Jangan tanya kenapa saya begitu cinta dengan Flores.
Flores telah memikat hati saya, semenjak pertama kali menjejakkan kaki disana April 2014 lalu.
Flores membuat saya belajar arti sebuah kehidupan, kesederhanaan, kekeluargaan, cinta kasih dan sebuah senyuman tulus. Saya paling demen deh ngeliat orang sana kalau lagi senyum. Belum lagi orang asli sana yang wajahnya cakep – cakep, macem orang Amerika Latin.

Kenapa sih harus ke Flores ??
saya punya tujuh alasan, kenapa orang Indonesia harus ke Flores. 

1) Senyum orang Flores yang Ngademin Hati.
Jauh sebelum saya mengunjungi Flores, pikiran saya akan wajah orang – orang Nusa Tenggara Timur itu seram – seram. Belum lagi kalau mereka lagi berantem antar suku. Kebayang dong, kalau anak gadis yang manis macem saya ke Flores sendirian nanti dijutekkin orang sekampung.  
Say cheese :)
Eeeh nyatanyaaa, ketika saya menginjakkan kaki ke Flores semua pikiran saya akan seramnya orang – orang disana sirna sudah. Baru juga turun dari pesawat sudah dikasih senyum yang ngademin hati. Pokoknya kalau orang sana udah senyum, damai deh hati. Senyuman mereka ngademin banget :) . 

2) Flores punya “Sawah Jaring Spiderman”.
Jauh sebelum datang ke Flores, bentuk sawah (lingko) yang biasa saya lihat petak – petak. Makanya ketika sampai di Flores dan melihat bentuk sawah yang mirip jaring laba – laba ini saya jadi takjub sendiri.  
Spiderweb rice field.
Konon, bentuk sawah ini melambangkan persatuan orang Manggarai yang kuat. Sawah ini dibuat  dengan sistem pembagian tanah oleh kepala adat orang Manggarai. Patokannya dimulai dari tengah, kemudian ditarik garis menyerupai jaring laba – laba sehingga pembagiannya bisa rata. 

3) Flores punya hewan purbakala yang mendunia.
Tak sedikit wisatawan asing yang berkunjung ke Flores dengan alasan ingin melihat komodo. Flores memiliki Taman Nasional Komodo, dimana sekelompok Komodo hidup bebas mulai dari pacaran, pedekate, kawin, punya anak hingga berantem. 
Selfie dulu kite.
Dan kalau kalian beruntung, bisa selfie sama komodo loooh!! kayak foto saya diatas. Dibutuhkan keberanian yang kuat demi selfie ini. Jaga jarak dan plis jangan sksd sama si ora ini.
(Penting : selfie harus diawasi oleh rangers!!).

4) Sunset di Flores itu ciamik.
Sebagai orang yang gak doyan banget bangun pagi (kecuali kalo ada kerjaan), saya lebih suka dengan menikmati sunset dibanding sunrise. 
Pemandangan ini selalu bikin kangen.
Bagi saya menikmati sunset itu salah satu obat mengatasi rasa lelah setelah seharian beraktifitas. Sunset itu syahdu banget pokoknya. Apalagi kalau menikmati sunset bareng orang tersayang *eeeh. kemudian baper*. 

5) Flores punya pink beach.
Destinasi wisata di Flores itu beragam. Gunung, Goa, Pantai, Desa Adat semuanya mempesona. Salah satu Pesona Indonesia yang ada di Flores adalah Pink Beach. 
Pict by : Om Toliq.
warna pinknya keliatan kalau sore hari.
Dimana pantai tersebut memiliki pasir berwarna pink. Warna pink tersebut dari serpihan karang yang berwarna merah. Jangan lupa juga untuk menikmati keindahan bawah laut pink beach yaaah. Cukup snorkeling sebentar saja, kalian sudah bisa ngeliat karang warna warni dan ikan yang bikin gemez. 

6) Flores punya koleksi kopi yang nikmat.
Salah satu oleh – oleh yang paling praktis dibawa itu Kopi. Belum lagi Flores termasuk daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia.
Kopi Manggarai dan Kopi Wae Rebo adalah salah satu dari sekian banyak macam kopi yang ada di Flores.  
Dibalik secangkir kopi.
Rasanya jangan ditanya lagi. Sangat nikmat diseruput selagi hangat sambil bercengkrama dengan penduduk lokal Flores yang ramah – ramah.

7. Flores itu ngangenin!.
Flores itu punya segalanya. Keindahan alam dan bawah lautnya juara. Budayanya pun sangat beragam. Bahkan sekali saja kalian mengunjungi Flores, maka aka nada perasaan untuk kembali lagi ke Bumi Flores. Flores seakan memiliki daya magis tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung kesana. bahkan sampe sekarang pun saya ingin kembali ke Flores lagi demi mengeksplor kecantikan daerah di Nusa Tenggara Timur ini. 


Anggep aja ini Nadine Chandrawinata.
Keindahan Flores tak cukup jika diungkapkan lewat tujuh alasan.
“Magical Flores” memang begitu kental terasa. Selain Flores pun masih banyak destinasi wisata di Indonesia yang bisa kalian eksplor lebih dalam. Dari Sabang samapai Merauke tersimpan keindahan alam dan budaya yang begitu beragam. Impian saya ialah dapat menjejakkan kaki dan berkeliling semua provinsi yang ada di Indonesia sebelum umur 30 tahun, hahaha.

Dan banyak cara mencintai Indonesia, dengan tidak merusak alam dan mencintai alam dengan tidak membuang sampah sembarangan.
Jadi kalau kalian semua sedang travelling kesuatu tempat, please jangan alay macem pengunjung di kebun bunga amarilis yah :) . Cheers!!!.

Teks & Foto : Astari Ratnadya