Pesona Tiada Tara Pariwisata Indonesia

“Hi ! where you from ?”
“I’m from Indonesia”
“Oh, Indonesia, Bali. I really love your country”
“Thank you. We have many beautiful places, not only Bali”
Percakapan singkat antara aku dan perempuan asal India, ketika sedang menunggu Rapid di Penang.

Sawah Spiderman, Flores.
Lantas, Banggakah menjadi Warga Negara indonesia ?
Aku bangga menjadi Warga Negara Indonesia.
Negeri yang kaya akan tempat – tempat eksotis nan indah, kebudayaan dan kearifan lokal, hasil sumber daya alam yang melimpah, hingga aneka makanan lezat yang menggoyang lidah.

Bagaimana dengan Pariwisata Indonesia ?
Jangan ditanya lagi. Pertumbuhan wisatawan asing yang berlibur ke Indonesiaa, grafiknya semakin meningkat tiap tahun. Tanda bahwa pariwisata Indonesia sangat baik.

Tak salah memang, Indonesia menjadi pilihan wisatawan asing untuk berlibur dan melepas penat dari hiruk pikuk negara mereka. Indonesia punya banyak tempat wisata yang indah bak surga, biaya travelling di Indonesia relative murah, serta ramahnya warga Indonesia pada wisatawan asing khususnya pada bule ganteng menjadi nilai plus Pariwisata Indonesia.

Wisata Indonesia juga beragam, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner. Gunung – gunung yang berdiri kokoh, pantai – pantai indah dengan deratan pohon kelapa yang nyiur, hingga goa – goa dengan stalaktit dan stalagmit yang memukau. Belum lagi pesona bawah laut Indonesia Timur bak surga kehidupan makhluk air.

Goa Sioyot, Jogjakarta
Pink Beach, Komodo
Puncak Sikunir, Dieng
Pesona Tiada Tara Pariwisata Indonesia.

Tak habis memang membahas pariwisata Indonesia dengan jutaan keindahannya.
Lalu, bagaimana impianku terhadap Wisata Indonesia ??
Banyak hal yang membuatku bahagia akan majunya wisata Indonesia, tapi ada juga beberapa hal yang membuatku patah hati pada wisata Indonesia.
“ketika seorang bule tidak memperbolehkan kapal yang kami tumpangi merapat ke Pulau Kanawa. Percekcokan mulut antara Nahkoda kapal dan Bule berlangsung sengit. Hingga akhirnya kami memilih meninggalkan pulau itu tanpa menjejakkan kaki disana.”

LOB menuju Pulau Komodo.
Sedih dan kecewa dengan perlakuan tersebut. Sakit rasanya diusir dari pulau yang ada di negara sendiri. Mereka bule loh, bukan Warga lokal. Hingga akhirnya nahkoda meminta maaf kepada kami, dan berjanji akan segera melaporkan kejadian tadi pada dinas pariwisata setempat.
“Mereka itu enak saja, main usir kita. Untung saya bisa tahan emosi. Kalau tidak sudah saya tabrak itu darmaga nya.” Ungkap Om Ari, nahkoda kami selama LOB Labuan Bajo – Pulau Komodo.

Tahukah anda jika semua yang ada di Indonesia bisa dibeli dengan uang. Bahkan Pulau sekalipun !!!.  
Lihat saja Indonesia Timur, resort – resort yang berjajar disana rata – rata milik warga asing. Sedangkan warga Indonesia menjadi budaknya.
Motif sewa pulau ataupun beli pulau disinyalir dengan beberapa motif, diantaranya warga asing yang menikahi warga lokal lalu membeli ataupun menyewa pulau. Inilah potret miris wajah Pariwisata Indonesia.

Menyapa warga Kampung Wogo Baru, Flores
Hendaknya wisata Indonesia benar benar dikelola dengan baik oleh Dinas Pariwisata setempat dan diawasi oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bahkan kementrian pariwisata bisa menggandeng para Travel Blogger untuk membantu publikasi wisata Indonesia. Khususnya wisata Indonesia yang masih sepi peminatnya, dengan cara memberikan kuota bagi Travel Blogger ditiap kota. Bukan hanya seleb blogger. Selain itu, peningkatan fasilitas ditiap tempat wisata Indonesia seperti toilet maupun musholla serta kemudahan akses bagi wisatwan untuk berkunjung ke lokasi wisata tersebut.

