Kalian semua pasti tau kalau aku tuh nggak pernah bisa jauh dari laptop. Bahkan saat liburan pun laptop selalu aku bawa kemana-mana. Sampai teman-temanku suka bilang gini “heh kita lagi liburan nih. Tinggalin dulu sih laptopnya”. Bukan sekali dua kali aku kena tegor begitu sama teman ngetripku. Tapi udah sering (((sering))) banget.


Perkenalanku dengan laptop terjadi sekitar lima belas tahun lalu. Lahir di keluarga yang melek digital, membuatku langsung jatuh cinta dengan kecanggihan komputer yang bisa dibawa kemana-mana ini. Belum lagi dengan adanya laptop ini sangat mempermudah pekerjaanku, mulai dari menulis skripsi, storyline, bahkan untuk menyimpan foto-foto kala liburan.

Andai laptop ini bernyawa, mungkin ia kekasih yang paling setia.


Laptop putih ini sudah menemani perjalananku belasan tahun. Dari mulai masih jadi mahasiswa hingga sudah jadi mbak-mbak kantoran. Banyak banget momen bahagia hingga haru bersama laptop ini. Pernah suatu kali aku mendapati laptopku ini penuh dengan virus yang membuat sebagian file skripsi yang ada di laptop tidak terbaca. Nasib baiknya saat itu aku membuat salinan skripsi di google drive sehingga skripsiku bisa terselamatkan.

Nah, penyebab laptopku ini virusan tak lain karna sering mindahin data dari laptop ke flashdisk, tanpa di scan terlebih dahulu. Ya jadilah itu laptop pernah jadi sarang virus. Belum lagi jaman masih jadi mahasiswa ya demennya yang gratisan. Cuma modal internet gratisan di kampus terus download anti virus yang geratisan lagi. Jadilah laptopku tak bisa menghajar virus dengan sempurna.


For your info nih gengs, memang banyak banget antivirus diluar sana yang membagikan fiturnya secara gratis. But trust me, semua fitur yang mereka bagikan tidaklah bisa dipakai semua kecuali kamu udah bayar full. Baru deh bisa menikmati semua fiturnya untuk menghajar virus-virus yang melahap data-data pentingmu. 

Kalian tau nggak kalau setiap menit selalu ada 244 malware yang terdeteksi! apalagi kalau sampai virus ransomware yang mampir di laptopmu. Virus ini sangat berbahaya karna bisa merusak data penggunanya. Biasanya kalau laptop kita sudah terkena virus ransomware, file yang ada di laptop jadi nggak bisa kebuka. Honestly aku seringkali mengalaminya. Dan bikin pusing tujuh keliling.

Untung aku punya beberapa teman karib yang mengerti tentang seluk beluk dunia IT. Dari mereka jugalah aku direkomendasikan untuk menggunakan McAfee. McAfee sendiri punya dua produk yang berbeda. Pertama ada McAfee internet security dan McAfee Total Protection. Keduanya punya keunggulan masing-masing.
  • McAfee Internet Security dirancang khusus untuk menangkal virus. Jadi sebagai perlindungan dari virus dan segala ancaman untuk komputer kalian.
  • McAfee Total Protection dirancang untuk keamanan yang memadukan teknologi enkripsi untuk memberikan file keamanan data penting kalian.

Kedua produk McAfee ini cocok untuk segala perangkat windows, MAC, dan smartphone android hingga ios. Produk McAfee ini aman untuk digunakan karna sudah ada security anti-thief protection dan password manager untuk keamanan perangkat kalian.

Produk McAfee ini bisa kalian dapatkan dengan mudah karena sudah tersedia di beragam online store seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Blibli, JD.ID dan Bukalapak. Oh ya produk McAfee ini didistribusikan oleh PT Kharisma Inside Mandiri Sejahtera (kharismaworld) sejak 2014 silam. Untuk tahu lebih lanjut tentang PT Kharisma Inside Mandiri Sejahtera (kharismaworld) bisa langsung cek disini yah.

Last but not least, lebih baik mencegah datangnya virus daripada file-file kesayangan hilang. Ya kan! dan jangan lupa untuk selalu backup data kalian lewat cloud, email, maupun google drive.