Nyongkolan, budaya unik masyarakat Lombok

T : Emangnya kalau pengantin disini, harus diarak sepanjang jalan gitu yah pak?
O : Betul mbak, Udah tradisi orang sini. Namanya “Nyongkolan”.
T : “Nyongkolaaan” itu apa pak?? Semacem arak – arakan pake jengkol gitu ??
O : Bukan mbak, nyongkolan itu acara arak – arakan pengantin di Lombok. Jadi pengantinnya diarak dari rumah pria ke rumah wanita. Tujuannya biar orang – orang tau kalau mereka udah sah sebagai suami istri. Biar gak ada jejaka atau gadis yang menganggu pengantin.
T : Oohh gitu toh. *ngangguk, pertanda jelas*.

***

Percakapan diatas terjadi sekitar bulan Agustus lalu. 
Diatas motor bersama kang ojek. Saat saya tiba di terminal mandalika setelah semalaman berada di bus dari Bima menuju Lombok. Kang ojek yang saya dapati agak – agak genit T_T. Nasib punya wajah eksotis sih. Makanya ketika dia nanya “udah berkeluarga mbak??”, lantang saya jawab “udah bang, anak saya udah tiga” hahahaha. entahlah si kang ojek percaya ato kagak. Ajaibnya ketika saya bilang udah berkeluarga dan punya anak, jadilah kang ojek lebih santun hahaha.  
Tim Social Media Trip Groupfie bareng penganten. Pict by : mas Fahmi.
Berselang tiga bulan. 
Akhirnya saya memiliki kesempatan untuk mengunjungi Lombok kembali. Dengan perjalanan yang lebih seru dan tercukupi segala keperluannya. Mulai dari tranposrtasi sampai akomdasi. Makasih yah Allah. *rejeki mahasiswi yng rajin ngaji ya begini!*.
Kedatangan saya ke Lombok kali ini masih dalam rangkaian acara Social Media & Gathering bersama 50 kawula muda yang mempesona di bidangnya masing – masing. Dan sebelum landing dengan mulus di Bandara International Lombok, saya sudah memantapkan hati untuk ikutan Nyongkolan, kalau kebetulan ketemu di jalan. Yah minimal jalan dikit doang, terus selfie sama pengantennya. Nggak papa kan yah, toh selfienya kan gak nginjek – nginjek bunga amarilis macem alay – alay itu hiks.

Lucky me!!! 
Ketika tour guide saya yang mirip aktor Taiwan mengumumkan “Nah anak komplek, bisa diliat itu ada penganten yang lagi diarak. Kalau disini namanya NyongkolanLumayan loh penganten itu jalan kaki sejauh 1km. gak capek apa buat malam pertama *eeeh gimana*”. Mendengar pengumuman dari pak Adi, rombongan bis saya yang memiliki sebutan Anak Kompleks pada teriak – teriak “Pak, berenti paaak berentiiii!!!!. Kite mau motret dulu yah pak!!.
Sayangnya, bus yang kami tumpangi nggak bisa berenti di jalanan yang lagi ada proses nyongkolan. Bisa – bisa bis kami dilempari batu sama warga karena ngeganggu arus lalu lintas. 

Penganten Pria yang sedang mengamati Jalanan.
Dedek gemez ini ikut nyongkolan jugak.
Sebagai info, jalanan yang kami lewati merupakan jalanan yang kecil. Beda jauh sama jalanan ibukota yang segede gaban, tapi tetep macet hahaha. Makanya, supir bus kami mencari tempat yang agak lega-an dulu untuk memarkir bus. Selesai parkir, wuuus wuuus wuus rombongan anak kompleks macem anak ayam yang lari – larian bahagia keluar kandang. Beginilah totalitas pekerjaan kami semua, rela berlari – lari meghantam debu jalanan demi sebuah moment!!!. Jadi jangan anggap rendah pekerjaan kami yah man teman.

Kegiatan adat Nyongkolan ini merupakan tradisi yang masih terjaga dari budaya sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Kegiatan ini sebagai simbol bahwa kedua muda – mudi sudah sah sebagai pasangan suami istri dan agar masyarakat lain tahu akan hal ini, jadilah arak – arakan dilakukan. Jarak yang ditempuh lumayan lah buat olahraga di siang hari. Kurang lebih sejauh 0,5km – 1 km. arak – arakan ini diikuti oleh sanak keluarga dan kerabat yang tentunya mengenakan baju adat. selain itu irama musik pun berdendang kencang selama arak – arakan. Tak lain ialah musik dangdut yang bikin semangat 45 para pengiring penganten.