Serta pembuatan booklet pariwisata yang disebarkan di bandara – bandara Indonesia bisa menjadi hal yang dapat dilakukan untuk makin mengenalkan wisata Indonesia. Bahkan orang Indonesia sendiri banyak yang tidak tahu dengan tempat wisata di daerahnya. Ditambah juga dengan menjalin kerjasama antara dinas pariwsata setempat dan agen travel, demi memudahkan wisatawan untuk berkunjung kesana. Gak gampang lho, ngubek – ngubek tempat eksotis di Indonesia. Perlu cucuran keringat dan perjuangan ekstra untuk mendapatkan pemandangan yang indah. Ibarat mencari pendamping hidup, memang perlu perjuangan bro.

Semoga Wisata Indonesia terus diminati pelancong dari berbagai penjuru dunia, dan tak kalah dengan wisata di negara – negara lain. Indonesia itu kaya. Pesona Tiada Tara Pariwisata Indonesia.


Teks & Foto : Astari Ratnadya

62 komentar:

  1. Kak, jujur sekali kamu !!!
    Saluut. Jadi kapan mau ngajak gue LOB kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena ga semuanya indah kak :)
      yook sponsorin aku LOB dong!!

      Delete
  2. "Khususnya wisata Indonesia yang masih sepi peminatnya, dengan cara memberikan kuota bagi Travel Blogger ditiap kota. Bukan hanya seleb blogger." Kutipannya wow hihi

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Bangga banget !!!
      Semoga bisa menikmati keindahan Borneo :)

      Delete
  4. Nah, yang kayak gitu nggak bener :( bule kan cuma numpang di indonesia, harusnya mereka nggak boleh seenaknya ngusir kita sebagai penduduk asli kan? :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini kak. Potret mirirs pariwisata kita. Ketika pulau pulau bisa disewa hikz.

      Delete
  5. Rakyat Indonesia harus lebih banyak belajar bagaimana caranya mempertahankan dan memajukan pesona Indonesia

    ReplyDelete
  6. Selamat ya sudah menjadi pemenang pertama, ceritanya menarik banget kak. Salam... :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo terima kasih ya !!
      Salam kenal kembali :)

      Delete
  7. Good Job :) bangga liat kamu sekarang..

    ReplyDelete
  8. halo, Tari!
    senang lihat tulisanmu yang ini.. :)
    memang harus memberdayakan travel blogger daerah.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Kak Indri !!
      Terimakasih kakak :)
      iyaaag, karena sesungguhnya tiap daerah punya travelblogger yang terpendam. tsaah~

      Delete
  9. Memang ya Tempat seperti ini di indonesia memang banyak sekali, cuman bangsa kita belum tahu semua ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak. Miris ya.
      justru "bule" yang pertama tau tempat eksotis di negeri kita tercinta.

      Delete
  10. Ini tulisan yang bagus ...
    Dan saya semakin kagum ... karena ilustrasi yang dipakai adalah karya sendiri ...
    membuat nilai tulisan ini menjadi berlipat kali lebih tinggi ... (menurut saya)

    (saya suka sebal ... melihat orang yang dengan bangga memajang foto ... tapi ternyata karya orang lain ...)(dan tidak disebut sumbernya)

    Salam saya
    (20/1 : 12)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih om Trainer :)
      Makasih udah mampir ya ^^.
      Doakan untuk terus bisa berkarya lewat lensa dan kata.

      salam.

      Delete
  11. uuhh keceehh mbak astari sampe benar" imuutt item mutlak hehe kce dah travelgirls ini lanjutkan mbak....kayaknya rising star selanjutnya yg udah disiapin negeri jakarta nih mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Angki terlalu jujur nih bilang aku imut :p
      nanti kalo ada kesemoatan mengeksplor Jogja, bersedia jadi guide aku yah mas :)

      Delete
  12. Replies
    1. heyyy makasih omnduut udah mampir.
      Kalo butuh tukang foto ketika liburan, ajak aku aja :) #peromosi

      Delete
  13. Halo Astari, saya suka sama artikel kamu yg satu ini..

    Kita juga ga bisa salahin bule-nya juga. Soalnya bule itu sendiri selain ngembangin usaha resort/apapun di pulau itu, mereka juga turut membuka lapangan kerja utk warga lokal. Dan bahkan mereka juga turut menjaga kelestarian pulau itu.

    Semuanya lagi2 kembali ke SDA orang kita yg masih lemah. Kalo ada saja orang Indo yg mau ambil alih usaha sejak awal, nggak akan kayak gini kan kejadiannya.

    Dan yg saya tangkap dari percakapan kamu dengan si bule adalah:
    Si bule nggak mau pulaunya itu jadi ramai sekali oleh turis2. Dia maunya pulau ini tetap sebagai tempat yg hening buat liburan n istirahat (kali ini saya setuju ama si bule).

    Ya, tapi mau gimana lagi? Orang Indo kebanyakan masih maunya buka usaha hunian di kota2 besar nan sempit kayak apartment-apartment yg sering dipromosikan di TV lokal, ketimbang melirik ke daerah2 potensi wisata.

