Sebelum kamu mencintai orang lain, mulailah mencitai diri kamu sendiri. Kamu terlalu keras dengan dirimu.

Kata-kata itu selalu berputar di otakku dan membuatku diam beberapa saat. Hmm sepertinya "dia" benar. Aku terlalu keras pada diriku. Menjadi anak pertama, membuatku terbiasa untuk melakukan semuanya sendiri dan selalu berpegang teguh dengan prinsipku "i can handle this", seberat apapun masalahku, aku selalu menyelesaikannya. 

Aku punya prinsip untuk selalu menyelesaikan apa yang sudah aku mulai. Haram bagiku untuk berhenti di tengah jalan. Temen-temen yang kenal baik denganku pasti paham dengan sikap "keras" ku ini. Tak jarang mereka mengirimkan makanan, minuman ataupun bingkisan lainnya untuk menyemangatiku saat aku sedang dilanda masalah atau sedang sibuk dengan deadline.

Well, kalian pasti sering mendengar tentang Self Love. 
Mencintai diri sendiri. Sudahkah kalian melakukannya ? atau hanya menganggapnya istilah biasa saja. Let me tell you, tentang keseruanku saat ikut acara FWD Insurance beberapa waktu lalu bersama FWD Blogger Squad.

Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa favoritku ini ngadain acara tea-time yang super seru dengan teman "Self Love". Engga tanggung-tanggung pula, FWD ini ngirimin semua blogger squadnya seperangkat perlengkapan untuk tea time. Kece banget. #ProteksiON #SelfLoveON.

Kalian bisa nebak nggak, aku yang mana hahaha.

Ngomongin Self Love, ternyata mengaplikasikan cinta ke diri sendiri itu terkadang sulit. Apalagi sebagai manusia, kita suka banget membandingkan diri dengan orang lain (rumput tetangga lebih hijau), bahkan kadang nggak jarang membenci diri sendiri. Banyak banget faktor penyebabnya.

The Real Self Love wajib hukumnya kita tanamkan di diri sendiri. Bagaimana supaya kita mencintai diri sendiri, menerima kelebihan dan kekurangan diri dan menjalani hidup dengan nyaman, aman dan bahagia. Trus gimana sih kak Tary caranya supaya bisa self love ?

Let me tell you berdasarkan apa yang aku dengar dan catat saat acara selflove bareng FWD kemarin. Dari beberapa poin yang disampaikan oleh mbak psikolog, menurutku tiga poin ini yang paling penting.

1. Forgive Yourself

Cobalah berdamai dengan diri kamu. Maafkan semua kesalahan yang pernah kamu buat. Tiap orang nggak luput dari kesalahan. Nggak perlu buru-buru untuk berdamai, terima diri kamu apa adanya.

2. Know Yourself

Sedekat-dekatnya kamu dengan keluarga, pacar, sahabat maupun kerabat. Cuma kamu yang paham banget dengan diri kamu. Semakin kamu bisa memahami diri sendiri, semakin kamu tau apa yang kamu mau.

3. Stop Comparing Yourself
Setiap orang punya "start" yang beda-beda. Tiap orang privelegenya beda. Jangan bandingin sama hal-hal yang jelas mereka punya privelege. Setiap orang punya kapasitas berbeda-beda.

Gimana? semoga kita semua bisa makin mencintai diri sendiri yah. Supaya bisa hidup tenang, damai, nyaman dan bahagia! plus selalu sehat walaupun pandemi ini belum tau kapan ujungnya.

Btw, FWD Insurance baru aja merayakan hari Jadinya ke 29 tahun dan lagi ada undian berhadiah #ProteksiON Lucky Draw. Jadi tiap kalian beli perlindungan diri #ProteksiON, udah otomatis ikut berpartisipasi di undian dan bisa raih kesempatan menangin hadiah kerennya juga. Cuus jangan lupa ikutan yah.

Untuk semua yang baca tulisan ini, mungkin sedang dalam kondisi sedih, merana, kecewa, no matter how sad you are, i know you are strong. Jangan lupa berterima kasih dengan diri kamu yang sudah kuat untuk hidup sampai sejauh ini.

Love you.