In AussieBanget Sobat Jalan Tiket.com

NGOPI BARENG TIKET DAN TAMBAH ILMU UNTUK BLOG


Ini bukan kali pertama aku ikutan ngopi bareng tiket. Seingatku Maret tahun lalu, aku pun pernah ikut acara kumpul - kumpul bareng Tiket.com dengan narasumber utamanya Tante Indah Juli. Kalau aku tak salah ingat, tema nya mengenai "cara mengoptimalkan blog untuk menghasilkan uang" (kalau tak salah ingat ya).

Setahun berlalu, dan tepat Senin 20 Maret 2017 acara kumpul bareng Tiket.com kembali diadakan di ibukota. Bahkan aku udah standby disekitar Senayan hari Kamis, 16 Maret 2017 (saking semangatnya).

Ngopi Bareng Tiket (Ngobrol Penuh Inspirasi Bareng Tiket.com) kali ini mengambil tema 'bagaimana meningkatkan fitur penulisan blog melalui image & vdeo secara atraktif'.
Narasumber utama di Ngopi bareng Tiket kali ini adalah Marischka Prudence selaku travel blogger yang juga jadi host sobat jalan #AussieBanget, dan bakal sharing mengenai 'video & image blog upgrade'. Hadir pula Co-Founder & Chief Communication Officer Tiket.com, Gaery Undarsa yang akan berbagi cerita mengenai Tiket.com pastinya. 



#SobatJalan #AussieBanget
Sebagian kalian mungkin sudah pada kenal dengan Tiket.com kan ?
Sebuah online travel agent yang udah jadi pilihan masyarakat Indonesia buat beli tiket. Nggak hanya tiket pesawat saja, tiket.com juga menjual tiket kereta, tiket konser /event, hotel, dan juga rental mobil. Semua paket liburan dalam satu website.

Selai itu, Tiket.com juga punya program yang namanya Sobat Jalan. Program sobat jalan ini bisa diikuti oleh semua orang dengan mengikuti challenge yang tersedia. Misalnya waktu Sobat Jalan Lombok, followers Tiket.com harus share foto travel kits + apps Tiket.com di instagram mereka. Hasilnya kurang lebih 296 foto tersubmit dan 151,374 view di channel youtube Tiket.com.

Gaery Undarsa selaku Co-Founder & Chief Communication Officer Tiket.com mengatakan, program Sobat Jalan ini menghasilkan Engagement, Video, dan Content Launch yang sangat baik.
Yes, aku sependapat dengan beliau menurutku marketing Tiket.com ini sangat tepat di era 'kekinian'.
Dari situ jugalah, Tiket.com bisa menggandeng Aussie Embasy untuk bekerjasama dalam Sobat Jalan #AussieBanget.

Berbeda dengan sobat jalan Lombok, sobat Jalan AussieBanget berhasil mengumpulkan 2556 foto yang ikutan challenge AussieBanget dan 1 video utama plus 7 vlog dari pemenang sobat Jalan Aussie Banget. Yang aku suka dari hasil Sobat Jalan AussieBanget ini adalah vlog seriesnya yang juga mengangkat budaya lokal dan kuliner di Aussie. Dan Tiket.com tak salah memilih Marischka Pruedence untuk jadi host Sobat Jalan AussieBanget karena branding doi yang the best.


How to Upgrade your blog with image and video ?
Menjatuhkan pilihan untuk menjadi travel blogger memang tidaklah mudah. Tentunya seorang travel blogger harus memperhatikan setiap tulisan yang diupload dalam blognya, mulai dari gaya bahasa hingga foto dan video yang melengkapi sebuah artikel travel. Semua itu tak lain untuk membahagiakan pembaca dan juga membuat branding yang baik bagi blog yang kita kelola. Percayalah kalau personal branding kalian kuat, kalangan brand akan menghubungi kalian untuk bekerja sama kok.

Setelah mendengarkan program menarik dari Tiket.com, Marischka Pruedence yang jadi host Sobat Jalan AussieBanget plus Travel Blogger Hits, pun berbagi pengalaman serunya selama ikut andil dalam perjalanan AussieBanget kemarin dan juga ada beberapa tips yang pru bagikan untuk membuat foto serta video terlihat lebih ciamik di blog kalian.

Ternyata, Aussie sudah jadi wishlist Kak prue dari dulu dan pertama kalinya beliau bisa berkunjung ke Aussie ini bareng Tiket.com lho! how lucky you are kak. Tempat paling favorit bagi seorang Marischka Pruedence adalah sebuah taman di perth yang bisa melihat pemandangan kota dari ketinggian. Selain itu, Brisbane juga jadi tempat favorit bagi pru untuk ngeliat koala (hewan khas Australia). Tentunya selain ngomongin hal - hal seru di Aussie, kak Pru juga ebrbagi tips untuk menghasilkan foto dan video ciamik selama perjalanan, berikut tipsnya.

