Wonderful Indonesia : Ada Cinta di Raja Ampat

Raja Ampat
Keindahan alam Raja Ampat, Kebudayaan Lokal, dan Kearifan Lokal


pict by littlenomadid
Berbahagialah putra putri Indonesia, kita lahir di negeri yang kaya ini. Keindahan alam, kebudayaan lokal, hingga kearifan lokal. Indonesia, tanah air beta. Negeri yang begitu kaya dan selalu membuat sirik Negara lain. Betapa tidak, sumber daya alam terbaik dimiliki Indonesia. Karna itulah, jaga baik – baik negeri kita tercinta ini.

Destinasi wisata yang saat ini gencar gencarnya menarik minat wisatawan lokal maupun wisatawan internasional untuk berkunjung kesana. Entah hanya untuk membuktikan keindahannya, hingga diving melihat alam bawah laut surga terumbu karang. Bahkan kekayaan biota lautnya menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup bagi koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Prestasi yang sangat membanggakan bagi Indonesia.


pict by pindito

Berbicara tentang Raja Ampat, rasanya tak habis habisnya berdecak kagum. Melihat foto teman – teman travelers yang sudah berkunjung kesana. Hingga sirik membaca blog mereka. Bahkan ketika bertemu seorang teman wanita yang berkebangsaan Belanda, dia rela meninggalkan pekerjaannya untuk sementara waktu. Demi berkeliling Indonesia dan tentunya mengunjungi RajaAmpat. Perasaan sedih yang mendalam karena sebagai Puteri Indonesia dan 20 tahun tinggal di Indonesia belum pernah menceburkan diri kesana.
pict by ameliaahidayat
Kekecewaan yang terus berlanjut karena dana yang belum mencukupi untuk berkunjung kesana. Ditambah lagi Sail Raja Ampat yang sukses digelar 23 Agustus lalu. Saya belum bisa menyaksikannya secara langsung.
“Dreams, Believe and Make it Happen”Hal itu juga berlaku dalam kehidupan saya.
“Bermimpilah, Berusahalah, maka semesta akan mendukungmu”.
Semua itu dimulai dari mimpi. Percayalah.
pict by okezone.com
Berwisata ke Raja Ampat
Seandainya saya diberikan kesempatan untuk berwisata ke Raja Ampat.
Entah tahun ini, tahun depan, atau tahun – tahun mendatang.
Banyak sekali hal menyenangkan yang bisa saya lakukan ketika menjejakkan kaki di mutiara hitam Indonesia itu. Bahkan rasa cinta akan tumbuh dengan cepatnya di Bumi Papua.


√ Cinta karena Menikmati Keindahan Alam Raja Ampat

Keindahan alam Raja Ampat dapat dinikmati dari berbagai sudut pandang. Mulai dari atas bukit hingga bawah lautnya. Surga bawah laut Raja Ampat yang menjadi pusat kehidupan biota laut serta terumbu karang yang rasanya tak habis untuk diselami para pecinta diving. Ditambah lagi pemandangan Raja Ampat dari atas bukit dengan perjuangan untuk menaiki bukitnya dan medapatkan bayaran yang setimpal akan keindahan Bumi Papua ini.

pict by littlenomadid
Keindahan alam Raja Ampat juga seakan menarik pecinta bawah laut dari seluruh dunia untuk menyelaminya. Betapa bahagianya saya, ketika menyelami keindahan bawah laut Raja Ampat sembari menyapa hewan – hewan bawah laut yang hilir mudik seakan menyambut tamu yang datang. Menjelajahi pulau dengan perahu serta menjelajahi gua kelawar menjadi daya tarik saya jika berwisata kesana.


√ Cinta untuk Mempelajari Kebudayaan Lokal

Tempat dimana hal – hal unik dapat anda temukan di Zamrud Khatulistiwa. Negeri yang kaya akan kebudayaan lokal. Bayangkan saja, kurang lebih 350 etnis suku dengan 483 bahasa dan budaya yang berbeda hidup berdampingan secara harmonis. 
pict by sindonews
Kebudayaan masyarakat Papua pasti berbeda dengan Kebudayaan masyarakat Sunda. Rasanya saya ingin diajarkan kebudayaan lokal, entah itu membuat patung kayu seperti yang dilakukan pengrajin Asmat hingga membuat koteka.



√ Cinta dan Menghormati Kearifan Lokal

   Berada di Indonesia bagian Timur selalu membuat saya bahagia. Melihat senyum
   dari masayarakat lokal yang menerima kedatangan saya disana dengan baik. Hingga berbagi makanan ataupun permen dengan mereka. Hal yang ingin saya lakukan disana ialah bernyanyi bersama masyarakat lokal hingga bercanda gurau bersama. Banyak yang mengatakan kalo ke Indonesia Timur harus hati – hati. Karena orang disana menyeramkan. Ya, saya ingin membuktikannya ketika saya menginjakkan kaki disana. Karena saya yakin dibalik wajah menyeramkan itu terdapat senyuman malaikat.
pict by simplyindonesia
Kegiatan lain yang akan saya lakukan ketika saya berwisata ke Raja Ampat ialah Memotret dan Menulis. Keindahan alam Raja Ampat sebagai surga bawah laut sangat sayang dilewatkan. Mengabadikan setiap sudut keindahan alam dengan lensa kamera menjadi hal yang harus dilakukan. Ditambah lagi menuliskan keindahan alam Raja Ampat dalam sebuah catatan perjalanan yang kemudian akan dipublikasikan sehingga semua orang bisa melihat Raja Ampat walau hanya lewat tulisan dan foto. Karena Indonesia itu indah. Dan banyak cinta yang nantinya saya temukan di Raja Ampat. 

Mari Lukis Indonesia dengan lensa dan Kata. Karena karya tidak akan pernah mati lewat tulisan dan foto.

*tulisan ini diikutsertakan dalam Blogging Kontest Indonesia.Travel




0 komentar:

Post a Comment