Ketika Blogger Belajar Public Speaking

Speak Up Your Mind …!

adalah Kegiatan BriDiscuss yang dilaksanakn di Warung Komando pada Sabtu, 18 Oktober 2014. 
Dihadiri oleh anggota Blogger Reporter Indonesia dan dua pembicara beken dibidangnya masing – masing, yakni Muchlis Anwar dan Dr. Rulli Nasrullah atau yang akrab disapa Kang Arul.

Blogger di BriDiscuss
Acara yang berlangsung melebihi batas waktu yang ditentukan ini sangat seru dan bermakna.
Blogger mendapatkan berbagai ilmu dari Kang Muchlis, untuk berani tampil didepan umum. Khususnya berbicara didepan ratusan mata yang memandang. Acara ini khusus dibuat agar anggota Blogger Reporter Indonesia mahir berbicara didepan publik. Blogger tidak hanya menulis saja, tapi kemampuan untuk berbicara didepan public juga amat diperlukan. Apalagi kalo sudah mendapat job dan berkesempatan menjadi pembicara diacara “Blogger”.

Blogger unjuk gigi :)
Ilmu Public Speaking yang diberikan kang Muchlis, langsung dipraktekkan oleh beberapa blogger untuk maju kedepan dan berbicara didepan blogger yang hadir. Ketika berbicara didepan umum, bahasa tubuh sangat penting. 55% bahasa tubuh sangat diperhatikan oleh penonton, apa yang kita katakan 7% dan bagaimana mengatakannya 38%. Selain itu intonasi juga harus diperhatikan. Penekanan pada kalimat – kalimat yang penting, serta berbicaralah sesuai irama. Jangan terlalu cepat layaknya kecepatan commuterline dan jangan terlalu lambat seperti siput yang berjalan.
Seorang pembicara juga harus berwawasan. Tidak asal cuap – cuap.
Kita tidak pernah tahu siapa saja pendengar kita. Bisa jadi orang penting Barrack Obama menjadi salah satu peserta yang mendengarkan anda berbicara.

Berbeda dengan Kang Muchlis, Kang Arul pun memberikan “The Secret of Public Speaking”.

ü  Kenali Diri Kita.
     Kenali diri kita sehingga kita menjadi penting untuk didengarkan orang lain. Berbagai cara dapat dilakukan, misalnya menyiapkan materi sebelum tampil. Jika anda kaya akan materi yang akan disampaikan, niscaya pembaca pun akan merasa betapa pentingnya anda.

ü Kenali Latar Kita.
    Latar belakang semisal pendidikan maupun kebudayaan. Kalo anda berasal dari daerah, jangan pernah ragu untuk menyisipkan bahasa daerah. Misalnya menyapa pembicara dengan bahasa daerah anda. Tiap pembicara itu punya ciri khas masing – masing. Liat deh Tukul dan Dedy Corbuzier, bukankah mereka memiliki ciri masing – masing.

Kang Muchlis
Kang Arul
*Perhatikan gambar diatas. Pembicara BriDiscuss, Kang Muchlis dan kang Arul. Lihat penampilan dan gaya mereka, berbeda bukan. Well, tiap pembicara memiliki ciri khas masing - masing. 

ü Budaya dan Audiensi
    Hendaklah saling menghormati budaya masing – masing. Budaya itu sensitive, memang. Bagaimana anda dapat menjadikan budaya sebagai pemersatu dalam bahasan materi adalah hal yang sangat pintar.

ü Kenali Diri Audiensi dan Latar Belakang Audiensi.
    Hal penting ketika anda menjadi pembicara. Jangan pernah beranggapan kita lebih pintar daripada audiensi. Bisa saja mereka lebih pintar dibanding kita.

ü Antisipasi sesuatu yang tidak pernah kita duga.
    Pepatah “sedia payung sebelum hujan” memang benar. Selalu siapkan plan A, B, hingga C. who’s know, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketika akan tampil. Misalkan materi powerpoint tidak bisa tampil, microphone yang tidak menyala, ataupun hal – hal teknis lainnya.

Last but not least, foto bersama Blogger di BriDiscuss. Pict by BRID

Jadi, sudah siapkah anda sebagai blogger untuk berbicara didepan publik ???

Jangan pernah malu untuk maju. Seorang pembicara yang handal pun masih suka nervous ketika bertemu dengan audiensi yang baru. Blogger itu pekerjaan yang menarik, selain harus pintar menuliskan berbagai berita. Blogger juga bisa mahir berbicara didepan publik.
  

Teks dan Foto : Astari Ratnadya

4 komentar:

  1. wew ceruu abis acarnya ajakin saya donk wkwkw pizz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini ke Jakarta mas :)
      ajarin aku motret yaaah

      Delete
  2. Kerennnn ihhhhhh. Seru kayanya event gini ada fashion shownya. Dr fashion blogger tentunya. Hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuk, kapan kapan ikutan BriDiscuss dengan pembicaranya mas Faisal sebagai Dr Fashion Blogger ciee :p

      Delete