KUPAT TAHU GEMPOL MEMANG JEMPOL

Lahir dan besar di Indonesia, menjadikan saya sangat mencintai semua yang dimiliki oleh negeri ini. mulai dari kebudayaannya, pariwisatanya, sejarahnya, termasuk juga kulinernya. Berbicara mengenai kuliner jangan menyepelekan Indonesia. Indonesia memiliki beragama makanan daerah dengan rasanya yang selalu sukses mengundang selera bagi siapa saja yang mencium aromanya. Bahkan rendang yang merupakan masakan daerah khas Sumatera Barat, dinobatkan sebagai peringkat pertama dalam 50 jenis hidangan terlezat di dunia oleh CNN International pada tahun 2011.
Kupat Tahu Gempol
Kupat Tahu
Kupat tahu merupakan makanan daerah yang menjadi salah satu menu sarapan favorit di tanah Jawa. Mulai dari kupat tahu Purworejo, kupat tahu Solo, Kupat tahu Magelang, kupat tahu Singaparna, kupat tahu Tasik, kupat tahu Gempol, kupat tahu Padalarang hingga kupat tahu Pacitan. Banyak bangeet kaaaan !. sungguh begitu kaya warisan kuliner Indonesia ini.

Gempol
Nama Kupat Tahu “Gempol” diambil dari nama Pasar “Gempol” sebagai lokasi dimana kupat tahu dijajakan kepada pelanggan setiap harinya. Karena itulah pelanggan setia menyebut “Kupat Tahu Gempol”. Dalam satu piring kupat tahu gempol terdiri dari ketupat, tahu yang digoreng, taoge, bawang goreng, serta kerupuk dan disiram dengan bumbu saus kacang yang begitu nikmat.

Kupat Tahu Gempol
Konon, usaha ini sudah ada sejak tahun 1975 silam.
Jauh dimana ayah dan ibu saya belum menikah hingga saya hadir didunia.
Dimana saya sudah lahir kedunia dan beranjak dewasa. Dimana saya sudah mengenal pahit manis dalam kehidupan saya *eeaaa jadi tjurhat.
Namun berkat cucuran keringat dan semangat dari sang pemiliknya yakni dua sejoli Bapak H.Achdan dan Ibu Hj.Yayah. Usaha ini terus bertahan hingga sekarang. Berbekal gerobak seadanya, mereka berjualan Kupat Tahu yang menjadi salah satu menu sarapan favorit urang Bandung dan tahun ini usia untuk keberadaan kupat tahu gempol di kota kembangialah 40 tahun. 

Saya rela belajar bikin Kupat Tahu Gempol :)
Dibalik 40 tahun
Konon, rasa dari kupat tahu ini begitu melegenda. Sehingga selalu nikmat dalam tiap suapan. Yang membedakan kupat tahu ini dengan kupat tahu lainnya yang ada di tanah Jawa ialah dalam hal bumbu dan tahunya. Bumbu kupat tahu gempol ini Jawara banget!!!.
Memiliki bumbu dengan kekentalan dan rasa yang sangat pas di lidah pelanggan setianya.
Begitu juga dengan tahunya yang ternyata langsung didatangkan dari sentral tahu urang Bandung yakni Cibuntu. Sebagai mana yang kita tau, Cibuntu memang terkenal akan sentral penghasil tahu. Tekstur tahunya sangat lembut namun tetap mempertahankan kekenyalannya.
Nah, kedua hal inilah yang membuat efek lezat dan nikmat pada rasa Kupat Tahu gempol ini


Kandungan gizi dalam satu piring kupat tahu :
Ketupat memiliki kandungan energy 274kkal, protein 7.4gr, lemak 6.5gr dan karbohidrat 46.6gr.
Toge memiliki kandungan energy 35kkal, protein 5gr, lemak 0.2gr, dan karbohidrat 5.8gr.
Tahu goreng memiliki kandungan energy 32kkal, protein 1.4gr, lemak 2.8gr, dan karbohidrat 0.3gr.
*Dilihat dari nilai gizi diatas, kupat tahu gempol ini sangat bergizi untuk menambah energy. Bahkan kupat tahu gempol ini sukses membuat siswa – siswi Bandung bertahan dalam upacara bendera setiap harinya, hingga menambah kekuatan bagi para pegawai di kantor pemerintahan dan swasta dalam bekerja^^.

Untuk rasa jangan ditanya,
Nilai gizi pun nyaris sempurna,
Soal eksistensi sangat luar biasa!!!.  

“that sincere smile from the Indonesian team preparing their kupat tahu with their heart”.
KUPAT TAHU GEMPOL 
MEMANG JEMPOL
Lagi – lagi saya sangat berbangga hati menjadi warga negara Indonesia. Semua karena prestasi Indonesia yang begitu mendunia. Siapa yang menyangka jika jajanan pinggiran macem Kupat Tahu Gempol ini sukses mendunia dan terbang ke Singapura!.

