Banyak cara untuk bisa sampai di pulau Dewata. Pulau impian semua warga dari berbagai belahan dunia. Bisa kesana lewat udara kalau punya budget yang berlimpah atau bisa juga kesana lewat jalur darat dan laut kalau mau budget murah. Semua pilihan silakan disesuaikan dengan dompet masing-masing.


Aku mau cerita perjalananku menuju Bali lewat jalur darat yang tentunya sangat teramat murah untuk seorang mahasiswa yang doyan liburan tapi budget pas-pasan. Kurang dari lima ratus ribu rupiah kalian sudah bisa sampai Bali dari Jakarta. Pokoknya kurang dari satu juta udah bisa pp Jakarta-Bali jalur darat, bisa belanja kaos joger sebijik plus termasuk penginapan juga. Yeees penginapan di Bali semuanya affordable dan banyak pilihan.




Traveling ke Bali naik kereta sebenarnya bukan isapan jempol. Akupun pernah mencobanya sekitar tahun 2014 pertama kalinya aku ke Bali lewat jalur darat. Padahal biasanya jalur udara. Entahlah waktu itu sangat penasaran dan ingin membuktikan kalau ke Bali lewat jalur darat itu bisa kok dan alhamdulillah aman.

Ilustrasi : Naik kereta ekonomi menuju Bali. 
Jadilah perjalanan dari Jakarta dimulai dari stasiun Pasar Senen dengan kereta ekonomi tujuan stasiun Surabaya Gubeng. Kalau aku tak salah ingat harga tiket kereta apinya dulu sekitar 40ribuan untuk satu kali perjalanan dengan durasi waktu kurang lebih 13 jam.

Sampai di stasiun Surabaya Gubeng aku melanjutkan perjalanan ke Stasiun Banyuwangi, tentunya dengan beli tiket kereta baru di stasiun Surabaya Gubeng. Nasib baik sekarang bisa beli tiket kereta api online. Dulu sih kudu ngantri di stasiun yang ramenya bikin keringat bercucuran. 
Rute Kereta : Stasiun Pasar Senen - Stasiun Surabaya Gubeng - Stasiun Banyuwangi Baru.


Setelah sampai di stasiun Banyuwangi Baru, kamu bisa langsung menuju pelabuhan Ketapang yang jaraknya hanya 500an meter. Cukup berjalan kaki sebentar sudah terlihat jelas pelabuhan Ketapang dengan antrian kapal-kapal yang siap membawamu menuju Bali.

Harga tiket dari pelabuhan Ketapang ke pelabuhan Gilimanuk sekitar 6500 dan perjalanan melautmu kurang lebih 45-50 menit. Untuk kamu yang mabuk laut, jangan lupa untuk minum obat anti mabuk terlebih dahulu. Oh ya jadwal kapal penyeberangan ini setiap satu jam sekali selama 24 jam. Jadi jangan takut nggak dapat jadwal kapal.

Sesampainya di pelabuhan Gilimanuk kalian bisa menggunakan moda transportasi bus untuk bisa sampai ke terminal ubung Denpasar. Ongkosnya sekitar 35ribuan atau nggak lebih dari 50 ribuan untuk bis ekonomi (patas). Biasanya bus ini menunggu penumpang penuh terlebih dahulu baru akan jalan. Nantinya kalau sudah sampai di terminal ubung, kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek menuju pusat kota, biayanya beragam. Waktu itu aku sewa angkot yang isinya aku sendirian dengan budget 45ribu hahaha.


Tips penting jika kamu berlibur ke Bali lewat jalur darat 

  1. Berdoalah sebelum melakukan perjalanan
  2. Sediakan identitas lengkap. Karena selalu ada pemeriksaan tanda pengenal setelah sampai di pelabuhan Gilimanuk.
  3. Bawalah uang recehan juga. Untuk mengantisipasi modus scam “tidak ada uang kembalian” ketika sedang belanja.Selalu jaga barang bawaan saat lagi di terminal. 
  4. Berpenampilan sewajarnya dan jangan mencolok agar tidak menjadi korban perampokan.
  5. Jangan lupa untuk tawar menawar terlebih dahulu jika akan naik bus dari pelabuhan Gilimanuk menuju terminal Ubung.
Semoga tips diatas bermanfaat untuk kalian yang berencana liburan ke Bali lewat jalur darat. Pesanku nikmatilah perjalanan panjangmu sebelum sampai di pulau Dewata. Karena banyak sekali pemandangan indah selama perjalanan. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.