Baru-baru ini aku traveling ke negeri gajah putih dan mendapati sekujur lengan kananku bentol-bentol merah dan gatal. Sontak aja ini bikin mood selama traveling jadi sedih. Alih-alih buat refreshing malah insecure melihat bentol merah di tangan.



Semula aku kira ini tuh monkey pox yang memang pada saat itu sedang rame jadi perbincangan. Alhamdulillah bentol-bentol yang aku derita kala itu hanya alergi biasa. Kalau kata dokter ini digigit serangga/kutu gitu. Lantas aku mengingat akomodasi selama traveling kemarin. Rasanya semua hotelku bersih. Cuma yaudahlah yang penting udah sembuh dan bentolnya hilang.

Nah beberapa waktu lalu aku ikutan webinar dari Nutrisi Untuk Bangsa yang ngebahas tentang Peran Serat Terhadap Kesehatan Saluran Cerna dan Alergi pada Anak.

Walaupun webinar kemarin rame sama bapak ibu yang udah punya anak, rasanya ndak ada salahnya aku yang amsih remaja ini ikutan webinarnya juga. Biar jadi bekal kelak kalau nanti sudah punya anak juga. Hitung-hitung buat pengetahuan baru, biar nanti kalau nganter sepupuku sekolah, aku bisa ikut nimbrung obrolan ibu-ibu hihi.

Ngomongin saluran cerna, ini tuh bagian penting dalam tubuh anak. Saluran cerna berperan dalam pertumbuhan, perkembangan, daya tahan tubuh dan kesehatan anak-anak secara keseluruhan.

Singkat katanya sih dengan cukupi asupan serat, imun tubuh akan meningkat dan bikin si kecil sehat.

Disini peran orang tua sangat penting buat mendukung si kecil dengan golden stimulation yang tepat sesuai dengan tahapan pertumbuhan si kecil. Terlebih lagi untuk yang punya anak dengan kondisi alergi.

Nah untuk anak dengan alergi, peran penting orang tua untuk memastikan konsumsi nutrisi sang anak seimbang di masa golden period.

Selama webianr kemaren, banyak banget ilmu dan pemahaman baru yang aku dapet. Seperti Alergi yang merupakan reaksi menyimpang setelah mengonsumsi makanan/minuman tertentu atau terpapar suatu zat.

"Dengan mengonsumsi serat dalam jumlah cukup, bisa memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan anak, seperti memperbaiki keseimbangan sistem imunitas tubuh dan mengurangi inflamasi akibat alergi" kata dr Endah.

Aku jadi engeh kenapa jaman aku kecil dulu, ibuku suka ngomel kalo anak-anaknya absen makan sayur. Ternyata serat itu penting dan harus terpenuhi dengan baik, supaya meminimalisir alergi.