"Hari ini buka puasa dimana mbak ?"
Sebuah chat singkat di whatsapp yang selalu ibuk kirimkan untuk anak sulungnya yang sudah empat tahun ini merantau di ibukota.

"Buka Puasa di Kuningan City buk. Nanti Ayi (nama panggilanku di rumah) buka puasa bareng Temen Blogger dan seribu adek - adek dari panti asuhan". Balasku.



Tahun ini kali kedua ikutan buka puasa bersama 1000 Anak Yatim, sebuah acara sosial yang rutin diadakan oleh PT Adaro Energy TBK setiap tahunnya. Kegiatan rutin ini sudah berlangsung sejak delapan atau sembilan tahun lalu.

Adik - adik yang hadir kemarin berasal dari berbagai panti asuhan yang berlokasi di Jabodetabek. Dengan moda bus yang disediakan pihak Adaro, mereka semua tiba di Ballroom Kuningan City tepat waktu. 



Masuk kedalam Ballroom Kuningan City, hatiku haru melihat senyum bahagia seribu adik - adik yang begitu antusias mengikuti setiap games yang dipandu oleh kakak - kakak Adaro.

Acara kemarin enggak hanya buka puasa bersama terus balik gitu aja. Enggak begituuu. Bukan Adaro namanya kalau nggak bisa buat momen makin spesial, apalagi tujuan acara buka bersama ini selain untuk berbagi tentunya untuk membahagiakan adik - adik Yatim.

Selain ada games seru, hadir pula Ustadz Fikri Haikal yang memberi kultum sembari menunggu waktu berbuka puasa. Kemudian dilanjutkan buka puasa dan sholat maghrib berjamaah.

Hiburannya gimana kak ?
Oooh jangan risau. Aku yang usia 20an aja terhibur sama lagu - lagunya Wildcard Band yang ternyata personilnya masih pada SMP (Sekolah Menengah Pertama). *Terus aku ngebayangin, jaman SMP dulu aku cuma sibuk bolak balik Lab Biologi doang 😅. Daaaan tahun ini guest starnya ada Kak Ikky (Rizky Febrian).

Tau Rizky Febrian kan klean. Anaknya komedian Sule yang musiknya makin dikenal oleh anak - anak millenials. 
Semua anak - anak pada maju merapat ke panggung pas Kak Ikky muncul dan ikut nyanyi bareng.



Oh iya sebelum mulai acara #BukberAdaro kemarin, aku dan teman - teman Blogegr berkesempatan buat ngobrol bareng pak Boy Thohir. Walaupun cuma punya waktu singkat (karena udah mau berbuka), Pak Boy nyempetin waktunya untuk ngobrol bareng kami semua.

"Alhamdulillah tahun ini saya masih berkesempatan untuk memilih langsung pengisi acara Bukber" kata pak Boy. 


Yup setiap tahunnya, Pak Boy sendiri yang memilih menu makanan dan pengisi acara. Karena menurutnya acara Buka Puasa Bersama 1000 Anak Yatim ini bertujuan memberikan kebahagiaan kepada anak - anak yatim yang mana adalah tamu istimewa.

Pak Boy juga bilang semoga acara seperti ini bisa jadi contoh bagi company lain untuk bisa melaksanakan kegiatan seperti ini. 

Ngomong - ngomong nih ya selain kegiatan Buka Puasa Bersama 1000 Anak Yatim, Adaro juga punya banyak program CSR lainnya salah satunya PASS (Program Adaro Santri Sejahtera). Program PASS saat ini berfokus di daerah Kalimantan Selatan khususnya Tabalong.

Terima kasih banyak Adaro !
Semoga tahun depan kita semua bisa kembali bertemu dengan bulan Ramadhan dan Buka Puasa bersama 1000 anak yatim lagi.