Suasana di NAIA Airport Terminal 4 terlihat makin padat, imbas banyaknya pesawat domestik yang delay karena alasan operasional. Birthday trip tahun ini pilihannya ke Filipina, salah satu Negara di Asean yang sebelumnya sudah pernah aku sambangi 2019 silam lalu. Setelah vakum merayakan birthday trip dua tahun berturut-turut, akhirnya tahun ini bisa kembali merayakan birthday trip dengan persiapan yang lebih extra tentunya, mulai dari asuransi kesehatan, vaksin, hingga bekal selama perjalanan. 

Here we go,, setelah delay 2 jam 30 menit, sampai juga aku di Puerto Princesa Airport. Pintu masuk untuk menuju El Nido. Butuh waktu 5 jam perjalanan darat menggunakan van untuk bisa sampai di El Nido. Lama ya perjalanan birthday trip  kali ini. Tapi sangat worthed it !!! Filipina tu cantik, cuma mahalnya itu loh hahaha. Tapi sekali-kali ngga papa deh. Sembari merayakan usia baru di 18 Agustus 2022.


Let me tell you apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum terbang ke El Nido Palawan.

1. Tiket Pesawat ke Puerto Princesa (Round Trip) Sebisa mungkin pilih jadwal pagi, supaya sampe di El Nido ngga terlalu malam. Pesawatku kemarin jam 1:50 pm, tapi karna delay 2,5 jam jadilah aku sampai di El Nido larut malam. FYI untuk menuju El Nido, kita perlu naik pesawat dari Manila menuju Puerto Princesa dengan lama penerbangan 50 menit, lalu dilanjut dengan perjalanan darat menggunakan van sekitar 5-6 jam (melewati jalanan hutan semua). Prepare cemilan jangan lupa !!! biar ngga kelaperan selama perjalanan darat.Oh ya rata-rata harga tiket ke Puerto Princesa dari Manila sekitar 400 ribuan untuk satu kali jalan. Dan untuk van sekitar 210 ribuan.

2. Pesan Tiket Van Secara Online Kalian bisa lebih hemat waktu, kalau udah pesan tiket van secara online. Jadi biar sampe bandara udah tau mana van yang bakal digunakan. Nggak kebingungan kayak anak ilang gitu, plus menghindari penipuan harga yang mahal. Aku kemarin beli tiket langsung di tempat, karena saking sibuknya ngga sempet beli tiket online hikz. Harga di tempat 210 ribuan, sedangkan kalau order online sekitar 160ribuan.

3. Pesan Akomodasi dari jauh-jauh hari
El Nido ini famousnya ngga kalah sama Indonesia, tiap harinya selalu rame wisatawan. Jadi lebih baik untuk booking kamar kalian di penginapan. Kalau kalian tipe budget travel, di El Nido ini banyak banget pilihan. Mulai dari dorm room, sampe private room. Tinggal sesuaikan aja sesuai budget.

