Nusantara Sehat untuk Indonesia Sehat

Tiap orang punya mimpi masa kecil. 
Ada yang berhenti mengejar mimpi, namun ada pula yang mengejar mimpinya untuk menjadi nyata. Semua tergantung pada individu masing – masing.
Mimpi saya waktu kecil adalah keliling Indonesia. 
Alhamdulillah tuhan memeluk mimpi saya. 
Walaupun belum semua kota terjamah :) .

Kesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat di Indonesia bagaikan hadiah tak ternilai harganya. Belum lagi pengalaman yang didapat dari sebuah perjalanan sangat bernilai. salah satu pengalaman terbaik saya ketika berkesempatan menjadi peserta pelayaran tahun kemarin adalah melakukan penyuluhan HIV-AIDS ke sekolah – sekolah yang ada di Saumlaki, Maluku Tenggara Barat. 


Menginjakkan kaki di Saumlaki saja tidak pernah terbayangkan dalam pikiran saya, bahkan saya tidak tahu – menahu soal Saumlaki. 
Saumlaki adalah kota kecil yang ada di kabupaten Maluku Tenggara Barat.
Bahagia rasanya ketika bisa bertemu dengan pelajar disana sembari memberikan penyuluhan tentang bahaya HIV-AIDS. Senang, ketika kedatangan kami disambut dengan hangat oleh mereka.

“Ask not what your country can do for you, ask what you can do for your country” -John F. Kennedy- .

Sepulang dari kegiatan berlayar ke Indonesia Timur muncul pertanyaan – pertanyaan dalam diri saya.
Sudahkah saya memberi sumbangsih pada negeri. Beranikah saya meninggalkan zona nyaman saya jika nantinya ada kesempatan untuk mengabdi pada negeri. Dengan mantap saya akan jawab BERANI!.

Karena itulah saya memantapkan diri untuk dapat menjadi bagian dari Nusantara Sehat. Bukan karena gaya gayaan pengen ikutan ataupun pengen gratisan ke Batam. Bukaaaaan!!!
Murni dari lubuk hati terdalam, semacam panggilan jiwa untuk dapat melihat langsung tim Nusantara Sehat yang mengabdikan dirinya untuk negeri. Khususnya tim Nusantara Sehat yang bertugas di Pulau Belakangpadang, Batam. Bahkan kalau diberi kesempatan, saya siap untuk mengabdikan diri selama dua tahun sebagai tim Nusantara Sehat *mumpung masih single*.

Oh ya, tau NusantaraSehat ???
Sebuah program yang dicanangkan oleh Kementrian kesehatan dalam mewujudkan penguatan pelayanan kesehatan (yankes) Primer. Dimana Yankes Primer ini adalah fokus dari kebijakan kementrian Kesehatan RI (kemenkes) pada periode 2015 – 2019. Tim nusantara sehat sendiri terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga ahli teknologi laboratorium medis, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian.
foto dari sini
Tim Nusantara Sehat pun bertambah setiap periode. Periode satu, tercatat 142 orang dan pada periode 2 sangat meningkat sebanyak 552 orang. Menjadi bagian tim Nusantara Sehat pun tidak gampang, ada beberapa tes yang harus dilalui dan asyiknya lagi ada pelatihan ala militer biar yang terpilih sebagai Tim Nusanatara Sehat bisa survive di daerah pengabdiannya.
Bahagia deh ngeliat putra – putri bangsa yang mau mengabdikan diri untuk negeri, khususnya untuk kesehatan.
foto dari sini 
Bukankah Kesehatan adalah investasi terbaik untuk masa depan bangsa yang lebih cerah. Karenanya tenaga kesehatan sangat berperan untuk memperkuat kesehatan, terutama di daerah terpencil yang ada di pelosok nusantara.

Saya yang tidak termasuk dalam tenaga kesehatan saja sangat tertarik dengan program Kementrian kesehatan ini, namun karena kurangnya ilmu didunia kesehatan, saya hanya dapat membantu berkontribusi melalui tulisan dan foto (sama seperti kegiatan SahabatJKN). Biarkan tulisan dan foto yang dapat bercerita mengenai totalitas anak bangsa yang mengabdi untuk negerinya. Ahh saya rasanya tidak sabar untuk bertemu tim Nusantara Sehat, ingin mendengar cerita – cerita seru pengabdian mereka.


