Keuntungan bawa ‘action cam’ ketika traveling

Pertama kali tau action cam ini ketika nonton acara di sebuah saluran televisi asing. Waktu itu saya Cuma lihat action cam ini digunakan oleh atlet – atlet mancanegara ketika sedang melakukan pertandingan. Sempat berpikir untuk memiliki action cam ini agar ketika traveling nanti penampilan tidak terlalu mencolok. Alhamdulillah tuhan maha baik!. Maret 2015 saya berhasil membawa pulang action cam dari hasil passion saya (baca : ngeblog).

Action cam yang saya bawa pulang yakni Gopro Hero 3+ Silver Edition. Yah, action cam ini sekarang jadi andalan saya untuk dibawa bepergian dalam kondisi apapun. Kurang lebih setahun menggunakan action cam untuk 65% selfie dan 35% memotret, saya ingin berbagi mengenai pengalaman saya menggunakan action cam yang nantinya bisa menjadi alasan bagi kalian untuk membawa serta action cam ketika bepergian.



1. Kecil dan Ringan
Jika dibandingkan kamera yang sering dibawa para pejalan , action cam adalah kamera dengan ukuran paling kecil dan ringan. Dengan ukuran yang kecil ini action cam dapat disimpan ataupun diselipkan dalam tas perjalanan tanpa membutuhkan ruang yang cukup besar. Karena ukurannya yang kecil hendaknya siapkan tas khusus action cam sebelum menyelipkannya pada tas traveling kalian ya guys.

2. Performa Kuat
Bagi kalian yang doyan melakukan kegiatan ekstrim ketika traveling, action cam adalah kamera yang paling cocok digunakan demi mengabadikan momen ekstrim kalian macem lompat dari atas pesawat Hercules, sampai berenang di kedalaman 10 meter demi melihat kecantikan biota laut Indonesia.

3. Tidak mencolok
Upayakan untuk tidak tampil mencolok ketika sedang melakukan perjalanan. Dimulai dari menggunakan pakaian yang pantas hingga tidak tampil mencolok dengan kamera berlensa panjang yang digantung dileher. Nah kalau traveling dengan menggunakan action cam, kalian tidak akan tampil terlalu menncolok. Karena ukuran kamera yang kecil dan juga dapat diselipkan dimana saja. Sehingga kegiatan traveling pun aman dan damai Sentosa tanpa harus ada tragedi menyeramkan Karena kecopetan.

4. Hasil foto yang wah
Percaya gak percaya, hasil foto action cam ini dapat menyamarkan bentuk tubuh yang “agak besar” menjadi “agak proporsional”. Saya sudah membuktikannya sendiri lho. Dari setiap foto selfie yang saya ambil menggunakan action cam ini hasilnya ngebuat saya senyum – senyum sendiri. Selain foto diri yang Nampak lebih proporsional dibanding aslinya, latar belakang (background) juga terlihat semuanya. Ini Karena lensa wide yang ada di kamera action.


Selfie ramean bareng gengs dengan latar belakang candi
Kalo review hotel, motret pake action cam terlihat lebih cakeup.
5. Video
Sekarang kan lagi hits banget yang namanya Vlog bertemakan video perjalanan yang sering diunggah traveler lewat beragam sosial media macem facebook, Instagram maupun twitter. Nah bagian kalian yang suka shooting – shooting video perjalanan, kamera ini cocok bangeeeet buat dipakeeeee

6. Beragam Fungsi
Beragam fungsi disini maksudnya adalah action cam bisa digunakan dimana saja. Kalau kamu yang doyan tongsisan bisa tuh action camnya ditempelin ke tongsis. Buat kalian yang suka touring pun action cam bisa kalian letakkan di sepeda/motor/mobil kalian (yang pastinya menggunakan peralatan lengkap untuk menempelkannya yah). Nah untuk kalian pecinta skydiving pun gak perlu khawatair lo! Kalian juga bisa meletakkkan action cam dikepala kalian. Caranya tentu saja merekatkan kamera pada headband/helm khusus sebelum terjun bebas dari atas pesawat. Atuhlah saya jadi pengen skydiving kan.

Sebagai pengguna action cam pelopor yakni "Gopro", saya jadi pengen mengupgrade action cam saya dengan produk terbarunya Gopro. Ehem! Sekarang sih baru punya yang Gopro hero3+ sama kamera gopro hero 4 . Kalau melihat harganya sih emang harus nabung secara rutin. “Disaat teman – teman saya yang perempuan rutin menabung untuk beli dress dan tas, saya mah lebih memilih untuk mengupgrade lensa dan kamera” .

Kalau kalian sendiri adakah yang menggunakan action cam juga ketika traveling ?


Kalau ada boleh share dimari yaaah alasan kalian menggunakan action cam. Biar artikel ini bisa kaya informasi. Ahseeeek. 

