Jalan – Jalan Pintar di Kota Pelajar Yogyakarta

By Astari Ratnadya - Wednesday, November 02, 2016

foto dari sini
Yogyakarta terkenal sebagai kota pelajar. Bukan tanpa alasan kota ini disebut seperti itu, melainkan karena banyaknya sekolah serta perguruan tinggi yang berada di kota Yogyakarta. Seiring banyaknya institusi pendidikan di sana, sudah pasti masyarakat di sana memiliki tingkat pendidikan yang tinggi.

Tidak hanya julukan saja Yogyakarta sebagai kota pelajar, tapi juga dibuktikan dengan infrastruktur yang ada serta terkenal ke penjuru Indonesia. Salah satunya adalah Taman Pintar yang sering diliput oleh stasiun televisi. Taman pintar Yogyakarta menjadi tempat ikonik bagi para wisatawan lokal, terutama anak - anak sekolah yang melaksanakan perjalanan study tour.

Taman pintar Yogyakarta adalah tempat penuh atraksi yang dapat dijadikan sebagai tempat berekspresi serta mendorong sifat kreatif dalam lingkungan yang menyenangkan. Lokasi taman ini terletak di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di jalan Panembahan Senopati nomor 1 – 3, Yogyakarta.

Taman yang dibangun pada tahun 2004 ini memiliki banyak sekali wahana menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah gedung oval yang berisi aquarium air tawar dimana pengunjung bisa berjalan di sebuah lorong berbentuk setengah lingkaran dan dikelilingi oleh ikan – ikan yang berenang di bagian kiri dan kanan.

foto dari sini
Selain itu juga, ada lorong ilusi yang terletak di gedung kotak pada taman pintar Yogyakarta. Lorong ilusi memberikan pengalaman unik bagi pengunjung. Lorong ini dapat membuat pengunjung merasakan ilusi mata, ilusi telinga, dan juga ilusi pikiran.

Pengalaman unik lainnya bisa pengunjung rasakan di gedung planetarium. Pengunjung diajak untuk menjelajahi luar angkasa dengan teknologi proyektor digital untuk memperagakan benda – benda langit, serta menampilkan suasana langit kota Yogyakarta pada malam hari beserta berbagai macam benda angkasa dan susunan bintang yang tampak pada saat itu.

Untuk berkunjung ke taman pintar Yogyakarta, kalian harus perhatikan jadwal operasional taman pintar Yogyakarta ya. Taman pintar Yogyakarta ini hanya buka di hari Selasa sampai hari Minggu pada jam 08.30 am – 04.00 pm.

Oh ya, untuk kalian yang berdomisili diluar jigja (macem Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi) kalian bisa menggunakan kereta api dengan pemberhentian di stasiun Tugu Yogyakarta. Untuk pilihan menginap di Yogyakarta, pastikan kalian menginap di hotel yang letaknya strategis ya gaes! Biar enak menyusuri kota Yogyakarta dengan jalan kaki.

Di dekat stasiun Yogyakarta banyak hotel tersedia yang pastinya bisa Anda booking melalui Traveloka, salah satunya adalah Hotel Neo Malioboro.

Hotel ini menyediakan layanan yang sangat prima dan memanjakan para pengunjungnya. Salah satu layanan khasnya adalah MakSiBar yang merupakan singkatan dari Makan Siang Bareng. MakSiBar adalah layanan all you can eat dimana Anda bisa sepuasnya menikmati hidangan appetizer, main course dan dessert hanya dengan mengeluarkan 55 ribu rupiah saja!

foto dari sini
Promo MakSiBar ini tersedia setiap hari, mulai dari pukul 11 siang sampai dengan 2 siang di Noodles Now Restaurant dimana restoran ini bertempat di lantai 2 Hotel Neo Malioboro. Noodles Now merupakan restoran yang menawarkan konsep modern dan santai. Anda dapat menyantap hidangan di ruangan tertutupnya yang modern atau pada ruang terbuka yang santai sambil memandang pemandangan luar.

Setelah Anda menikmati makan siang di Hotel Neo Malioboro, Anda hanya perlu berjalan sedikit menuju halte Trans Jogja terdekat untuk bisa menaiki bus ke arah Taman Pintar Yogyakarta. Sesampainya di halte, Anda harus menunggu bis Trans Jogja dengan rute 1A Prambanan – Malioboro. Perjalanan hanya membutuhkan waktu 11 menit untuk Anda sampai ke halte Senopati 1 atau halte taman pintar. 

Jikalau Anda menaiki bis, Anda bisa turun di terminal Jombor lalu berjalan sedikit untuk menunggu bus Trans Jogja di halte terdekat. Disana Anda ingin menunggu bus dengan rute 2B untuk bisa sampai ke halte Senopati 1. Perjalanan membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit.

Sedangkan bagi Anda yang ingin menempuh jalur udara, Anda bisa menaiki pesawat dan turun di Bandara Adi Sutjipto. Kemudian setelah sampai, Anda bisa menaiki Trans Jogja dengan rute 1B untuk sampai ke Halte Senopati 1 atau Halte Taman Pintar. Perjalanan membutuhkan waktu kurang lebih 22 menit.


Nah, sekarang ini saatnya untuk menyiapkan fisik dan pikiran Anda untuk berlibur ke Taman Pintar. Have a nice trip!

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Enak lagi kalau ke Malioboro naik sepeda, biar pas makan bisa banyak porsinya :-D
    Itu yang pada makan kok kayaknya aku kenal mereka :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalo liat orang yang sepedaan di Jogja jadinya inget kamu lho mas *seriuuss~
      Hahaha kamu kenal tah ? tiitp salam yaaah *eeeh

      Delete
  2. Kalo lagi di jogja mau ke sana aaahhh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleeeh boleeeh. Jangan lupa mampir yah kak.

      Delete