Kalau kamu suka menyanyi, menyanyilah.
Kalau kamu suka menulis, menulislah.⁣
Kalau kamu suka wirausaha, berwirausahalah,⁣
Cintai pekerjaan yang kamu suka. Maka kamu akan mengerjakannya dengan bahagia.

Beberapa hari lalu aku bertemu dengan sembilan anak muda dengan karya yang sangat kreatif dan kaya akan nilai jual. Usia mereka mungkin lebih senior dibanding usiaku atau mungkin malah seusiaku. Tapi nggak menutup kemungkinan juga bila usia mereka lebih muda dari usiaku.

Pertemuanku dengan sembilan jawara #AsliJago beberapa hari lalu, bikin semangatku untuk berwirausaha bangkit lagi. Mungkin sebagian teman - teman disini sudah tau kalau aku seorang travel blogger yang juga punya bisnis dekorasi untuk acara bridal shower dan nikahan.


Sayangnya usaha yang aku jalani bersama seorang temanku harus aku stop dulu. Karena kesibukan kami masing - masing, ditambah juga jam terbangku untuk pindah dari satu kota ke kota lain sangat padat. Jadilah kami gantungkan terlebih dahulu usaha dekorasi kami yang kalau dihitung, untuk satu kali handle klien, omsetnya sangat lumayan.


Ngomong - ngomong kalian disini sudah pernah dengar tentang #AsliJago?
Jadi #AsliJago adalah sebuah kompetisi kreatif di instagram bertema ‘Buktikan Bisnismu’ yang berhadiah total ratusan juta rupiah. Jadi kompetisi ini juga untuk memeriahkan tahun baru 2019.



Kompetisi #AsliJago ini digawangi oleh XL Business Solutions yang mengajak pelaku industri kreatif Indonesia untuk menunjukkan partisipasinya terhadap perkembangan bisnis kreatif dengan syarat harus membuat usaha kreatif yang sudah berjalan menjadi besar.


Sektor industri kreatif sendiri yang dilombakan pada kompetisi #AsliJago beraneka ragam, mulai dari Kuliner, otomotif, Teknologi, Event Organizer, Foto dan Video, Travel, Kesenian, Fashion, Teknologi, dan E Commerce.
Dari total 700an submissions, didapatlah 9 orang terpilih yang menjadi jawara dari berbagai bidang industri kreatif yang dilombakan ini.
Berikut sembilan orang terpilih :
  1. Pemenang Art - @Gulaliku
  2. Pemenang Event Organizer - @lalamarket.id
  3. Pemenang Travel - @pukucamper
  4. Pemenang Teknologi - @prohr.id
  5. Pemenang Foto & Videography - @socialkreatif
  6. Pemenang Fashion - @bitsandbobs.id
  7. Pemenang Otomotif - @vespapaintart
  8. Pemenang E Commerce - @kunanta
  9. Pemenang Food - @sushikita.



Dari ke sembilan nama diatas, produk yang ditawarkan @pukucamper yang menarik minatku (yha apalagi sebagai traveler). Konsep sewa Van yang ditawarkan teman - teman PukuCamper ini lain dari yang lain. Kalau kalian yang sering jalan ke Bali pasti sudah pahamlah di Bali mayoritas menyewakan kendaraan roda dua mulai dari yang matic, manual, hingga kendaraan roda 2 moge (motor gede).


Sedangkan untuk sewa van ? hmmm aku rasa pukucamper pionirnya. Apalagi untuk traveler yang demen camping dan surfing, Van is always a good idea. Unforgettable weekend getaway dengan orang - orang tersayang pasti asyik banget dong.

Untuk masalah koneksi selama travelling jangan khawatir! Apalagi kalau sedang mampir ke Bali. Peranan kualitas jaringan XL stabil dan setia menemani perjalanan keliling Bali dengan sewa @pukucamper.
Btw nggak ada kata terlambat untuk memulai bisnis.
Teman - teman yang seusiaku (20an), jangan takut menciptakan peluang sendiri untuk jadi wirausaha.  Apalagi banyak banget kesempatan untuk mencoba peruntungan di industri kreatif Indonesia yang notabene diisi oleh anak - anak muda.


Yuk kalau nexttime XL ngadain kompetisi #AsliJago lagi jangan lupa ikutan yah. Rajin - rajin cek Website dan Instagram XL yah.