Satu tahun tinggal di Jakarta membuat saya makin cinta sama ibukota negeri tercinta ini.
Nggak munafik sih terkadang saya suka sebal dengan macet dan ruwetnya jalanan Jakarta dari pagi hingga malam hari. Tapi inilah Jakarta. Bagi saya mah Jakarta tanpa macet itu hampa. Macem aku tanpa kamu, mas!.

Melanjutkan pendidikan di ibukota emang tujuan saya setelah lulus dari kampus ternama di Bogor. Bukan karena ingin jadi Anak Gaul Jakarte atau ingin ikutan grup mobil bareng abang – abang gemes. Tapi karena Jakarta punya banyak perpustakaan kece yang wajib ditongkrongi oleh pecinta buku seperti saya. Bahkan saya rela jadi anak kereta jurusan Bogor – Cikini buat ngabisin weekend di perpustakaan asri dan adem di kawasan Cikini itu *jadi kangeeen*.
Sayangnya semenjak saya pindah ke Jakarta, rutinitas ke perpustakaan di kala weekend nyaris punah!!!. Kadang suka sedih sendiri, kok endingnya begini (halah).
Bacaan anak remaja nih "Janji Paling Romantis".
Sebagai anak muda yang haus akan informasi terkini, jadilah saya iseng googling sana sini buat nyari aplikasi yang diciptain khusus bagi orang yang doyan baca tapi males ke perpustakaan dan “medit” buat beli buku. Eeehhh bukan “medit” sih sebenernya, tapi lebih kepada “males” beli buku. Karna tumpukan buku dikosan yang udah bejubeeell.
“Dimana ada kemauan, disitu ada jalan” quote ini benar – benar menggambarkan keadaan saya saat menemukan aplikasi ini. Aplikasi yang memudahkan pecinta buku seperti saya untuk mengakses langsung koleksi e-book di aplikasi keren ini.

iJakarta
aplikasi perpustakaan digital pertama yang hadir di Indonesia ini baru saja diluncurkan di Balai Agung Provinsi DKI Jakarta pada 13 Oktober 2015 kemarin. Bertepatan dengan puncak acara Hari Anak Jakarta Membaca. Tentunya peluncuran aplikasi digital library kemarin dihadiri oleh bapak Gubernur DKI Jakarta, idola saya yakni Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M.

*abaikan layar handphone saya yang retak :)
Oia, berhubung saya udah download aplikasi iJakarta.
Sebelumnya, pastiiin kalo kalian udah download apps ini dan sign in sebagai membernya yaah. Step by step buat pake aplikasi ini gampang banget!!!. iJakarta userfriendly banget buat semua kalangan. Bahkan ibu dosen di kampus saya juga ikutan download iJakarta wkwk.
Nih saya kasih bocoran mengenai fitur – fitur menarik yang ada di apps ini.

user friendly banget lho!
Home Feeds
Ibaratnya timeline facebook, fitur ini merekam berbagai aktivitas secara umum yang dilakukan user iJakarta. Tentunya aktifitas tersebut dapat terlihat jika ada izin dari user iJakarta lho. Kalian juga bisa saling kasih komentar lho di aktivitas user iJakarta.

Collection
Layaknya sebuah perpustakaan, iJakarta juga memiliki fitur Collection. Fitur yang berisi kumpulan mantan buku – buku keren yang bisa kalian sewa. Canggihnya lagi, penyewa bisa baca informasi seputar buku yang ingin dipinjam lho. Kalo cocok mah disewa, kalau nggak cocok cari yang lain. *macem jodoh gitu sik*.

ePustaka Package
Nah, kalo ini bisa diibaratkan etalase sebuah toko buku. Dimana tersedia beberapa tema yang bisa kalian pilih. Difitur ini kita bisa milih beragam tema yang sesuai keinginan kita. Misal nih buat yang doyan travelling, bisa nyari buku travelling. Lengkap deh pokoknya!!!. Asal jangan nyari buku nikah aja. Karena nggak ada!!.

Shelf
Fitur yang satu ini ibarat sebuah rak. Dimana buku yang udah kita sewa / pinjam / beli bakal tersusun rapi di rak menjadi koleksi buku di shelf.

Notification
Fitur dimana kamu bisa modus modusaaan sama pecinta buku yang kamu taksir :p.
Fitur ini memungkinkan si pengguna dapat menerima pesan secara khusus dari pengguna iJakarta yang udah jadi temen (kalo belom temenan mah gak bisa!!).

Oh ya selain itu jangan lupa juga buat isi profile user kamu yah guys. *siapa tau ada yang naksir* hahaha.
Gimana gimanaaaa, sesimpel itu lho buat baca buku. Segampang memegang tangan kamu :) .
Saya sebagai kutubuku berterimakasih sekali dengan adanya apps ini.


Yuk ah pada download iJakarta. Raisa aja udah download, masa ia kalian belom ^^.