#SebarkanBeritaBaik NGGAK SULIT KOK !

May 13, 2018


Beberapa hari yang lalu nyempetin hadi ke Gedung promoter Polda Metro Jaya untuk mendengar lebih lanjut tentang campaign #SebarkanBeritaBaik yang lagi digalakkan oleh bapak dan ibu kepolisian.

Bukan tanpa sebab campaign ini digalakkan. Tentulah banyak alasan mengapa campaign ini harus diketahui masyarakat luas. Karenanya peran kita sebagai Social Media Influencers dan netizen sangat penting. Dimulai dari lingkungan terkecil dulu seperti keluarga.



Pernah ngerasain nggak ketika ada salah satu teman di grup whatsapp yang dengan gampangnya menyebarkan berita hoax dan langsung ditanggapi serius oleh anggota grup lainnya. Memang sudah jadi rahasia umum kalau berita - berita hoax dapat dengan mudah disebarkan oleh oknum yang tak bertanggung jawab. 

Sebagai orang yang terpelajar, jangan asal membagikan berita - berita yang masuk. Saring lah terlebih dahulu apakah berita tersebut layak untuk disebarkan atau tidak. Caranya dengan cek kembali berita yang dibagikan.

Caranya dengan mengecek situs berita tersebut, apakah sudah sesuai dengan panduan penulisan 5W + 1H. Dari mana berita tersebut berasal dan siapa penulisnya.

Kedua, Berita yang benar adalah berita yang disuguhi dengan konten yang baik. Dilengkapi dengan foto - foto yang jelas dan tidak sebisa mungkin tidak terdapat typo. Oh ya untuk situsnya juga biasanya dari situs resmi menggunakan tld. 

Ketiga, bandingkan berita tersebut pada situs berita online lainnya. Dan jangan mudah terpercaya dengan judul berita.

#SebarkanBeritaBaik itu nggak sulit kok. Asalkan kita lebih teliti untuk mengecek kembali berita yang akan dibagikan. Tangkal hoax dengan tidak ikutan membagikan konten yang tidak bermanfaat.

By the way untuk semua social media dan netizen, kapolda lagi ngadain acara Citizen Journalism Social Media Competition. Jangan Lupa ikutan yah. Untuk info lebih lengkap coba ditengok pada poster dibawah ini deh.


Hadiahnya bikin mupeng kan. Nah saatnya kita untuk #SebarkanBeritaBaik dengan konten - konten bermanfaat yang kita buat. Semangat semuanya untuk menghasilkan konten terbaik.

You Might Also Like

6 komentar

  1. Sekarang orang-orang lebih memilih jadi yang pertama menyebarkan informasi ketimbang jadi penyebar informasi benar.
    Yuk #sebarkanberitabaik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu!!!!
      Pada pengen jadi yang pertama untuk berbagi informasi (tanpa di kroscek terlebih dahulu itu informasinya) sediiih. That's why #SebarkanBeritaBaik itu dimulai dari diri sendiri dengan melakukan pengecekan keabsahan berita tersebut.

      Delete
  2. #SebarkanBeritaBaik untuk menjaga NKRI. Dimulai dari diri kita sendiri. Hoax cukup sampai di kita saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeeees!!! totally right!!
      Yuk #SebarkanBeritaBaik

      Delete
  3. Setuju banget. Terlalu banyak konten receh terkait hoax yg bikin org jd salah paham. Lagi browsi g hestek nemu tulisan ini. Keep inspiring ya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes !!! makin marak konten HOAX di timeline bikin kesel.
      Btw terima kasih sudah mampir yah mbak.

      Delete