancer Protection. 


FWD Cancer Protection adalah produk terbaru dari FWD Life yang dapat menjadi pilihan. Asuransi ini merupakan produk asuransi kanker online terjangkau yang hadir dengan proses digital end-to-end mulai dari pembelian hingga proses klaim. FWD Cancer Protection memberikan 4 kemudahan dalam prosesnya, mulai dari pengajuan online yang mudah melalui ifwd.co.id, hingga klaim secara online yang mudah di satu aplikasi FWD Max. 


Produk perlindungan ini memberikan manfaat 100% uang pertanggungan apabila didiagnosis kanker, termasuk kanker stadium awal, dan bisa didapatkan dengan premi yang terjangkau mulai dari Rp10.000 per bulan.


Pembelian melalui ifwd.co.id memberikan kemudahan dan kenyamanan pada nasabah dalam melakukan proses pembelian asuransi yang cepat dan mudah. Pokoknya semuanya serba online, nggak harus tatap muka. Langsung aja chat ke customer service fwd atau bis atelpon hotlinenya untuk melakukan pembelian yah. Oh iya buat kalian yang kemarin kelewatan ikutan flashsale FWD 11.11 jangan khawatir! karna bakalan ada kejutan flashsale di 12.12 nanti. FWD ini bener-bener #AsuransiMudahBeneran.