Pesona Sriwijaya, Venezia of the East

"Tari orang mana?"
"Saya lahir di Palembang. Ayah saya orang Surabaya sedangkan ibu saya orang Padang".
"ohhh pantes cantik begini"
"(senyum malu sambil melintir rambut)".

Percakapan diatas sering terjadi, ketika saya bertemu dengan orang - orang baru. Sebagian orang yang kenal saya, tidak akan menyangka kalau saya orang Palembang. Mungkin karna wajah saya yang manis macem putri keraton.

Lahir dan besar di Palembang selama 16 tahun dan menghabiskan masa putih abu - abu di kota pempek ini, sedikit banyak membuat saya rindu akan kota kelahiran ketika menuntut ilmu di kota orang.
Raisa di Jembatan Ampera :)
Apa sih yang bikin lo kangen sama Palembang, tar ? tanya seorang teman lelaki yang kebetulan mengaku sebagai penggemar saya *ecieee.
Disaat orang - orang Palembang yang merantau lebih kangen dengan pempek, saya sih lebih kangen dengan jembatan Ampera dan Sungai Musi. Lho koook ?!?.
Bagi saya, pempek bisa dicari atau kalau lagi rajin sih bisa saya buat sendiri. Tapi kalau Jembatan Ampera dan Sungai Musi, cuma ada satu dan cuma ada di Palembang. Saya teramat cinta dengan ikon kota Palembang ini.

VENEZIA OF THE EAST

Pernah dengar Paris Van Java atau Paris Van Sumatra ?
Julukan lain yang ditujukan kepada kota Bandung dan Bukittinggi, Suamtera Barat.
Palembang juga dikenal sebagai Venezia of the East lho!!. *bangga sebagai putri daerah*.
Panjangnya sungai Musi yang berada dibawah jembatan ampera, memang sangat menarik untuk ditelusuri. Tak jarang, banyak wisatawan yang memilih aktifitas menyusuri sungai Musi ketika sedang berkunjung ke Palembang. Transportasi sungai seperti Kapal kecil, tongkang, serta perahu getek tersedia disini. Selain itu juga, tersedia rumah makan terapung yang menyediakan makanan khas Palembang.

Oh ya, ada satu hal lagi yang bikin saya bangga sebagai putri Sumsel.
Baru - baru ini, menteri Pariwisata Bapak Arief Yahya menjadikan sungai Musi sebagai ikon sport tourism. Aaah saya bangga jadi warga Palembang.
Sport Tourism ini mengingatkan saya pada event Musi Triboatton yang akan berlangsung bulan 11- 15 Mei ini. Eeeh pada tau tentang Musi Triboatton nggak ??
kalau belum tau, saya jelasin dulu deh ya. Hitung - hitung belajar jadi putri Pariwisata Sumatera Selatan tahun depan :p


Jadi, Musi Triboatton ini adalah Sport tourism yang mengkombinasikan olahraga air, macem arung jeram, kayak, serta perahu Naga. Dan tentunya memiliki tantangan yang bervariatif. Umumnya Musi Triboatton ini didominasi oleh lelaki, namun seiring berjalannya waktu sudah ada tim perempuan juga lho *proud to be woman*. 
Musi Triboatton ini nggak hanya untuk peserta WNI doang, peserta dari luar negeri pun dapat turut serta untuk mengarungi sungai sepanjang 500 km dan melihat keindahan bentang alam Sumatera Selatan. 





Ajang Musi Triboatton 2016 ini melewati lima etape.  Menjadikan empat kabupaten dan satu kota menjadi tuan rumah. Empat kabupaten dan satu kota yang menjadi tuan rumah pelaksanaan Internasional Musi Triboatton adalah Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Empat Lawang, dan Kota Palembang. 

Monggo diliat dulu gimana serunya jelajah Musi Triboatton di tahun - tahun sebelumnya, lewat video dibawah ini.


