“Tary apa kabar ?”

“Sekarang gawe dimana ? sumpah ya aku tuh tiap liat instagram kamu, jadi pengen jalan-jalan juga”

“kak Tary ada lowongan gak di kantormu kak ?”

“Kak ada kenalan yang agwe di bidang green job gitu gak ?”

“Tary kapan nikah *eeeh”

Kelima pertanyaan diatas itu sering banget ditanyain sama temen-temenku. Apalagi pertanyaan terakhir. Tapi mohon abaikan ajalah pertanyaan terakhir itu hahaha.

Let me tell you background pendidikanku sebagai anak muda jaman now. Aku mendapatkan gelar Sarjana Muda di Institut Pertanian Bogor untuk jurusan Manajemen Industri dan Sarjana Ekonomi di Universitas Sahid Jakarta.

Nah kalau diliat dari background agak domplang memang (kata kebanyakan orang). Dari Kampus Pertanian ke Kampus Pariisata hahaha. Tapi menurutku pribadi sih justru kuliah di kampus yang berbeda itu bikin banyak ilmu baru. Nah ngomongin Tren Pekerjaan Anak Muda Jaman Now, banyak juga alumni kampusku yang bekerja di bidang Green Job. Baik itu di NGO maupun di berbagai ginstansi lainnya.

Aku dan anak-anak muda yang sebagian gawe di Green Job.

Temen – temen udah tau tentang Green Job  belum atau mungkin pernah denger sekilas gitu tentang Green Job ?

Menurut International Labour Organization (ILO), green job adalah jenis pekerjaan yang layak dan ramah lingkungan. Nah green jobs ini jadi lambing dari perekonomian dan masyarakat berkelanjutan atau bahasa kerennya sustainable. Karena membuat hubungan ekonomi dan manusia lebih baik lagi demi terciptanya kelestarian untuk generasi mendatang.

Kangen pengen liat yang ijo-ijo

Jenis pekerjaan green jobs ini sesuai dengan namanya “green” berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan. 

Kehadiran Green Jobs ini dilatarbelakangi oleh Perubahan Iklim, global warming, dan berbagai isu lingkungan lainnya sukses jadi perbincangan semua kepala pemerintahan dalam negeri maupun luar negri dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Dari isu lingkungan ini akhirnya memunculkan berbagai program dan kebijakan terkait dengan pelestarian lingkungan. Dengan goals, alam tetap sehat dan lestari.

Semua pihak berlomba-lomba untuk menciptakan program-program. Mungkin kalian juga sering denger campaign dari perusahaan yang ebrtemakan "green". Nah ini adalah salah satu contoh program pelestarian lingkungan juga lho !.


Kualitas lingkungan semakin menurun, termasuk berkurangnya sumber daya alam dan menjadi permasalahan serius bagi perekonomian di masa mendatang. Karena itulah Green Job sekarang bisa dibilang tren pekerjaan anak muda terkini yang rata-rata sekarang posisi tersebut diisi oleh anak-anak muda hebat yang sangat peduli akan kelestarian lingkan. Two thumbs buat emreka. Tottally proud! 

Mereka ini hebat banget karna memilih untuk keluar dari zona nyamannya. I hope, i can do like that juga. Doakan aku yah.

Di Indonesia sendiri tren Green Job ini memang belom se-booming di luar negeri, namun peminatnya sudah banyak euy! Tak heran kalau jadi tren pekerjaan kan. Kerja sambil menjaga kelestarian alam. Sungguh mulia sekali. Hati senang, kerja juga happy dan salary cukup menjanjikan.

Pengen jadi urban farmer juga rasanya. Kalau capek tinggal maen kek gini aja.

Dari data yang dikeluarkan oleh ILO, Potensi Green Jobs sangatlah besar. Pasar global untuk barang dan jasa berwawasan lingkungan saat ini mencapai US$ 1.370 Milyar per tahun. Diperkirakan pada tahun 2020 akan mengalami peningkatan hingga US$ 2.700 Milyar. Setengah dari pasar ini terkait dengan efisiensi energi dan keseimbangan di bidang pengelolaan transportasi, pasokan air, sanitasi dan limbah berkelanjutan.

Dengan adanya peluang kerja Green Job ini, menghadirkan angin segar bagi negeri tercinta kita ini, Manfaatnya antara lain membantu melstarikan alam, membuka lapangan pekerjaan baru, menjaga keberlanjutan kehidupan, dan menumbuhkan perekonomian.

Kalian penasaran sama jenis pekerjaan Green Jobs ?

Pict : Coaction Indonesia

So which one your favourite ?