Tau World Street Food Congress?
Sebuah event besar yang sukses dilaksanakan di Singapura pada 8 – 12 April 2015 ini menjadi bukti bahwa Masakan daerah Indonesia begitu enak. Kupat Tahu Gempol menjadi salah satu peserta dalam World Street Food Congress Singapore 2015 dan berhasil mendapat sambutan yang meriah dari warga Singapura dan dunia karena rasanya yang begitu menggoda selera. Bahkan cita rasa dan kualitasnya tetap terjaga ketika di Singapura. Dengan keberhasilan Kupat Tahu Gempol pada World Street Food Congress ini menjadi bukti bahwa ekosistem kuliner Indonesia khususnya streetfood dapat mendunia. Kupat Tahu Gempol memang jempol.
Doain menang yah :) . Jangan lupa buat ikutan juga


*Sumber Gizi : dari sini lho
*Sumber foto : pribadi dan dari sini juga lho.

32 komentar:

  1. Enyaaaak kupat tahu gempolnyaaa mauuu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak kita makan Kupat tahu gempol memang jempol ini.
      *langsung berangkat ke Bandung*

      Delete
  2. Good luck yaa untuk kompetisinyaa Raisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mbak Oline.
      nanti raisa kirimin foto Kupat tahu gempol memang jempol deh *eeeh .

      Delete
  3. nyam nyammm
    enak banget yaa kayak e..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget kaaaak!!!.
      Kupat Tahu Memang Jempol rasanyaaa.

      Delete
  4. Ini di bandung kah?? di cirebon juga ada daerah gempol soale.
    hmm maknyuus ya keliatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini Kupat Tahu Gempol Memang Jempol yang di Bandung mbak.
      Kesana yuuuk.:)

      Delete
  5. Gue pernahnya makan Tahu yang di isi daging sama sayur doang, trus juga di isi sambel yang pedes minta ampun. entah apa namanya, cobain tuh di Malang.. haha

    Unik juga yah yang jualan, biasanya sih stoknya gak jauh-jauh dari tempatnya, tapi berhubung nyari tahunya juga yang berkualitas, emang gak heran juga sih bumbunya jadi bikin enak banget. gue jadi ngiler! haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajakin akuh ke Malang dong bang, biar nyobain tahu yang kamu coba itu.

      Delete
  6. Foto kupat tahunya begitu menggoda. Enak kayaknya.
    Kupat tahu gempol emang udah pemes. Salut 40 tahun bertahan dengan rasa enak, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya Kupat Tahu Gempol memang Jempol kak.
      Karena udah kuat bertahan selam 40 tahun hahaha.

      Delete
  7. Penasaran sama rasanya. Tapi, kayanya lebih enak kalo dipakein sayur pepaya,nangka atw opor ayan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh mbak, kalau dipakein itu semua nanti berat badanku naik lagi *eeeh.

      Delete
  8. Pengen ikut jelajah gizi ini tapi bingung syaratnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. AYuk ikutan tante.
      Periode diperpanjang sampe 18 Oktober nih :) .

      Delete
  9. Wah lezat bangettt ini memang favoritku kalo pulang ke Bandung pasti aku beli ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pulang ke Bandung ajakin aku lah teh.
      Biar bisa beli Kupta Tahu memang Gempol lagi hahaha.

      Delete
  10. wah enak nya.... jadi inget kupat tahu yang dikampung hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kupat Tahu Gempol Memang Jempol.
      Aku siap diajak ke kampungmu mas buat manggung *eeeeh/.

      Delete
  11. tambah gizinya jika lihat kupat yang semacam ini heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kupat tahu gempol memang jempol gizinyaaaa kaaak.
      Duh aku kok jadi laper yah.

      Delete
  12. aaaakkk bikin ngeces pagi pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuuuss ke Bandung makan kupat tahu gempol memang jempol hahaha.

      Delete
  13. Laper tari lihat ini. *tanggung jawab haha
    Di Garut juga ada kupat tahu, pake toge, tahu, krupuk, dan bumbu kacang. Sama saja kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini sinii ikut akuuh makan Kupat tahu Gempol memang jempol mbak wkwkw~
      Nanti akuh traktir minumannya aja :p

      Delete
  14. Sedikit menambahkan dari varian kupat yang sudah disebutkan diatas, sumatra barat juga punya kupat yang tidak kalah enak loh mbak, namanya "katupek pitalah". Kalau mbak ada waktu, bisa dicoba kelezatan itu kupat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masnya kalau ada waktu, boleh loh ngajak Aku makan Katupek disana hahahaa.

      Delete
  15. Belum perna nyobain, kalo di gempol selalu makan roti bakar nya buat sarapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain lah om. Kupat tahu gempol memang jempol !!.
      Apa perlu aku temenin *eeeh.

      Delete
  16. Kupat tahu gempol ini yang membawa Tari ke Baliiii ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bisa terbang ke Bali abreng om dan tante supeeer~

      Delete