Video dari sini

Dari hasil stalking di sosial medianya pesonasriwijaya, ada jadwal nih yang bisa kalian catet!!.

Etappe 1: 11 Mei start di Kab. Empat Lawang

Etappe 2 : 12 Mei di Kab. Musi Rawas

Etappe 3 : 13 Mei di Kab. Musi Banyuasin
Etappe 4 : 14 Mei di Kab. Banyuasin
Etappe 5 : 15 Mei finish di kota Palembang 

yuklah, siapin waktu kalian buat datang ke Palembang dan Jelajah Musi Triboatton 2016 (siapa tau dapet jodoh disanaa~).

Sumber Foto dari sini

30 komentar:

  1. wah iya jembatan ampera, khas nya palembang.. sayang pas kesini cuma lewat doang. Foto dikit, tp karna malem dan hpnya ga mumpuni jadi jelek ahaha.

    Wah boleh tuh di tonton kayanya seru acara Triboatton. Btw.. kenapa Tri ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jembatan Ampera kalau malem lebih cantik Mbak hihi.
      Jepret pake kamera HP pun tetep keliatan cantiknya.
      Yuklah ke Palembang, nonton acara Musi Triboatton.
      Kenapa Tri yah. Hihi. Nanti coba Aku Tanya ke panitianya den :).

      Delete
  2. Waalaaah orang Palembang ternyata. Kirain orang mana gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku blasteran sih Mbak.
      Jadi, macem orang Latin gitu wajahnya *kibas rambut*.

      Delete
  3. Kangen Palembang dan segala macam kulinernya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. i feel youu.
      Pengen makan segala ragam jenis pempek.

      Delete
  4. RAisaaaa jangan nyempluing ya, kalau mau berenang di kolam renang aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasa renang di laut mbak. *putri duyung*

      Delete
  5. ooh raisa ternyata putri berdarah campuran??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia kaak, aku kan blasteraaaaan.
      Makanya cantik begini :p .

      Delete
  6. Raisaaa ajak aku ke palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooook mbak!!.
      Abis itu ajak aku ke Sorong yaaah.

      Delete
  7. melihat foto fotomu di tepi musi mengingatkanku akan angelina jolie di film the tourist

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pesona aku dan Angelina Jolie memang miriip sih mas.

      Delete
  8. Kangen mie celor, kangen martabak har, kangen pempek, kangen kamu, ehh hahaha... syukurlah aku pernah ke Palembang dan pengen balik lagi :D

    Dan aku penasaran sama itu dayung dayungnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu nggak kangen aku mas ?
      sini lah main ke Palembang lagii.

      Delete
  9. *Tante kejet-kejet kece waktu baca paragraf awal* Ponakaaan, jalan-jalan muluk. Tantenya dianggurin aja pegimana ini???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tante sini dong, ikut ponakan jalan - jalan.
      Aku butuh asisten buat nemenin renang nih *dikeplak*.

      Delete
  10. Seru banget acara dayung-dayung perahu. bisa bikin langsing tuh..hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku aja pengen coba mendayung ebgitu mbaaak. Mengingat body udah pas buat jadi atlet dayung hahaha.

      Delete
  11. Saya belum juga kesampaian ke Palembang. Padahal suami orang sana -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu siap aku culik ke Palembang gak mbak ? hihihi.

      Delete
  12. Palembang masuk dalam wish list aku Tari, belum pernah ke sana dan ingin banget ke sana ih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoook ikut aku ke Palembang nanti tantee :)

      Delete
  13. Ish baru nyadar.. pantesan akrab samo Arie Goiq.. Lahir dan 16 tahun di Palembang widih.. beda setaun samo aku hehe..

    Salam metal!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Unggul wong Plembang jugooo ???
      Oalaaaah \m/
      salam pempek, lenggang dan tekwan.

      Delete
  14. Mba Tari orang dinpar itu ya? Emang cakep banget sih. #eh

    ReplyDelete