Selain itu, yang bikin saya kagum sama penganten ini ialah rasa percaya diri mereka lho!! jawara banget pokoknya. Mereka tetap percaya diri mengenakan baju pengantin dengan riasan wajah yang aduhai dan berjalan kaki sejauh 1km sambil ditontonin warga dan orang – orang yang kebetulan lewat. You’re awesome guys!!. Selamat menempuh hidup baru yah buat mas dan mbak penganten yang kebetulan waktu itu ngizinin kita buat selfie bareng.
Semoga langgeng sampe kakek nenek ya :) .

tarik mang !!
Sudah dulu yah, saya lagi menikmati perjalanan saya sama kang ojek nih. Bye~.

30 komentar:

  1. jangan moto-moto aja.. angpaw buat penganten jangan lupa :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ngasih hadiah lewat doa terindah buat penganten hahaha.

      Delete
  2. Wah asik dong, di arak satu kampung. Yang penting bukan tawuran, hehehe

    ReplyDelete
  3. Asyik bener,,, berrrr. Laki - laki yaw kak yang di arak katanya biar nggak di ganggu gadis,,, terus yang perempuan nggak di arak berarti boleh di gangguin bujang?,,,, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua duanya yang diarak mas.
      Foto pengantinnya masih ada di folder, nanti tak upload haha.
      kurang - kurangin deh mas ngeganggu bini orang *eeh*.

      Delete
    2. Kalau dua - duanya yang di arak mbak, hati jadi ayem,,, Berarti yang gadis atau yang bujang nggak boleh di gangguin tuh, keduanya forever selamanya dah. et dah, nggak nggangguin kok. Aku gini - gini orangnya nakal, eh maksudnya baik lo mbak As,,, heh

      Delete
  4. "Biar gak ada jejaka atau gadis yang menganggu pengantin"

    nah kalo mantan gimana, tar?
    pan mereka suka stalking-stalking gitu di medsos
    *buka kartu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini semacem kisah hidup lu ya bang??
      Yang demen banget stalking medsos mantan. Kurang - kurang in lah ya hahahaha.

      Delete
  5. Replies
    1. Disini abang ojeknya gak ngasih helm mbak hahaha.
      Syedih T_T.

      Delete
  6. Replies
    1. Moment kebahagiaannya dapet banget yah difoto rame rame itu hihi.

      Delete
  7. seru perjalanannnya...jadi pengen jadi manten #ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayook mbaaak, laksanakeun.
      Akuh siap jadi pager ayu :) .

      Delete
  8. Gue fokus sama alisnya si dedek gemez >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alisku kalah sama alis Si dedek gemez :( .

      Delete
  9. mantab bener ini .. duhh jann.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo jangan lupa ke Lombok kak! buat liat Nyongkolan budaya unik masyarakat Lombok :) .

      Delete
  10. Jadi ntar kalo kamu kawin, kita arak eklilingkampung yaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cariiin pasangannya yah om. Lelaki tajir dan mapan :p .

      Delete
  11. lagi merhatiin foto yg pertama, Pengantinnnyaa yg manaa kak? hahahahah

    tapi malu ga sih diarak keliling kampung gitu pas kawinan =,=
    ade aku aja pas sunatan ga mau dibikinin pesat, kata dia "ih ga mau ah kayak badut aku dipajang-pajang" hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto eprtama, pengantinnya ketutupan sama temen - temen Blogger hahaha.
      Kalau aku sihhh malah pengen kaaak, berasa raja dan ratu sehari gitu. Apalagi kalau diaraknya pake kereta kencana.
      Nyongkolan di lombok uniiik :)

      Delete
  12. awal liat foto sebelum baca artikelnya saya kira itu di bali, abisnya pake udeng di kepala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bali sama Lombok agak - agak mirip sih mbak hehehe.
      Tapi Lombok, kebudayaannnya lebih beragam. Karena ada Hindu dan Islam nya juga.

      Delete