Setelah memutuskan keluar dari kantor pada pertengahan tahun lalu dan fokus menjadi full time travel blogger, alhamdulillah kesempatan untuk 'bepergian' terus berdatangan. Enggak ada lagi drama potong gaji, sirik - sirikan ataupun titipan buat beli oleh - oleh. yes i'm Free !.

Jadwal penerbangan tahun ini udah mirip - mirip sama pramugari sih. Pulang ke apartemen, ganti koper, terus pergi lagi. Aktifitas itu terus selama beberapa bulan belakangan ini.
“Trus kapan cari jodohnya ?” tanya seorang followers setia di instagram. Nanti kalau udah ada waktunya bakal aku kenalin kok ke netizen.
Sepulang mengisi acara di Kota Ambon kemarin, aku langsung bersiap - siap untuk melakukan perjalanan ke Singapura. Negeri tetangga yang terkenal dengan kemajuannya baik dibidang teknologi, informasi maupun transportasi.

Pesawat yang aku tumpangi mendarat dengan mulus di Changi Airport, bandara kebanggaan warga Singapura yang menjadi bandara terbaik di dunia. Penerbangan ke Singapura cuma butuh waktu dua jam dari bandara internasional Soekarno Hatta. Banyak sekali maskapai yang bisa kalian pilih untuk menuju Singapura, mulai dari Low Cost Carrier hingga Full Service Airline.

Menjejakkan kaki di Changi Airport, bersiaplah untuk melihat kecantikannya dan merasakan semua fasilitas yang ada di Best Airport in The World. Sign atau petunjuk yang sangat jelas. Travelator atau Eskalator datar yang berfungsi dengan baik, trolly yang tersusun rapi, hingga portable drinking water yang berguna banget buat penghematan beli air minum.

PENTING !
Jangan lewatkan kesempatan mengeksplor tempat - tempat keren yang ada di Changi Airport sebelum keluar dari imigrasi.

Aku kemarin cukup puas seharian mengeksplor Changi Airport mulai dari terminal 1,2,3 dan terminal 4 (berhubung masih baru, cuma sempat eksplor public area saja).

Sembilan hal yang bisa kamu lakukan di Changi Airport seharian dimulai dengan …..



Lokasi : Terminal 1, transit area.

The Social Tree ini menampilkan foto - foto pengunjung yang berhasil selfie dengan webcam yang berada persis disekitar The Social Tree. Selain itu pengunjung juga bisa bermain game yang tersedia pada mesin ini. Tinggal tunggu wajah kalian terpampang dilayar Social Tree, dan bersiaplah bermain.

Btw The Social Tree ini bisa jadi media promosi lho. Apalagi ketika satu layar Social Tree penuh sama foto - foto diri anda. 




Lokasi : Terminal 1, transit area.

Spot paling favorit kalau sedang di terminal 1, karena lokasinya dekat sama tempat jual makanan dan minuman plus playground. Dari Sculptural Tree Garden ini kalian bisa ngeliat langsung pesawat yang sedang parkir untuk takeoff dan landing. Selain itu, design taman ini juga keren banget dan so instagramable. Jangan lupa untuk mengabadikan foto diri di sini yah.

Lokasi : Terminal 1, transit area.

Cactus Garden ini letaknya di terminal 1 transit area, tak jauh dari Burger King. Biasanya pengunjung memilih bersantai di Cactus Garden sembari makan burger yang sudah mereka pesan di burger king. Oh ya di Cactus Garden ini juga ada kafenya loh. 



Lokasi : Terminal 2, transit area.

Changi Airport ini selalu sukses bikin kagum dengan taman - taman yang mereka buat. Enchanted Garden ini misalnya. Dua buket besar yang diisi dengan bunga - bunga cantik lainnya. Tak heran kalau taman pesona ini selalu ramai difoto pengunjung.


Lokasi : Terminal 2, transit area.

Kalau lewat Orchid Garden, aku selalu ingat ibuku. Orchid Garden ini adalah spot favorit beliau kalau sedang berada di Changi Airport. Bahkan ibuku sampai hapal lokasi Orchid Garden ini kalau kita baru aja landing. Aku kagum banget sama pihak Changi Airport menjaga semua taman - taman yang ada di sini sampai bisa serapi dan sebersih ini. Salut!.

Lokasi : Terminal 2, transit area.

Spot favorit ku yang kedua yakni Sunflower Garden. Lokasinya di terminal 2 (terminal yang paling kece menurutku). Untuk menuju Sunflower Garden ini kalian bakalan melewati Entertainment Deck dan Movie Theater. Favoritku dari spot Sunflower Garden ini ketika melihat pesawat yang takeoff persis diatas sunflower garden.

Lokasi : Terminal 3, transit area.

Taman Anggrek ada. Taman Bunga Matahari ada. Taman Kaktus ada. Dan sekarang taman Kupu - Kupu pun eksis lho di sini. Koleksi Kupu - Kupu dengan warna - warni ini menarik minat pengunjung untuk bisa lebih dekat dengan hewan yang paling setia ini.
Di Butterfly Garden ini juga pengunjung bisa melihat kepompong yang tersusun rapi di tabung khusus.
Akhirnya terminal 4 Changi Airport resmi dibuka. Terminal 4 ini melayani penerbangan Air Asia. Nah berhubung terminal 4 ini masih baru, cobain deh buat di eksplor. Favoritku sih instalasi 3 burung yang berada di area departure. Nggak usah takut kelaparan sehabis eksplor terminal 4, karena sudah ada McDonalds dan beberapa restoran lainnya untuk mengganjal perut dengan menu andalan resto masing - masing.


Ada banyak tempat yang menjual beragam souvenir atau oleh - oleh dari Singapura. Mulai dari coklat, biskuit, permen, hingga souvenir. Ketiga tempat dibawah ini bisa jadi pilihan untuk beli oleh - oleh selama berada di Changi Airport.

Taste Singapore
Location : Terminal 1 dan 4, transit area.
Discover Singapore
Location : Terminal 1-2-3-4, transit area.
The Cocoa Trees
Location : Terminal 1-3-4, transit area.

Jadilah sembilan hal di atas yang bisa aku lakukan seharian di sana. Pokoknya hal - hal simple diatas berkesan banget di Hati.

Kalian punya cerita tentang Changi Airport yang selalu di hati sehingga sulit terlupakan ?
Wajib banget ikutan foto kontes #ChangiDiHati. Hadiahnya sepasang tiket perjalanan tak terlupakan ke Korea.

Cukup foto dengan gestur/stiker hati, jelasin bagaimana Changi Airport selalu di hati kalian dan jangan lupa pakai hastag #ChangiDiHati di bit.ly/changidihati-at. Kontes ini berlangsung sampai tanggal 31 Maret 2018 pukul 23.59 WIB.

Berhubung bulan Maret ini aku bakal berangkat ke Singapura lagi, boleh banget loh buat kasih rekomendasi tentang tempat lainnya yang wajib aku kunjungi ketika di Changi Airport.