Perjalanan ke Makassar 15 Juni kemarin rasanya kok panjaaang banget. Aku berangkat dari Palembang pada 14 Juni pukul 6 sore. Kemudian menunggu tim Transmate Journey Makassar lainnya yang baru tiba di Bandara Soekarno Hatta sekitar jam 2:10 pagi.

Aseli deh aku udah mati gaya di transit area buat langsung check-in. Bahkan aku udah tidur dengan beragam gaya di kursi bandara yang lumayan bikin pinggang pegel ๐Ÿ˜†.

Akhirnya setelah penantian yang cukup lama, tim Transmate Journey Makassar lengkap juga. Let me tell you "Last Team for Journey".
Andrew, cowok berkacamata yang didapuk sebagai ketua tim Makassar ini sekilas mirip Rich Brian kalau diliat dari ketinggian menara ATC. Sebagai ketua, Andrew dituntut untuk bisa satsetsatset, mulai dari nyetir mobil sampe nyetir motor dan juga ngitungin pengeluaran tim Makassar.

Astari, cewek yang sejak tahun 2018 selalu dipanggil dengan nama "Raisa" ini didapuk sebagai navigator saat tim Makassar berkendara dengan mobil. Tadinya mau gantian juga nyetir sama Andrew. Cuma sebagai penyanyi, dia lebih cocok jadi navigator aja sambil menyanyikan lagu di spotify.

Bowo, disclaimer ini bukan Bowo Tiktok. Karena aku bingung buat ngasih nama di story kemaren, jadilah aku tulis aja Bowo Tiktok. Dan respon followersku pada nanyain "Ini Bowo Tiktok beneran kak", tentu saja bukan ferguso. Bowo tim Makassar ini cowok dari Lampung yang rambutnya selalu On Point. Pokoknya kita yang cewek-cewek mah kalah cakep rambutnya dibanding Bowo.

Kak Ratri, nah beliau ini sudah makan asam garam kehidupan lebih banyak dari kami bertiga. Kak Ratri Chibi ini tipe karyawan kantoran yang sigap banget. Salut kali aku nengok dedikasi kak Ratri buat kantornya. Selama journey Makassar, foto-foto kak Ratri yang belom siap, selalu jadi moodbooster tim Makassar. Banyak pahala lu kak!.
2:10 am Selfie Pertama di Bandara Soekarno Hatta

Akhirnya sampai di Makassar !
Super Air Jet jadi maskapai pilihan kami untuk membawa kami terbang ke Kota Daeng, landingnya pun mulus banget. Yuk kita liat gimana kemajuan transportasi di Makassar.

Trans Mamminasata
Makassar juga punya armada teman bus yang kalo di kota Daeng ini namanya Trans Mamminasata. Harus aku acungi jempol untuk kesadaran warga masyarakat yang rame banget naik kendaraan umum.
Trans Mamminasata ini masih gratis sampai akhir tahun 2022. Jadi kalau mau naik Trans Mamminasata cukup download aplikasi teman bus di app store maupun playstore, kemudian lengkapi profil, dan tinggal scan aja setiap mau naik Trans Mamminasata.

Trans Mamminasata ini melayani 4 koridor, antara lain.
๐Ÿšฉ Koridor 1, Mal Panakkukang-Pelabuhan Galesong
๐Ÿšฉ Koridor 2, Mal Panakkukang-Bandara Internasional Sultan Hasanuddin
๐Ÿšฉ Koridor 3, Kampus 2 PNUP-Kampus 2 PIP
๐ŸšฉKoridor 4, Kampus Teknik Unhas Gowa-Mal Panakkukang

DAMRI
Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia atau biasa dikenal DAMRI ini dibentuk berdasarkan maklumat kementrian perhubungan RI pada 25 November 1946. Bisa dibilang DAMRI adalah transportasi paling lama yang masih eksis sampai saat ini. Karena memang peminatnya masih sangat banyak. Belum lagi Bus Damri sekarang sudah bersolek, tampilannya makin bagus dengan fasilitas yang sangat baik. Nah di Makassar sendiri, selain  mengangkut penumpang dari dan ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, DAMRI juga jadi pilihan warga Makassar untuk ke Sinjai dan beragam kota lainnya yang ada dalam trayek Damri. Salut banget sama penumpang yang masih setia naik Damri sampe sekarang.

Kereta Api Trans Sulawesi
Akhirnya Sulawesi punya kereta api!!!. Pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi ini untuk mempermudah transportasi warga yang berada di pelosok dan bertujuan untuk menghubungkan daerah-daerah penting di Pulau Sulawesi.
Berasa lagi di Jerman gitu kalo liat desain besi-besi di atas.

Saat kunjungan kami pada Transmate Journey Makassar kemarin, sayangnya kami belum melihat bentuk fisik keretanya, karena kebetulan keretanya ada di Barru. Sedangkan posisi kami pada saat itu di Maros.

Jadilah kami hanya berkeliling Depo dan melihat langsung progress pembangunan stasiunnya. Dari info yang kami dapatkan, pembangunannya sudah 71 kilometer dan target selesai pembangunan pada Oktober 2022. Kita doakan supaya cepat kelar dengan hasil yang terbaik tentunya.
Pict from Andrew

Dengan adanya kereta api trans sulawesi bakal ngebuat perekonomian lebih maju dan juga pariwisata meningkat. Apalagi stasiun Ramang-Ramang juga hampir selesai. Nantinya bakalan banyak pengunjung yang mampir ke Ramang-Ramang.

Seneng deh liat tranportasi di Makassar yang makin maju. Terima kasih banyak buat Pak Menteri Budi Karya dan semua pihak yang sudah mendukung makin rapinya transportasi di Indonesia, salah satunya di Sulawesi.

Mari Ki ke Kota Daeng !!!
Pssst bakalan ada cerita seru lainnya ke tempat-tempat yang Tim Transmate Journey selama di Makassar kemaren. Pantengin terus blog ini yah.