T : Emangnya kalau pengantin disini, harus diarak sepanjang jalan gitu yah pak?
O : Betul mbak, Udah tradisi orang sini. Namanya “Nyongkolan”.
T : “Nyongkolaaan” itu apa pak?? Semacem arak – arakan pake jengkol gitu ??
O : Bukan mbak, nyongkolan itu acara arak – arakan pengantin di Lombok. Jadi pengantinnya diarak dari rumah pria ke rumah wanita. Tujuannya biar orang – orang tau kalau mereka udah sah sebagai suami istri. Biar gak ada jejaka atau gadis yang menganggu pengantin.
T : Oohh gitu toh. *ngangguk, pertanda jelas*.

***

Percakapan diatas terjadi sekitar bulan Agustus lalu. 
Diatas motor bersama kang ojek. Saat saya tiba di terminal mandalika setelah semalaman berada di bus dari Bima menuju Lombok. Kang ojek yang saya dapati agak – agak genit T_T. Nasib punya wajah eksotis sih. Makanya ketika dia nanya “udah berkeluarga mbak??”, lantang saya jawab “udah bang, anak saya udah tiga” hahahaha. entahlah si kang ojek percaya ato kagak. Ajaibnya ketika saya bilang udah berkeluarga dan punya anak, jadilah kang ojek lebih santun hahaha.  
Tim Social Media Trip Groupfie bareng penganten. Pict by : mas Fahmi.
Berselang tiga bulan. 
Akhirnya saya memiliki kesempatan untuk mengunjungi Lombok kembali. Dengan perjalanan yang lebih seru dan tercukupi segala keperluannya. Mulai dari tranposrtasi sampai akomdasi. Makasih yah Allah. *rejeki mahasiswi yng rajin ngaji ya begini!*.
Kedatangan saya ke Lombok kali ini masih dalam rangkaian acara Social Media & Gathering bersama 50 kawula muda yang mempesona di bidangnya masing – masing. Dan sebelum landing dengan mulus di Bandara International Lombok, saya sudah memantapkan hati untuk ikutan Nyongkolan, kalau kebetulan ketemu di jalan. Yah minimal jalan dikit doang, terus selfie sama pengantennya. Nggak papa kan yah, toh selfienya kan gak nginjek – nginjek bunga amarilis macem alay – alay itu hiks.

Lucky me!!! 
Ketika tour guide saya yang mirip aktor Taiwan mengumumkan “Nah anak komplek, bisa diliat itu ada penganten yang lagi diarak. Kalau disini namanya NyongkolanLumayan loh penganten itu jalan kaki sejauh 1km. gak capek apa buat malam pertama *eeeh gimana*”. Mendengar pengumuman dari pak Adi, rombongan bis saya yang memiliki sebutan Anak Kompleks pada teriak – teriak “Pak, berenti paaak berentiiii!!!!. Kite mau motret dulu yah pak!!.
Sayangnya, bus yang kami tumpangi nggak bisa berenti di jalanan yang lagi ada proses nyongkolan. Bisa – bisa bis kami dilempari batu sama warga karena ngeganggu arus lalu lintas. 

Penganten Pria yang sedang mengamati Jalanan.
Dedek gemez ini ikut nyongkolan jugak.
Sebagai info, jalanan yang kami lewati merupakan jalanan yang kecil. Beda jauh sama jalanan ibukota yang segede gaban, tapi tetep macet hahaha. Makanya, supir bus kami mencari tempat yang agak lega-an dulu untuk memarkir bus. Selesai parkir, wuuus wuuus wuus rombongan anak kompleks macem anak ayam yang lari – larian bahagia keluar kandang. Beginilah totalitas pekerjaan kami semua, rela berlari – lari meghantam debu jalanan demi sebuah moment!!!. Jadi jangan anggap rendah pekerjaan kami yah man teman.

Kegiatan adat Nyongkolan ini merupakan tradisi yang masih terjaga dari budaya sasak di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Kegiatan ini sebagai simbol bahwa kedua muda – mudi sudah sah sebagai pasangan suami istri dan agar masyarakat lain tahu akan hal ini, jadilah arak – arakan dilakukan. Jarak yang ditempuh lumayan lah buat olahraga di siang hari. Kurang lebih sejauh 0,5km – 1 km. arak – arakan ini diikuti oleh sanak keluarga dan kerabat yang tentunya mengenakan baju adat. selain itu irama musik pun berdendang kencang selama arak – arakan. Tak lain ialah musik dangdut yang bikin semangat 45 para pengiring penganten.

Selain itu, yang bikin saya kagum sama penganten ini ialah rasa percaya diri mereka lho!! jawara banget pokoknya. Mereka tetap percaya diri mengenakan baju pengantin dengan riasan wajah yang aduhai dan berjalan kaki sejauh 1km sambil ditontonin warga dan orang – orang yang kebetulan lewat. You’re awesome guys!!. Selamat menempuh hidup baru yah buat mas dan mbak penganten yang kebetulan waktu itu ngizinin kita buat selfie bareng.
Semoga langgeng sampe kakek nenek ya :) .

tarik mang !!
Sudah dulu yah, saya lagi menikmati perjalanan saya sama kang ojek nih. Bye~.