1. Perhatikan cuaca
Elemen penting dalam memotret dan shoot video adalah cuaca. "it's all about timing". Usahakan datang di waktu yang tepat. Baiknya kalian cari tahu dulu waktu terbaik untuk berkunjung ke suatu destinasi. Jangan sampai ketika datang kesana, cuaca lagi gak mendukung. Karena cuaca bagus dan cerah salah satu kunci mendapatkan foto yang keren.

2. Ambillah foto sebanyak - banyaknya
Well, berhubung sekarang jamannya kamera digital kalian janga sampai pelit untuk mengambil gambar ketika travelling. Toh kalau gambarnya kurang cakep atau ngeblur kan bisa di delete terus jepret lagi.

3. Belajar cari angle yang berbeda
Ambil foto sebanyak - banyaknya dari angle yang berbeda, Karena setiap angle itu memiliki pemandangan tersendiri. Oh ya terkadang untuk mendapatkan foto yang bagus, kalian memerlukan effort untuk naik ke tempat yang leih tinggi. Percayalah dibalik setiap foto yang bagus, ada pengorbanan dibelakangnya.

4. Practice make you perfect
Belajar lah sebanyak banyaknya untuk memotret. Kalau lagi ada free time cobalah untuk lebih mengenal kameramu dan foto objek - objek disekitarmu. Karena practice make your perfect. Seorang Pru aja masih mau belajar, kamu ? :p

Selain tips diatas, ada juga tips biar tetap terlihat cantik dan cetar membahana ketika difoto (wanita only).
1. Gunakan pensil alis, eyeliner dan maskara yang waterproof. Keduanya sangat penting untuk menghasilkan foto yang ciamik apalagi kalau foto underwater.

2. Kuncir rambut dan topi, jadi salah satu item yang wajib kamu bawa ketika menghadapi hair bad day saat lagi travelling. Kedua item itu bisa kamu gunakan untuk menyamarkan rambut yang lepek dan berminyak .

3. Lipstick make you happy. Salah satu item yang bikin kalian cantik walaupun gak dandan maksimal adalah lisptick. Apalagi jika menggunakan lipstick berwarna terang. Usahakan untuk menggunakan lipstick yang sesuai dengan penampilan kamu ya.

4. Mix and match baju
Travelling dengan baju yang itu - itu aja ? jangan khawatir. Kalau kalian pintar mix and match baju dengan makeup yang sesuai, dijamin tetap tampil gaya kok.

Acara Ngopi Bareng Tiket ini selalu mengasyikkan. Selain mendapatkan banyak informasi dari pihak Tiket.com dan Kak prue mengenai blog, ketemu teman  - teman baru juga jadi kegiatan seru selama Ngopi Bareng Tiket. Tapi kalau boleh kasih sedikit masukan, semoga acara Ngopi Bareng Tiket nextnya bisa diadain dikala weekend biar makin banyak yang bisa hadir. Karena kemarin acaranya weekdays, banyak sekali temen  temen travel blogger yang berhalangan hadir karena masih ngantor .

Yeeeaaaay, can't wait keseruan berikutnya ! :)

Related Articles

8 komentar:

  1. Ngopi bareng Tiket ini event rutin bulanan Tiket ya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngopi bareng Tiket bisa dibilang agenda rutin siik. Sepengetahuanku nyaris tiap tahun ada kak dan gak hanya ngopi bareng tiket di Jakarta aja (diprovinsi lain juga ada kalo kebetulan jadwal tiket.com lagi roadshow).

      Delete
  2. Wah tips nya kece. Cuaca memang jadi hal paling penting kalau mau motret.
    Kak nanya dong, Tiket.com ini satu company sama Indonesia Flight kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibilang Indonesia Flight itu adiknya Tiket.com kak. Karena supported by tiket.com (tapi nanti aku coba tanya lebih lanjut lagi ya).

      Delete
  3. Gw pelanggannya tiket nih hahaa, entah kenapa meski saingannya lebih murah, tapi lebih sreg sama yang ini :D Kalau australia sih banyak banget yang bisa dilihat! Setahun aja kurang sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena Tiket menawarkan keuntungan lain kak. Mulai dari tix point sampe makan minum gratis di badnara (walaupun syarat & ketentuan berlaku).
      Aku udah pake Tiket.com dari tahun 2012 akhir *pelanggan setia*.

      Delete
  4. kapan kita jalan bareng lagi Tari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuk jalan bareng mbak. Pesen tiketnya di Tiket.com yaag. Mayan kan dapet point hahaha.

      Delete