Kereta Api India dan Kereta Api Indonesia itu mirip - mirip dikit.
Well selama perjalanan ke India kemarin aku banyak banget dapet DM dari teman - teman di sosial media. Banyak banget yang nanyain perihal transportasi selama aku traveling di India.

"Emang aman gitu cewek naik tranportasi publik di India ?"
"Kereta India kan jadul - jadul, ngapain coba lo mau naik kereta?"
"Jadi gimana rasanya naik kereta ekonomi di India"
"Ada yang cakep nggak di dalam kereta. Nemu jodoh nggak ?"

Sejujurnya nih ya kalau aku boleh berbicara dengan jujur (ini nulisnya jujur loh ya), menurutku transportasi di India khususnya kereta api jauuuuh lebih tertata dibanding kereta api Indonesia. Keretanya memang terlihat jadul tapi masih berfungsi dengan baik.

Let me tell you perbedaan antara kereta api di India dan kereta api di Indonesia dilihat dari berbagai sisi.
1. Bentuk Fisik
Wajah kereta api di India persis dengan wajah kereta api ekonomi jarak jauh tempo dulu. Kalau di Indonesia itu mirip kayak kereta Progo atau Bogowonto jaman dulu.  


Kereta api di India masih dibedakan berdasarkan kasta. Ekonomi, AC, Eksekutif. Sedangkan di Indonesia, semua kereta api jarak jauh sudah dipasang AC yang dinginnya bikin ingusan. *Eh ini yang ingusan cuma aku doang sih yang nggak kuat dingin.

2. Harga Tiket
Harga tiket kereta jarak jauh di India jauuuuh lebih murah dibanding tiket kereta jarak jauh di Indonesia. Yah ini sih karena memang di India nilai tukarnya murah banget. Percaya deh ketika kalian ke India bakalan berasa tajir banget. 

Semua di India itu murah banget! yang mahal hanya tiket masuk tempat wisata yang harganya puluhsan kali lipat dibanding tiket masuk warga lokal.


3. India Punya Sleeper Train
Sebagai transportasi masal warga India, kereta api disini dilengkapi dengan kelas sleeper train. Dimana ada tiga kursi yang bisa disulap menjadi tempat tidur. Baik itu kelas ekonomi maupun eksekutif. Etapi mungkin kelas eksekutif hanya dua kursi dan menggunakan AC. 



Harga tiket sleeper train ini pun cukup terjangkau. Bisa menjadi opsi penginapan selama traveling ke India. Lumayan kan menghemat budget selama traveling di India.

4. Kebersihan
Baik kereta di India maupun kereta di Indonesia, semua kebersihan sudah mulai membaik. Hanya saja untuk kereta api di India masih sedikit lebih kotor untuk kebersihan gerbong maupun toiletnya.


Tapi yang patut diapresiasi dari kereta api di India adalah petugas kebersihan yang dengan sigap membersihkan gerbong kereta ketika kereta sudah menurunkan penumpang di stasiun terakhir.

5. Keamanan dan Pengecekan Tiket
Aku mendapati banyak pesan di DM Instagram yang menanyakan  perihal keamanan ketika menggunakan tranportasi publik di India. Untuk keamanan sendiri sama halnya ketika kita traveling di negara kita sendiri. Yah jangan tampil mencolok jika tidak ingin menjadi korban kejahatan wakakak.

Nah kalau pengecekan tiket di Kereta Api India ini dilakukan ketika penumpang sudah berada didalam kereta. Seringnya petugas kereta disana melakukan pengecekan pada malam hari ketika kereta sudah berjalan jauh. Beda sama kereta di Indonesia yang pengecekan tiketnya lebih sering. Dari pertama masuk peron, hingga ketika penumpang sudah berada didalam kereta. 

6. Pemesanan Tiket
Untuk bagian ini, aku lebih suka melakukan pemesanan tiket kereta api di Indonesia. Gampang dan nggak ribet!! apalagi bisa menggunakan online travel agent macem pegipegi.com. Biasanya aku selalu keretaan ke Yogyakarta setiap weekend. Entah untuk sekedar nengokin adikku yang kuliah disana ataupun untuk menikmati weekend. 



Nah ngomongin Yogyakarta, banyak banget wisata - wisata yang bisa kamu kunjungi disana. Mulai dari wisata sejarah, daerah dan budaya. Favoritku kalau ke Jogja yah itu sewa motor dan keliling mengunjungi candi beserta tempat - tempat sejarah lainnya.

Btw, enaknya pesen tiket di pegipegi.com itu tinggal pilih stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan, lalu pilih tanggal keberangkatan. Tadaaaa pilihan kereta akan cepat terlihat, lengkap dengan jadwalnya. Dan opsi pembayarannya juga banyak. Mulai dari transfer antar bank sampai internet banking semuanya ada.


Nah kalau pemesanan tiket kereta di India ini lumayan ribet bagi turis asing. Pertama kudu punya akun di website penyedia tiket. Kedua kode verifikasi dikirim melalui nomor handphone. Dan yang paling ribet lagi adalah pembayaran kebanyakan hanya bisa dengan rekening tabungan bank India. Mau nangis nggak sih kalian ? Aku merasakan itu semua sampai akhirnya harus ngantri beli tiket kereta di stasiun yang padatnyaaaaaa bikin ketek basah.

Jadi bagiku walaupun kereta api di India sistem nya udah bagus, tetap saja kudu ada perbaikan buat pemesanan tiket bagi turis asing. 
Btw aku mau balik ke India lagi tahun depan. Ada yang mau ikutan juga kah? Yuuuk!!!.