Berulang kali terbang ke Malaysia, belum pernah saya menyaksikan satupun event yang digelar oleh Kementrian Pariwisata setempat. Padahal dalam setahun, minimal ada lima stempel imigrasi Malaysia yang udah nempel rapi dihalaman paspor berwarna hijau dengan tebal empat puluh delapan halaman.

Kemarin ada yang nanya gini,
“Tari kok sering banget bolak – balik ke Malaysia?”
“Soalnya disana ada orang yang saya sayang” (keluargaaaa sayaaaa lhooo yaaa!)
Kunjungan saya ke Malaysia kali ini untuk ketemu mantan gebetan mengikuti rangkaian acara Eat Travel Write (ETW) yang diadakan oleh famous travel magazine Malaysia, GAYA TRAVEL.

Salah satu rangkaian kegiatan eat travel write kali ini ialah melihat langsung “CITRAWARNA KUALA LUMPUR 2016”. 

Sama seperti negara lainnya, Malaysia juga memiliki karnaval yang selalu ditunggu - tunggu "CITRAWARNA". Lucky me!! bisa ngeliat event ini secara langsung dengan posisi duduk yang strategis (yah walau akhirnya, adaaa ajaaa yang rusuh maju maju kedepan saking excitednya mau motret).

Event tahunan yang diadakan oleh Ministry of Tourism and Culture Malaysia ini digelar selama dua hari berturut – turut, mulai tanggal 24 – 25 September 2016.

Peresmian oleh YB dato’ seri Mohamed Nazri Abdul Aziz.
Oh ya event citrawarna ini adalah event tahunan yang ada di Malaysia. 
Lokasi perhelatan akbar event ini adalah Dataran Merdeka, Kuala Lumpur yang letaknya sangat strategis dan mudah dijangkau dengan transportasi apapun.
Digelar pertama kali pada tahun 1999, Citrawarna dikenal sebagai “Colours of Malaysia”.

Pengalaman jadi media di negeri lain. 


Kalau biasanya ikut acara kementrian - kementrian yang ada di Indonesia, kali ini mendapat kesempatan untuk menjadi bagian dari event kementrian negeri tetangga.

Konsep “Myth and Folklore” pada citrawarna ini membuat saya menjadi tahu banyak cerita rakyat dan legenda yang berkembang di beberapa negeri di Malaysia.
Setidaknya ada tiga belas cerita rakyat dari masing – masing negeri di Malaysia
1. Kedah – Hikayat merong Mahawangsa
2. Pahang – lagenda Tasik Chini
3. Selangor – Upu Chendera
4. Negeri Sembilan – Misteri lata Kijang
5. Johor – Lagenda Puteri Gunung Ledang
6. Terengganu – Lagenda Bukit Puteri
7. Melaka – Hang Tuah
8. Perlis - Jentayu
9. Kelantan – Cik Siti Wan Kembang
10. Pulau Pinang - Pertemuan
11. Perak – Cempaka Sari
12. Sabah - Huminodun
13. Sarawak – Tugau







Ditambah dengan lima pertunjukkan budaya dari masyarakat multiras yang ada di Malaysia
1. Cina – Tarian Bunga Teratai
2. India dan Sikh – Tarian Klasikal & Bangra
3. Orang Asli – Sawai
4. Siam – Raja Naga
5. Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur – Cuti Cuti Malaysia & Mega Sales

Seribu penari dari masing – masing negeri ini perform dengan sempurna! Total banget pokoknya !!!. Karena persembahan terbaik akan membawa pulang hadiah uang tunai yang lumaaaaayaaaan bangeeet daaaan Sabah berhasil membawa RM 8000 sebagai juara pertama, kemudian Perak sebagai juara kedua dengan hadiah RM 5000, serta Johor yang membawa RM 3000 sebagai hadiah ketiga.
*INFO NGGAK PENTING ! 
Kalau di convert ke mata uang Indonesia, juara pertama Rp 25.152K , juara kedua Rp 15.714K, dan juara ketiga Rp 9.428K

Kesan saya melihat event citrawarna ini sungguh megah, menyenangkan dan memikat! Siapa coba yang tidak terpikat dengan warna – warni kostum penari ditambah koreografi yang bagus. Belum lagi megahnya area perhelatan akbar citrawarna yang sukses menyita perhatian semua penonton.

Kalau boleh jujur sih, saya lebih milih untuk merekam semua keindahan acara ini lewat kedua mata saja. Karena mata adalah kamera terbaik yang menangkap segalanya. Natural dan tanpa manipulasi. Tapi karena saya memang gadis yang baik hati dan suka berbagi, that’s why ada artikel dan foto – foto kemeriahan citrawarna 2016. Biar kalian yang tidak bisa hadir disana, bisa ikut merasakan kemeriahan acaranya juga. Kurang baik apa coba gadis manis ini.


Nih saya kasih bonus, Blogger Bujang yang available! silakan dipilih!

Satu hal yang bikin saya kagum sama negeri Malaysia ini, yakni kesiapan mereka dalam mencreate suatu event mulai dari kordinasi acara meliputi panggung, sound system, hingga keamanan selama acara. Kemudian juga support dari public transportasi yang ada disana selama event berlangsung! KTM dan LRT beroperasi sampai pukul 01.00 am. Sepele sih tapi sangat berarti bagi pelancong dari berbagai negara yang mengandalkan public transportation selama traveling.

Can’t wait CITRAWARNA 2017 !!!

Indonesian Bloggers
Eat Travel Write, Media and Bloggers

Perjalanan ini adalah rangkaian kegiatan EAT TRAVEL WRITE dari Gaya Travel Magazine, Ministry of Tourism and Culture Malaysia (MOTAC) dan Tourism Malaysia. 
Saya dan teman – teman media serta blogger mengeksplor beberapa tempat wisata di Kuala Lumpur.