Momen mudik selalu jadi momen yang ditunggu - tunggu oleh anak rantau. Kerinduan akan kampung halaman tercinta dan juga rindu akan aroma masakan ibuk di rumah. Akupun begitu, anak rantau yang rindu akan momen mudik.

Sudah empat tahun merantau di ibukota demi menyelesaikan pendidikan hingga akhirnya sekarang berkarir di ibukota. Kota gemerlap lampu warna warni yang selalu jadi harapan bagi perantau untuk mengais rezeki.

By the way teman - teman disini sudah pada mudik ke kampung halaman nggak ? atau mungkin udah daftar buat ikutan mudik gratis bareng Kemenhub.

Kemenhub setiap tahunnya selalu menyediakan mudik gratis untuk perantau khususnya yang tinggal merantau ke Pulau Jawa. Baik itu program mudik gratis menggunakan kapal laut, bus, hingga kereta api.  



Harapannya supaya semua pemudik menggunakan moda transportasi yang layak demi keselamatan. Karena mudik dengan kendaraan roda dua, resikonya sangat banyak. Saking pedulinya sama perantau, Kemenhub dan kemenkes bekerjasama untuk menyediakan pos - pos kesehatan yang memadai.

Beberapa waktu lalu aku berkesempatan untuk dateng langsung ketemu pak Menhub. Acara Ngobrol Bareng Menhub ini selain dihadiri oleh Blogger dan Vlogger, ternyata dihadiri juga oleh pihak - pihak yang bekerja dibidang transportasi Indonesia. Ada pilot, masinis, hingga nahkoda. Semuanya hadir di acara Ngobrol Bareng Menhub.



Dari obrolan bersama pak Menhub kemarin, berikut aku bagikan Tips Mudik Asyik dan Lancar.
Pertama, Pastikan keamanan kendaraan yang akan digunakan.
Khususnya untuk pemudik yang menggunakan mobil pribadi untuk mudik. Keamanan bisa di cek dari Ban mobil, Mesin hingga rem dan kopling. Jangan sampai menyepelekannya. Karena walaupun mudik dengan kendaraan pribadi harus tetap aware pada keamanan dan kenyamanan.

Kedua, Istirahat yang cukup.
Untuk pemudik yang bertugas untuk menyetir kendaraan sendiri, usahakan untuk istirahat yang cukup. Bahkan jika merasa kantuk atau lelah, silakan untuk melipir ke rest area terdekat. Jangan dipaksakan karna bisa menimbulkan kecelakaan dalam perjalanan nantinya.

Ketiga, Bawa Barang Secukupnya.
Perlu diingat momen mudik itu adalah momen kumpul keluarga, bukan momen pindah rumah. Jadi bawalah barang secukupnya.

Jangan bawa barang sampai bertumpuk - tumpuk begini yah.
Keempat, Patuhi Peraturan Lalu Lintas.
Walaupun mudik dengan kendaraan pribadi, bukan berarti bisa lalai dalam berkendara. Karena pengendara yang baik adalah pengendara yang tahu akan rambu - rambu lalu lintas.

Kelima, Selalu bawa kartu identitas dan kelengkapan surat mengemudi.
Hal penting lainnya yang harus disiapkan adalah dokumen - dokumen perjalanan seperti KTP, SIM, dan STNK. Jangan sampai momen mudik jadi kacau karena kena tilang hehehe.

Jadi udah pada siap - siap mudik beluuum ?
Titip salam untuk keluarga di kampung halaman yah.