*Tulisan ini bukan sponsored post*

Momen Hari Libur memang selalu ditunggu – tunggu oleh semua orang. Apalagi momen Hari Raya, dimana semua perantau “pulang” ke tanah kelahiran masing – masing. Pada tau kan kalau momen libur nasional, harga tiket transportasi khususnya transportasi udara melambung tinggi. Semua bandara bakalan padat dengan pemudik – pemudik yang rindu akan kampung halaman. Saya pun termasuk dari rombongan pemudik yang sudah rindu akan tanah kelahiran, Palembang.

Tiket ke Palembang sudah saya kantongi dengan jadwal penerbangan pada Jumat, 24 Juni 2016. Namun karena ada pekerjaan yang masih harus diselesaikan, penerbangan ke Palembang terpaksa dirubah jadwalnya. Sempat browsing mengenai “Cara Mengganti Jadwal Penerbangan Citilink” tapi berakhir dengan kekecewaan. Info mengenai cara mengganti jadwal penerbangan Citilink, masih lumayan minim dan tidak informatif. Raisa sedih ih!. 


Berikut saya jabarkan Cara Mengganti Jadwal Penerbangan Citilink (Reschedule ticket Citilink)

MOHON DIINGAT ! 
Bagi kalian yang akan merubah jadwal penerbangan Citilink.
Perubahan jadwal penerbangan / reschedule ticket Citilink hanya bisa dilakukan satu kali dengan nama penumpang yang sama dan bandara keberangkatan serta kedatangan yang sama.

1. Silakan hubungi customer care Citilink 08041080808
Nomor telpon customer care Citilink ini 24 jam dan cukup mudah untuk dihubungi  (antriannya ga pake lama!). Oh ya, pastikan pulsa kalian cukup yah untuk menelpon !

2. Siapkan Kode Booking Penerbangan
Nah, ini yang penting!!! Siapkan kode booking penerbangan kalian. Nantinya operator Citilink bakal nanyain kode booking penerbangan kalian. Kan enak kalo bisa cepat ngejawabnya (operator juga butuh kepastian). Hitung – hitung hemat pulsa. Ye kan..

3. Pilih Jadwal Penerbangan
Silakan pilih jadwal penerbangan pengganti. Pastikan jadwal  (hari dan jam) sudah benar – benar fixed! Tidak galau ataupun labil lagi. Malu ih, udah gede masih labil :( . Nantinya operator Citilink, bakal menginformasikan biaya perubahan jadwal yang harus kalian bayar. 
Biaya perubahan jadwal dihitung dari biaya administrasi + biaya selisih harga tiket. Kalau kalian oke dengan biaya perubahan tersebut, operator bakal memproses jadwal penerbangan terbaru kalian dengan syarat melakukan pembayaran perubahan jadwal penerbangan Citilink maksimal 1x3 jam
Operator akan memberi kode pembayaran yang terdiri dari 12 digit nomor togel 
Pada kasus ini, saya hanya membayar biaya perubahan jadwal penerbangan citilink sebesar Rp 50.000 (lima puluh ribu rupiah). Karena harga tiket yang kebetulan sama.

Catatan : Biaya administrasi perubahan jadwal Citilink hanya Rp 50.000. Jikalau tiket kalian lebih mahal harganya dibanding tiket sebelumnya, kalian akan dikenakan biaya administrasi + selisih harga tiket saja.

4. Lakukan Pembayaran
Pembayaran perubahan jadwal penerbangan Citilink dapat dilakukan melalui atm transfer dan internet banking, khusus internet banking hanya bisa internet banking Mandiri saja (gak sengaja nyebut merek).  

Cara melakukan pembayaran dengan internet banking mandiri :
- Pilih menu Bayar
- Kemudian pilih Multi Payment
- Lalu pilih "Citilink Tickets" pada penyedia jasa
- Masukkan kode pembayaran
- Pilih lanjutkan dan bayar melalui token internet banking

Setelah melakukan pembayaran, jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran serta kode booking yang kalian dapat dari transaksi tersebut.

5. Konfirmasi Pembayaran
Untuk konfirmasi pembayaran hanya bisa melalui telepon ke customer care Citilink. Jangan lupa untuk menyebutkan kode booking serta alamat email aktif (pastikan nama email  mudah dipahami dan tidak alay!).
Kurang dari lima menit, tiket penerbangan citilink terbaru sudah masuk ke email kalian. Alhamdulillah…

Oh ya, reschedule tiket citilink ini maksimal 4 jam sebelum jadwal keberangkatan ya.

Titip salam yah buat sanak keluarga kalian di kampung, wahai pembaca blog yang budiman :) .