26 komentar:

  1. Pernah pakai pas traveling dan memang hasilnya wide. Jadi bagus buat ngerekam pemandangan plus kitanya (alias selfie hehehe)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketika foto selfie pake action cam nampak tubuh lebih proporsional dan wajah yang tiruus :)

      Delete
  2. Saya belum punya :-(
    Padahal kalau buat main air enaknya pakai action cam. Semoga tahun depan dikasih kamera hahahahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaaaak, action cam ini perlu banget deh buat menemani kamu jalan - jalan naik sepedaaaa. Keuntungan bawa action cam saat traveling itu banyaaak looh kaaak. Semoga tahun depan dapet yaah :) .

      Delete
  3. alhamdulillah. skrg saya punya action cam. ikut eksis kaya mb raisa biar hits

    ReplyDelete
    Replies
    1. Punya action cam tu banyak untungnya mas.
      Apalagi buat kamu yang narsis banget dikit dikit selpie *eeeh.

      Delete
  4. Aku pengen punya action cam juga, kaaaakkk. Mau bikin video perjalanan, tapi bukan vlog, recording aja. Terutama saat-saat naik MRT, LRT, dan apalah-apalah itu. Jadi bisa ngerekam tanpa harus sepanjang waktu pegang kamera segede kantong beras.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((kamera segede kantong beras))) maaaas nugii ahhh bikin ngakak hahahaha.
      Yuk kak yuk mari dibeli action camnya :) banyak yang murce sekarang lho hahaha

      Delete
  5. pengen beli action camppp..seru tu di bawa trevelingg..
    mahal gak tapi ya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang banyak action cam yang murah kok kaaaak :) ayo ayooo dibeliii

      Delete
  6. Saya pun sampai saat ini belum punya action cam. Hiks. Ada yg bisa dihibahkan kak? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti aku tanya managerku yah mas :p
      kameramu kan udah ketche banget mas.

      Delete
  7. keren mbak e... saya rencana juga lagi cari actioncam ini. masih cari harga2 yang pas mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang banyak harga action cam yang lumayan murce mas hehe

      Delete
  8. Cuma pake action camera aku bisa foto dari atas pake topi muahahaha.

    ReplyDelete
  9. kamera yang begini paling suka aku pake foto selfie bareng bareng sama ngefoto kamar hotel
    Gak perlu usaha berlebih udah kefoto semua satu ruangan haha enak emang yah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeeet mbaaaak! most item favourite ku ketika travelling nih.

      Delete
  10. skrang udah ada gopro 5 yg tanpa cash yaa.. gmn mnurutnya klo go pro 5

    ReplyDelete
    Replies
    1. He'eh kak. action cam sudah makin berkembang banget.
      Aku belom punya gopro 5 :( , tapi kalo menurutku kemungkinan hasil fotonya lebih bagus dibanding gopro3 maupun 4. Kakak kalo ada gopro 5, aku mau numpang selfie boleh hihi.

      Delete
  11. Babang akhir2 ini ngetrip malah sering ketinggalan bawa action cam, efek kebiasaan cuma putu-putu pake henpon aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Henpon babang kan ketche gituloh! secara aipong kan yes.
      Bang kapan kita ngetrip bareng lagii? aku mau minta tolong difotoin dong bang!

      Delete
  12. Pengen banget punya action cam, tapi belum kesampaian sampai sekarang. Mesti rajin nabung dulu atau ikutan lomba berhadiah action cam. Kameranya unik ya, selain kecil hasil fotonya bisa wide gitu. Jadi cakepp banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuuk mbak dibeli. Jaman sekarang banyak action cam yang murce dan ahsilnya juga gak kalah ketche.
      Nanti aku mau nebeng foto di action cam kamu haha.

      Delete
  13. Aku juga pakai action cam, tapi tetap kamera ini untuk pilihan kedua. Karena kadang-kadang sudut lensa lebarnya tidak sesuai dengan konsep foto yang mau aku ambil. Tapi memang harus aku akui, hasil action cam itu keren banget. Aku sudah coba mulai dari nyelam di lautan lebih dari 20 meter, sampai dengan naik ke Himalaya sampai ketinggian 4000 mdpl. Action cam ini sangat bisa diandalkan. Dan lebih asiknya lagi, bisa langsung diupload hasilnya ke medsos. Cuma sayang ya, untuk GoPro ini harus agak nabung kalau mau upgrade. Mihil kak hahaha. Tapi untungnya kalau untuk aksesoris, sekarang sudah banyak pilihannya dari yang third party.

    Jadi kapan kita GoProan sambil jalan-jalan bareng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai guruh! sungkem dulu.
      well hasil jepretan action cam memang dapat diandalkan untuk menangkap momen momen indah. Cuma yaitu sih kak, siempunya action cam harus pinter - pinter mencari angle terbaik.

      Yuk kak jalan bareng. Nanti bisa hubungi asistenku yaaah~ *dilempar gopro*.

      Delete