“Kakak Raisa kalau lagi nggak ada penerbangan, biasanya ngapain aja di Jakarta ?”
Pertanyaan di atas sering banget aku dapati via direct message Instagram.

Sebagian kalian mungkin tahu kalau aku lebih sering berada di luar kota dibanding stay di ibukota. Alasannya sih karena sampai akhir 2019, jadwal penerbanganku sudah tertata rapi. 

Well, kalau sedang stay di Jakarta aku biasanya menghabiskan waktu malamku di jalanan. Aku suka banget sama suasana malam di ibukota. Lampu jalanan yang terang menderang menghias ibukota, jalanan yang mulai lenggang jika semakin malam, dan jembatan dengan sinar warna - warni yang menambah kecantikan wajah ibukota.
Ya ibukota terus berbenah dengan pembangunan yang semakin baik.

Bagiku life begins at night. Banyak banget kegiatan yang bisa kulakukan saat malam hari, entah itu motret, karaokean sampai windows shopping di mal hingga larut malam.
Aktifitas itu sering banget aku lakukan baik sendirian ataupun bareng teman - teman.

Cuma satu hal yang bikin aku harus aware saat hunting foto di malam hari, yakni harus ngejaga kamera yang dibawa dan sebisa mungkin terlihat tidak mencolok! Kan bahaya kalau jadi incaran perampok. Salah satu alasan aku sekarang berpaling potret - potret dengan handphone yah karna itu. Aku tak mau terlihat mencolok dengan kamera yang punya lensa super panjang.

Nah, berhubung kemarin aku baru aja balik dari Sumba. Sekalian deh aku mau cerita gimana pengalamanku selama pakai OPPO F11 saat traveling di Sumba hingga saat hunting foto malam di Jakarta. 


OPPO F11 ini sudah rame banget seliweran di Instagramku. Apalagi untuk hasil foto - foto malam yang banyak kali diupload oleh teman - teman selebgram.
Desain OPPO F11 ini bergradasi dengan dua pilihan warna yakni fluorite puple dan marble green. Lewat tampilan yang berbeda dari biasanya, OPPO F11 ini tampilan warnanya lebih nyata.

Kalau ngomongin ukuran, OPPO F11 ini berdimensi 6.53 inci dengan rasio aspek 19.5:9, dengan resolusi FHD+ dan rasio layar ke badan sebesar 90.7%. Ini sih puas banget kalau dipake buat nonton drama korea atau main mobile legend di handphone.
OPPO F11 ini masih menerapkan model layar waterdroop screen 6.53 inch dan dilindungi Corning Gorilla Glass.


Walaupun chargernya bukan type C, tapi OPPO F11 ini sudah ada teknologi fast charging pada VOOC 3.0 Flash Charge. Jadinya durasi pengisian daya lebih singkat. Kurang lebih 20 menit saja, handphone yang di charger sudah bisa full. Lumayan kan, bisa hemat listrik. Oh ya OPPO F11 ini juga didukung baterai besar yang berkapasitas 4.020mAH.

Untuk aku yang sering banget simpan file di handphone, OPPO F11 ini pas banget jadi pilihan karena OPPO F11 disokong RAM 4GB dan ROM 128GB. Terus juga dilengkapi sama slot memori (microSD) hingga kapasitas maksimal 256 GB. Lumayanlah kan buat nyimpenin video youtube Atta Halilintar *AH SYIAAAAP!!!!*.

Terus terus kamera OPPO F11 ini gimana ?
Jujur saja, hal utama yang aku liat saat membeli sebuah hadnphone selain ROM dan RAM pasti kamera. Kamera jadi poin penting juga untuk memutuskan beli handphone baru atau enggak. 

Apalagi untuk aku yang demen travelling, walaupun memang biasanya aku selalu bawa kamera DSLR dan Mirrorless ketika travelling, tapi tetap saja untuk membidik momen dengan cepat, kamera smartphone tetap jadi pilihanku. Nah kebetulan banget pas kemarin traveling ke Sumba aku bawa OPPO F11 ini.





Coba deh kalian tengok dulu hasil jepretan ketika di Sumba.
FYI foto diambil saat siang hari. Aku nggak sempat untuk potret malam hari di Sumba karena kita tinggal di desa yang benar benar minim cahaya bangeeeet (alias gelap gulita). Jadi foto - foto saat malam hari aku cobain ketika sampai di Jakarta.

Let me tell you tentang kamera OPPO F11.
Oppo F11 ini dilengkapi kamera belakang ganda beresolusi 48MP +5MP dengan lensa 6P dan bukaan lensa f/1.79. That’s why hasil gambarnya jernih banget karena berkualitas 48MP. Makanya walaupun minim cahaya juga, hasil jepretan tetap sempurna (coba deh liat lihat gambar mbak cantik yang pake baju pantai warna pink).




Ternyata nih ya saat potret malam hari itu, OPPO F11 ini menggunakan teknologi Ultra Night Mode dan Dazzle Color Mode. Jadi kemampuan OPPO F11 ini bisa mengenali 23 jenis pemandangan.


Nah kalau tadi ngomongin kamera belakang, lantas bagaimana kamera depan OPPO F11 ? Apakah sekece kamera belakangnya juga ?


Absolutely yes! Seakan tidak mau kalah sama kualitas kamera belakang, OPPO F11 ini punya kamera depan beresolusi 16 MP dan didukung AI Beauty 2.1 yang bisa mengidentifikasi wajah dan yes mengaplikasikan fitur - fitur cantik secara otomatis (atau bisa diatur sesuai kebutuhan). Jadi yah buat ciwi-ciwi yang nggak pede sama penampilannya (karena jerawatan, wajah berminyak, wajah gundah gulana) pokoknya jangan khawatir. Kalau selfie pake kamera depan OPPO F11 otomatis cantik. 

Selain kamera yang super canggih, fitur canggih apalagi yang ada di OPPO F11 ?
OPPO mengembangkan Hyper Boost. Sebuah sistem peningkatan performa yang berfungsi meningkatkan kepuasaan pengguna selama menggunakan handphone OPPO F11. 



Gimana - gimana udah sedikit banyak tahu lah ya sama fitur - fitur yang ada di OPPO F11 kan. Teruus harganya berapa nih kakak Raisa ?
Harga satu buah smartphone OPPO F11 ini masih sangat affordable banget dengan fitur - fitur yang oke punya. Harganya dibanderol IDR 3.999.000. 

Semenjak hunting foto siang dan malam hari dengan OPPO F11, saya jadi nggak perlu repot repot lagi bawa kamera terus gonta ganti lensa. Terima kasih OPPO F11.
Next hunting foto dimana lagi yah ? Mungkin hunting foto di India seru nih!!!

Untuk info lengkap mengenai handphone OPPO F11 bisa kamu lihat di https://www.oppo.com/id/smartphone-f11/