32 komentar:

  1. Kalau saya dulu mimpinya malah ingin menginjakkan kaki di kota. Tapi itu dulu sewaktu saya masih tinggal di kampung yang tergolong daerah terpencil, jauh dari keramaian, listrik tidak ada, jalanan gak di aspal (banyak batu, becek, dan seadanya), dan tidak ada jaringan telekomunikasi.

    Kini setelah menginjakkan kaki di kota, mimpi itu bertambah, yakni ingin berpetualang ke daerah lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan anak kota selalu kepengen mampir dan tinggal lama di pelosoook daerah loh bang. Kehidupan di pelosok gak pake drama - drama macem di perkotaaan. :p

      Delete
  2. Semoga tercapai ya... ditunggu pengalaman Raisa masuk kampung eh, Pulau Belakangpadang bersama Tim Nusantara Sehatnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sukaaa bangeeet masuk - masuk ke Kampung teh Okti :).
      amin ^^.

      Delete
  3. aku juga ikutan lhoo http://insanwisata.com/impian-menjadi-tim-nusantara-sehat/

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung kamu gak ninggalin link hidup loh mas, kalo nggak udah tak sikat :p

      Delete
  4. Keliling Indonesia, masih jadi mimpi aku juga niiih, cuma aku baru aja melangkah nih hahhaha
    .
    Good luck yaah tar, semoga alam mendukungmu buat sampai di pulau Belakang Padang. InsyaAllah niat baik selalu nemuin jalannya yaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin ran, terus melangkah yah walau cuma langkah kecil :)

      Delete
  5. Semua berawal dari mimpi yah... Walau kadang di tengah perjalanan suka basah gitu #EhGimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu suka basah ditengah perjalanan yah kaaaak. Siap siap kancuut yang banyaaak kaak *eeeh*.

      Delete
  6. Kakak idoolaaa, ditunggu foto - fotonyaaaa bersama tim nusantara sehaaat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau foto - foto selfie aku mau nggak :p
      hahahha siaaaap!.

      Delete
  7. wah.. mimpi masa kecil kita sama mbak :)
    semoga kelak bisa dipertemukan dalam perjalanan ya mbak, entah itu saat mengabdi pada pertiwi, atau ketika tengah menikmati pesonanya di berbagai pelosok negeri :)

    oya, semoga terpilih mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbaaaak :)
      Semoga dapat bertemu buat saling bertukar cerita ya.

      Delete
  8. kak ... mmgsaumlaki ini banyak yg terjangkit HIV ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om cumii, Saumlaki ini pulau terluaaar di Indonesiiaa.
      Sosialisasi HIV, supaya anak mudanya gak pacaran yang macem macem :)

      Delete
  9. Selamat yaaa...terpilih sebagai salah satu blogger dalam tim nusantara sehat. Ditunggu ceritanya...

    ReplyDelete
  10. indonesia timur emang keren, masih asri dan you know what i mean :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeet kak!!
      Indonesia Timur destinasi favorit akuu.

      Delete
  11. Kamu luar biasa, bisa kasih wktu, tenaga, ilmu untuk anak - anak disana. Semangat! Semoga besok - besok bisa keliling seluruh Indonesia ya Tari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiiin.
      Terima kasih kaaak vanii :)
      salah satu mimpi akuu bisa keliling Indonesia untuk mengabdi pada negeri.

      Delete
  12. Raisaaaa kamu terpilih ya? Alhamdulillah. Selamat. Asyiiiik kita bakal ketemu. Kita Selfie bareng ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah terpiliih mbak!!.
      Aaaah, sampe ketemu di Batam yaaah :) .

      Delete
  13. Wah selamat Mbak! Semoga makin semangat sebarkan semangat sehat ke semua khalayak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Rifqy. Doakan akuuh yaaa.

      Delete
  14. asiiikk ... bakal ada yang jalan-jalan ke Batam. :)

    ReplyDelete
  15. Kereeeen banget.. Acaranya bermanfaat banget, keep inspiring

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih udah mampir kak. sukses buat usahanya ya *muach*.

      Delete