    "It's not just about the destination, but the journey"

    http://makanangin-travel.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo kak george^^
      Thanks for visiting my blog.
      yesss, ada banyak alasan yang mungkin menyebabkan "bule" tersebut tidak mengizinkan kami untuk singgah ditempatnya :) . Mungkin kami bakal diizinkan kesana jika hendak menginap^^.
      dan memang mayoritas pemilik resort terbaik di Indonesia dipegang oleh bule semua. Semoga Masyarakat Indonesia juga bisa meniru hal hal baik dari mereka, dengan membuka penginapan di kawasan pariwisata, khususnya Indonesia Timur :).

      Delete
  14. Bangga jadi anak Indonesia, hehe. Tapi sedikit catatan berdasarkan pengalaman saya selama ini, Bali sepertinya sudah banyak memberikan kesan buruk bagi wisatawan dari Eropa yang pernah berkunjung kesana. Katanya Bali kotor, tidak tertib, terus (maaf) terlalu banyak wisatawan "Preman". sayang sekali ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proud to be Indonesian !!!.
      Karena Bali memang sudah terlalu ramai dengan wisatawan asing.
      Semoga wajah Bali kembali ceria dengan tingkat "preman" yang kian menurun ya :)

      Delete
    2. Malah Lombok yang saat ini menjadi primadona wisatawan dari Eropa. rata rata bule yang berkunjung ke Indonesia itu mampir ke lombok.

      Delete
    3. iyaps betul sekali NTB dan NTT kak lebih tepatnya, ditambah dengan Maluku :)
      aaah Indonesia begitu kaya dengan tempat tempat yang indah dipandang mata.

      Delete
  15. Bangga menjadi warga Indonesia, di daerah tempat tinggalku, sektor pariwisatanya berkembang sangat lamban... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Arie tinggal dimana tah???
      Yuuuk bangun pariwisatanya, mulai promosiiin daerah wisata disana :)
      Hal besar dimulai dari yang kecil. Ayo jadi duta wisata daerah sendiri ^^.

      Delete
  16. senang bisa jalan2 mengelilingi indonesia..aku jadi kepngn mbak.. :)
    aku juga bangga menjadi warga indonesia.. <3

    ReplyDelete
  17. mantap ka , bisa jalan jalan keliling indo .. next medina kamil trans hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo !!!
      terima kasih sudah mampir :) . amiin.

      Delete
  18. Tapi sedikit catatan berdasarkan pengalaman saya selama ini, Bali sepertinya sudah banyak memberikan kesan buruk bagi wisatawan dari Eropa yang pernah berkunjung kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kira- kira wisatawannya memberi kesan baik gak sama Bali mas ?? selain nambahin devisa negara dan berbikini ria wkwkw~

      Delete
  19. Betul Indonesia itu kaya banget.. jadi kapan kita traveling bareng ? #eaaaaa

    ReplyDelete
  20. Senyumu juga tiada tara kak #Melipir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh emang sih senyumku begitu mempesona hati para pria wkwk.

      Delete
  21. heem... indonesia memang tempat wisata yang tiada habis keindahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeet kak.
      Pesona tiada tara Pariwisata Indonesia.
      Proud to be Indonesian!.

      Delete
  22. Indonesia kaya akan alamnya yang indah, namun benar adanya, oeang indonesia sendiri seperti menjadi budak di negri sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedih yah.
      Yuk kita bangun Indonesia lewat hal - hal ekcil yang positif!!.

      Delete
  23. wuiihh,... itu motifnya yang ijo2 kayak jaring laba2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sawah Lingko di Flores itu kaaak.
      Motifnya emang jaring laba - laba, kalau orang bule nyebutnya spiderweb rice field.

      Delete
  24. Saya tertarik dengan tulisan anda,
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Informasi Pariwisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, terima kasih sudah mampir ya :) .

      Delete
  25. YES, selama orang Indonesia masih SUKAAAAA duit semua bisa dibeliiiiiii. Hebat ya satu keluarga aja bisa punya private island. Luar biasa negara ini hihihihi. Btw Flores kece badaiiiiiiiii, ah senangnya bisa kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedih ya kak, kalo sampe diusir sama warga negara lain. Cuma karena mereka yang punya pulau itu hiikz.
      Ayooo ke Flores :) .

      Delete
  26. Sawah Spiderman itu kece banget,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sawah lingko (sawah spiderman) di Flores ini jadi destinasi unik juga di Flores lho kak!

      Delete
  27. makasih bos infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  28. terimakasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  29. nampaknya si mabk nya hoby berpetualng juga ya ...??????????

    ReplyDelete