Belajar Hukum lewat online

Pernah gak kalian ngebayangin “Hidup Tanpa Hukum” ???.
Tidaaaak... tidaaak akan bisa. 
Yah, kehidupan kita memang gak jauh – jauh dari hukum. 

Paspor, kitab suci traveler.
Ketika akan pergi melancong ke suatu negara misalnya, kita butuh paspor sebagai identitas pribadi. Jangan abaikan paspor ketika travelling ke negeri orang, jika tidak mau berurusan dengan “Hukum” yang berlaku di negeri orang.

Dulu banget, aku cuek soal “Hukum”. Rasanya tidak mau berurusan dengan yang namanya Hukum. Entah kenapa keterikatan antara manusia dan hukum memang begitu erat adanya. Tidak bisa terpisahkan dan tergantikan. Ibarat pasangan yang sedang dimabuk asrama, begitu erat dan akrab!.

Bertepatan dengan hari Kartini (21 April 2015) kemarin, Indonesia Jentera School of Law didatangi beberapa blogger yang ingin melek “Hukum”. Adalah Hukumpedia selaku penyelenggara yang memberikan kesempatan bagi blogger untuk tahu sedikit banyak tentang hukum, khususnya hukumonline.

Kenapa Online??
Karena sejatinya pekerjaan seorang blogger memang ONLINE muehehehe. Jadi rasanya hampa jika hanya membahas hukum saja. Apalagi setelah adanya hukumonline.com , kami para blogger jadi sedikit melek tentang hukum. Ditambah pekerjaan blogger yang begitu berkaitan dengan hukum. Mulai dari copyright hingga beberapa catatan hitam lainnya di dunia perbloggeran.

Hukum Online sendiri merupakan portal hukum terbesar yang ada di Indonesia. Beragam pengetahuan mengenai hukum ada disini. Pendirian hukumonline.com ini agar masyrakat awam sedikit banyak mengenal hukum. Karena hukum tak hanya dipahami oleh orang berpendidikan hukum saja, tapi siapa saja harus mengerti hukum.

Hukumonline.com sendiri memiliki lebih dari 50.000 data. Kabarnya lebih banyak dibandingkan data dari kementrian hukum sekalipun. Selain hukumonline.com, masyarakat juga dapat berbagi opini, informasi hingga pengetahuan seputar hukum melalui hukumpedia
Tampilan hukumpedia.com, chic and simple.
Sebuah portal yang 100% berbagi hukum Indonesia. Kalau di hukumonline.com hanya reporter yang dapat menulis artikel, maka di hukumpedia semua orang bisa memposting tulisan disana. syaratnya hanya menjadi member hukumpedia saja. Tidak harus ber title Sarjana Hukum baru boleh menulis tentang hukum, tapi siapa saja bisa menulis di hukumpedia, asal tidak mengandung tulisan SARA.

Oia, setelah menjelajah situs hukumpedia lebih jauh lagi.
Aku makin tertarik buat berkontribusi menulis di hukumpedia. Selain gak perlu waktu lama untuk menunggu moderasi dalam artikel yang di publish, hukumpedia juga memberikan penghargaan berupa lencana pengakuan bagi para member dengan ketentuan tertentu. Asyik kan!!! Nulis sambil ngumpulin lencana. Karena setiap orang sangat bersemangat mengerjakan sesuatu apalagi jika mendapat lencana pengakuan hahaha.


Saatnya belajar hukum yuk, jangan diabaikan. Karena hukum memang penting bagi kehidupan. Aku juga lagi merangkak untuk belajar tentang hukum lewat hukumonline.com dan hukumpedia. Kalau semua warga negara Indonesia ngerti hukum, yakin deh negri kita bakal damai dan sentosa.


20 komentar:

  1. Secara jaman sekarang apa - apa serba digital. Lebih menarik baca ebook dibanding belajar hukum pake buku yg tebel itu hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya, makin sering lihat orang baca hp dibanding baca buku

      Delete
    2. heeeh, semuanya serba online sekarang yah.
      bahkan lewat ONLINE juga hubungan LDR-an bareng pacar terasa dekat. eeeaa :p

      Delete
    3. Icha : Karena handphone emang lebih efisien dibanding harus bawa buku buku tebel hahahaha

      Delete
  2. Jangan kapok main2 lagi ke kantor hukumonline ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti aku main main ke kantor hukumonline sambil ngerecokin yang lagi kerja aaah~

      Delete
  3. yakin banget deh kakak, mudah2an semakin banyak masyarakat yang mampu menyuarakan hukum yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuuu, udah gak jaman lagi orang awam dikibuli sama orang - orang hukum hehehhe.

      Delete
  4. Aku menunggu kehadiran teman-teman loh di hukumonline :) yang mau mampir langsung ke markasnya hukumonline hukumpedia, hubungi aku yooo :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap kakak!!!.
      Nanti tolong siapin red carpet yaaah :p

      Delete
  5. Asyik ah, aku yang awam gini bisa melek hukum berkat hukumpedia.com :)
    soal paspor, bener banget itu barang harus dijaga jangan sampai hilang pas kita melancong ke oversea :D
    Kalo gak? superribettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pun begitu mbak, sekarang Belajar Hukum lewat Hukum Online.
      naaah, Paspor itu kitab suci traveller. jadi jangan sampe lupa dibawa hehee.

      Delete
  6. eh kok jadi nanya, kalau wajah mirip Raisa itu melanggar hak cipta perwajahan nggak ya, huehehe

    semakin melek hukum, seseorang makin baik buat waspada ya baik itu melanggar apalagi tahu kalau dilanggar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajah mirip mungkin takdir yah. hahahha
      wess, ini kok jadi ngebahas hak cipta perwajahan sih -__- hahaha.
      sudah saatnya masyarakat melek hukum yaaah hahaha.

      Delete
  7. Raisa kalau konser izin dulu ya nanti melanggar hukum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. perizinan konser udah diurus sama manajemen akuh mbak e, jangan lupa dateng ke konser akuh ya bulan Mei nanti. #RandomTopict.

      Delete
  8. Penting banget ya tahu tentang hukum. dulu pun ada temen yang ga ngerti tentang visa, padahal masa berlakunya hampir habis tapi karena dia ga ngerti, hampir aja bermasalah di luar negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia mbak, sebelum melancong pun sedikit banyak harus tahu informasi akan peraturan hukum diluar sana. Jangan lupa pastiiin bahwa dokumen yang kita bawa masa berlakunya masih panjang :)

      Delete
  9. lebih enak baca buku sihhh

    karna buku sudah beberapa kali penyaringan

    ReplyDelete