“Hi ! where you from ?”
“I’m from Indonesia”
“Oh, Indonesia, Bali. I really love your country”
“Thank you. We have many beautiful places, not only Bali”
Percakapan singkat antara aku dan perempuan asal India, ketika sedang menunggu Rapid di Penang.

Sawah Spiderman, Flores.
Lantas, Banggakah menjadi Warga Negara indonesia ?
Aku bangga menjadi Warga Negara Indonesia.
Negeri yang kaya akan tempat – tempat eksotis nan indah, kebudayaan dan kearifan lokal, hasil sumber daya alam yang melimpah, hingga aneka makanan lezat yang menggoyang lidah.

Bagaimana dengan Pariwisata Indonesia ?
Jangan ditanya lagi. Pertumbuhan wisatawan asing yang berlibur ke Indonesiaa, grafiknya semakin meningkat tiap tahun. Tanda bahwa pariwisata Indonesia sangat baik.

Tak salah memang, Indonesia menjadi pilihan wisatawan asing untuk berlibur dan melepas penat dari hiruk pikuk negara mereka. Indonesia punya banyak tempat wisata yang indah bak surga, biaya travelling di Indonesia relative murah, serta ramahnya warga Indonesia pada wisatawan asing khususnya pada bule ganteng menjadi nilai plus Pariwisata Indonesia.

Wisata Indonesia juga beragam, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner. Gunung – gunung yang berdiri kokoh, pantai – pantai indah dengan deratan pohon kelapa yang nyiur, hingga goa – goa dengan stalaktit dan stalagmit yang memukau. Belum lagi pesona bawah laut Indonesia Timur bak surga kehidupan makhluk air.

Goa Sioyot, Jogjakarta
Pink Beach, Komodo
Puncak Sikunir, Dieng
Pesona Tiada Tara Pariwisata Indonesia.

Tak habis memang membahas pariwisata Indonesia dengan jutaan keindahannya.
Lalu, bagaimana impianku terhadap Wisata Indonesia ??
Banyak hal yang membuatku bahagia akan majunya wisata Indonesia, tapi ada juga beberapa hal yang membuatku patah hati pada wisata Indonesia.
“ketika seorang bule tidak memperbolehkan kapal yang kami tumpangi merapat ke Pulau Kanawa. Percekcokan mulut antara Nahkoda kapal dan Bule berlangsung sengit. Hingga akhirnya kami memilih meninggalkan pulau itu tanpa menjejakkan kaki disana.”

LOB menuju Pulau Komodo.
Sedih dan kecewa dengan perlakuan tersebut. Sakit rasanya diusir dari pulau yang ada di negara sendiri. Mereka bule loh, bukan Warga lokal. Hingga akhirnya nahkoda meminta maaf kepada kami, dan berjanji akan segera melaporkan kejadian tadi pada dinas pariwisata setempat.
“Mereka itu enak saja, main usir kita. Untung saya bisa tahan emosi. Kalau tidak sudah saya tabrak itu darmaga nya.” Ungkap Om Ari, nahkoda kami selama LOB Labuan Bajo – Pulau Komodo.

Tahukah anda jika semua yang ada di Indonesia bisa dibeli dengan uang. Bahkan Pulau sekalipun !!!.  
Lihat saja Indonesia Timur, resort – resort yang berjajar disana rata – rata milik warga asing. Sedangkan warga Indonesia menjadi budaknya.
Motif sewa pulau ataupun beli pulau disinyalir dengan beberapa motif, diantaranya warga asing yang menikahi warga lokal lalu membeli ataupun menyewa pulau. Inilah potret miris wajah Pariwisata Indonesia.

Menyapa warga Kampung Wogo Baru, Flores
Hendaknya wisata Indonesia benar benar dikelola dengan baik oleh Dinas Pariwisata setempat dan diawasi oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bahkan kementrian pariwisata bisa menggandeng para Travel Blogger untuk membantu publikasi wisata Indonesia. Khususnya wisata Indonesia yang masih sepi peminatnya, dengan cara memberikan kuota bagi Travel Blogger ditiap kota. Bukan hanya seleb blogger. Selain itu, peningkatan fasilitas ditiap tempat wisata Indonesia seperti toilet maupun musholla serta kemudahan akses bagi wisatwan untuk berkunjung ke lokasi wisata tersebut.

Serta pembuatan booklet pariwisata yang disebarkan di bandara – bandara Indonesia bisa menjadi hal yang dapat dilakukan untuk makin mengenalkan wisata Indonesia. Bahkan orang Indonesia sendiri banyak yang tidak tahu dengan tempat wisata di daerahnya. Ditambah juga dengan menjalin kerjasama antara dinas pariwsata setempat dan agen travel, demi memudahkan wisatawan untuk berkunjung kesana. Gak gampang lho, ngubek – ngubek tempat eksotis di Indonesia. Perlu cucuran keringat dan perjuangan ekstra untuk mendapatkan pemandangan yang indah. Ibarat mencari pendamping hidup, memang perlu perjuangan bro.

Semoga Wisata Indonesia terus diminati pelancong dari berbagai penjuru dunia, dan tak kalah dengan wisata di negara – negara lain. Indonesia itu kaya. Pesona Tiada Tara Pariwisata Indonesia.


Teks & Foto : Astari Ratnadya