4. Pesan Tour El Nido secara Online Sebenernya banyak banget tour travel di sekitar El Nido yang bisa kalian pilih tapi saking banyaknya bakalan bikin kamu bingung. Karena memang harganya mirip-mirip antara tour travel satu dan lainnya. Psst biasanya harga tour di El Nido ini sudah include sama makan siang. Dan makanannya enak-enaaaak!!
Kebetulan kami beli paket plus Snack juga nih hihi.
Makan siang bareng peserta tour yang lain.
Nah, kalau kalian udah pesan secara online, kalian juga bisa dapetin promo. Lumayan kan bisa ngehemat budget traveling di El Nido. Philipina itu cantik, tapi mahal. Inget-inget ini ya bestie hahaha. Jadi bersyukur lah kita yang warga Negara Indonesia, karena biaya wisata kita masih tergolong murah.
5. Jangan Lupa bawa Perlindungan Extra buat Kulit Klean yang follow instagram aku sejak lama, pasti tau kan kalau trip ke Thailand ku kemarin bikin kulit jadi belang banget . Apalagi waktu jaman sebelum pandemi saat keliling Indonesia Timur, warna kulitku jadi keling (literally keling banget) karena lupa bawa sunblock. Belajar dari pengalaman pahit kulit belang pasca trip kemarin. Jadilah aku makin aware untuk bawa perlindungan extra buat kulit wajah tentunya. 
Untuk trip ke El Nido Palawan, aku udah prepare Skintific. Aku bawa langsung dari Palembang produknya hahaha. Let me tell you, hal yang bikin special kenapa aku bela-belain bawa produk ini untuk menemani perjalananku keliling El Nido. Jadi produk Skintific ini punya fungsi double protection, karena ini real protection sunscreen dengan kandungan utama 5x Ceramide yang berfungsi untuk memperbaiki dan melindungi skin barrier. Kemudian menggunakan UV Filter terbaru (tinosorb S/M) yang sudah dipatenin oleh BASF Germany dan terbukti bisa meminimalisir iritasi kulit. SPF 50+ PA++++ di SKintific 5X Ceramide ini kasih perlindungan penuh ke kulit wajah dari sinar UVA & UVB. Dan juga dilengkapi Blue Light Protections. Kemasan yang mungil 30 ml, ngebuat Skintific 5X Ceramide ini pas banget buat dibawa kemana-mana saat traveling. Dan yang paling aku suka dari produk ini tuh teksturnya yang ringan dan menyerap dengan cepat kayak serum. Plus ngga bikin warna kulit wajahku abu-abu after pake sunscreen.  Sebagai pemilik kulit sawo matang, permasalahan sunscreen di aku tuh “wajah jadi abu-abu” saat udah apply sunscreen. Trus nih kalau udah apply skintifix 5X Ceramide di wajah, bikin efek melembabkan hingga 8 jam pemakaian dan tetap nyaman sepanjang hari. Nah waktu hopping island di El Nido kemarin, aku pake produk ini 2 kali aja, saat mau pergi hopping island dan 4 jam aku re-apply kembali setelah snorkeling. Bener-bener ngga bikin kulit sakit ataupun iritasi after pemakaian. Ternyata produk ini tuh aman buat dipake di segala jenis kulit, termasuk yang punya kulit sensitive.

Kandungan di produk ini antara lain :
  • 5X Ceramide yang berfungsi mengembalikan dan membentuk skin barrier serta mencegah hilangnya kelembaban pada kulit.
  • Tinosorb S/M yang merupakan jenis UV Filter terbaru. Nah ini tuh sudah dipatenin sama BASF Germany. Fungsi dari Tinosorb S/M ini untuk memberikan proteksi lebih dari sinar UV tanpa bikin kulit wajah kita iritasi.
  • Hyaluronic Acid yang punya fungsi untuk mengembalikan dan mengunci kelembaban pada kulit wajah.
6. Wajib bawa Sandal Nah ini mungkin sepele yah, tapi kejadian kocaknya sama salah satu temen tripku, yang ke El Nido Cuma bawa sepatu hihi. Lucu kaaan saat main ke pantai malah pakai sepatu. Better memang kalian siapain deh sandal dari rumah, supaya bisa jalan-jalan di pantai pake sandal tanpa takut kebasahan kena air pantai hihi.

7. Tukar Uang Peso di Bandara atau Money Changer
Kalau kalian stay di Jakarta dan mau bawa bekal uang peso buat jaga-jaga mau jajajn pas mendarat di Manila, bisa tuh tuker uang di money changer Jakarta dulu. Tapi kalau pengalamanku pribadi sih, better untuk Tarik tunai langsung di bandara NAIA Airport Terminal 3 aja. Banyak banget ATM disana persis setelah pintu keluar. Dan ratenya juga cukup bagus kok. Kemaren aku Tarik tunai itu harga 1 peso – 280. 
pict from : images.bisnis-cdn.com
Oia untuk tarik tunai di ATM Filipina, makesure kartu debit kalian saldonya cukup dan punya logo master card atau visa ya. Nah kira-kira itulah persiapan yang harus kalian lakukan sebelum terbang ke El Nido Palawan. Aku pribadi kalau ditanya, cantikan mana “Indonesia atau Filipina” ? jujur susah sih jawabnya. Indonesia punya Bali dan Filipina punya El Nido, mereka punya kecantikan masing-masing yang khas hehehe. 

Buat teman-teman yang rencana mau ke Filipina, peryaratan masuk Filipina sekarang cukup tunjukan kartu vaksin yang sudah di convert ke WHO dan jangan lupa untuk isi One Helath Pass. Please tetap patuhi protocol kesehatan juga yah. Walau Virus Covid ngga seganas beberapa tahun lalu, tapi kita juga harus tetap waspada supaya ngga melonjak naik lagi pertumbuhan Covid di dunia.