Pertama kali tau action cam ini ketika nonton acara di sebuah saluran televisi asing. Waktu itu saya Cuma lihat action cam ini digunakan oleh atlet – atlet mancanegara ketika sedang melakukan pertandingan. Sempat berpikir untuk memiliki action cam ini agar ketika traveling nanti penampilan tidak terlalu mencolok. Alhamdulillah tuhan maha baik!. Maret 2015 saya berhasil membawa pulang action cam dari hasil passion saya (baca : ngeblog).

Action cam yang saya bawa pulang yakni Gopro Hero 3+ Silver Edition. Yah, action cam ini sekarang jadi andalan saya untuk dibawa bepergian dalam kondisi apapun. Kurang lebih setahun menggunakan action cam untuk 65% selfie dan 35% memotret, saya ingin berbagi mengenai pengalaman saya menggunakan action cam yang nantinya bisa menjadi alasan bagi kalian untuk membawa serta action cam ketika bepergian.



1. Kecil dan Ringan
Jika dibandingkan kamera yang sering dibawa para pejalan , action cam adalah kamera dengan ukuran paling kecil dan ringan. Dengan ukuran yang kecil ini action cam dapat disimpan ataupun diselipkan dalam tas perjalanan tanpa membutuhkan ruang yang cukup besar. Karena ukurannya yang kecil hendaknya siapkan tas khusus action cam sebelum menyelipkannya pada tas traveling kalian ya guys.

2. Performa Kuat
Bagi kalian yang doyan melakukan kegiatan ekstrim ketika traveling, action cam adalah kamera yang paling cocok digunakan demi mengabadikan momen ekstrim kalian macem lompat dari atas pesawat Hercules, sampai berenang di kedalaman 10 meter demi melihat kecantikan biota laut Indonesia.

3. Tidak mencolok
Upayakan untuk tidak tampil mencolok ketika sedang melakukan perjalanan. Dimulai dari menggunakan pakaian yang pantas hingga tidak tampil mencolok dengan kamera berlensa panjang yang digantung dileher. Nah kalau traveling dengan menggunakan action cam, kalian tidak akan tampil terlalu menncolok. Karena ukuran kamera yang kecil dan juga dapat diselipkan dimana saja. Sehingga kegiatan traveling pun aman dan damai Sentosa tanpa harus ada tragedi menyeramkan Karena kecopetan.

4. Hasil foto yang wah
Percaya gak percaya, hasil foto action cam ini dapat menyamarkan bentuk tubuh yang “agak besar” menjadi “agak proporsional”. Saya sudah membuktikannya sendiri lho. Dari setiap foto selfie yang saya ambil menggunakan action cam ini hasilnya ngebuat saya senyum – senyum sendiri. Selain foto diri yang Nampak lebih proporsional dibanding aslinya, latar belakang (background) juga terlihat semuanya. Ini Karena lensa wide yang ada di kamera action.


Selfie ramean bareng gengs dengan latar belakang candi
Kalo review hotel, motret pake action cam terlihat lebih cakeup.
5. Video
Sekarang kan lagi hits banget yang namanya Vlog bertemakan video perjalanan yang sering diunggah traveler lewat beragam sosial media macem facebook, Instagram maupun twitter. Nah bagian kalian yang suka shooting – shooting video perjalanan, kamera ini cocok bangeeeet buat dipakeeeee

6. Beragam Fungsi
Beragam fungsi disini maksudnya adalah action cam bisa digunakan dimana saja. Kalau kamu yang doyan tongsisan bisa tuh action camnya ditempelin ke tongsis. Buat kalian yang suka touring pun action cam bisa kalian letakkan di sepeda/motor/mobil kalian (yang pastinya menggunakan peralatan lengkap untuk menempelkannya yah). Nah untuk kalian pecinta skydiving pun gak perlu khawatair lo! Kalian juga bisa meletakkkan action cam dikepala kalian. Caranya tentu saja merekatkan kamera pada headband/helm khusus sebelum terjun bebas dari atas pesawat. Atuhlah saya jadi pengen skydiving kan.

Sebagai pengguna action cam pelopor yakni "Gopro", saya jadi pengen mengupgrade action cam saya dengan produk terbarunya Gopro. Ehem! Sekarang sih baru punya yang Gopro hero3+ sama kamera gopro hero 4 . Kalau melihat harganya sih emang harus nabung secara rutin. “Disaat teman – teman saya yang perempuan rutin menabung untuk beli dress dan tas, saya mah lebih memilih untuk mengupgrade lensa dan kamera” .

Kalau kalian sendiri adakah yang menggunakan action cam juga ketika traveling ?


Kalau ada boleh share dimari yaaah alasan kalian menggunakan action cam. Biar artikel ini bisa kaya informasi. Ahseeeek.