Adakah diantara kalian yang suka upload foto live selfie tanpa diedit ketika sedang traveling ? Kalo saya sih “sering” banget upload foto selfie dan tentunya ga pake edit-editan atau camera360.
Pernah suatu kali sedang melakukan perjalanan ke NTT dan selfie bareng pilotnya, langsung tak upload di PATH. Eeeh ada aja yang komen bikin hati Raisa tersayat…
“itu muka atau bungkus gorengan? Minyakkan banget ish”.

Ealaaah ketika dizooom in zoom out, ternyata foto yang saya upload tadi memang memperlihatkan tambang minyak yang begitu banyak di wajah saya. Maluu ih. Udah upload dan diliat banyak orang. Tapi yaudahlah ya, life must go on. Toh kalo cantik mah cantik aja! Selaaaw kayak di pantai. 
abaikan muka saya yang udah kayak tambang minyak.
Dulu kalo lagi travelling, saya fokusnya mempersiapkan peralatan tempur untuk mengabadikan objek yang bakal dijepret. Untuk urusan kesehatan dan kecantikan kulit dinomorduakan. Padahal kan kulit sehat itu investasi untuk masa depan!!. Siapa sih yang gak mau punya kulit sehat di usia senja :) .

Sekarang sih saya udah nyiapin skincare yang siap dibawa – bawa ketika sedang melakukan perjalanan plus makeup seadanya biar photoshoot tetep mempesona #PesonaIndonesia. Setelah melakukan survey sana – sini terhadap skincare yang ada di pasaran kosmetik, akhirnya pilihan saya jatuh kepada CETAPHIL. Sebenarnya produk Cetaphil ini sudah lama sih, tapi memang belum terlalu banyak dijual di pasaran Indonesia. Pertama kali nyoba produk Cetaphil, waktu lagi traveling  di Thailand. Pas udah sampe Indonesia dan produk cetaphil abis, agak kesulitan sih nyari produk ini di Indonesia.

Trus apa sih keunggulan Cetaphil dibanding produk pesaing lainnya ?? Well, saya bakal bagi pengalaman saya selama menggunakan produk Cetaphil ini melalui 4P (Product, Price, Place, dan Promotion) *maklumin aja fresh graduates marketing*

Tapi sebelum ngebahas 4P Cetaphil, saya bersihin wajah dulu ya.
Maklum saja, baru kelar meeting seharian tadi. Dan wajah udah minyakan banget. 
Before - after sebelum pake Cetaphil. Kontras banget yag -_-"
Product
Dari informasi yang saya dpat di website Cetaphil, ada 4 jenis produk yakni pelembab, pembersih, perawatan khusus dan perlindungan. Nah kalau saya sih lebih milih produk pembersihnya.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Ini sih cleanser favorit saya dan selalu setia menemani setiap perjalanan saya. 

 
Oh ya, berbeda dengan produk pembersih wajah lainnya, cetaphil ini gak berbusa dan gak berbau. Cocok untuk semua jenis kulit dan kandungannya yang lembut gak bakal bikin iritasi ketika sedang membersihkan kulit. Satu hal yang saya suka dari produk ini adalah bisa dipake di wajah dan seluruh tubuh! (jadi nggak perlu ribet bawa sabun mandi lagi ketika travelling).  

 
Satu lagi yang membuat saya sukaak banget sama produk ini ialah bisa dipake tanpa air !. Jadi Cuma perlu tisu atau handuk kecil aja sehabis pemakaiannya. Kebayang kan kalau lagi naik gunung dan susah air. Tinggal pakai cetaphil dimuka dan dibersihkan pake tissue doang. Kulit bersih seketika.

Price
Untuk harga satu botol Cetaphil ini beragam. Satu botol produk Cetaphil 125ml dijual dipasaran sekitar 125-150rebu (tergantung promo – promo juga sih). 


Harga produk Cetaphil bisa dibilang lebih “high” dibanding produk cleanser sejenis lainnya. Kadang ada yang nanya “Kok mahal banget yah?” . Well, Cetaphil ini bisa dibilang legend dibidang skin cleanser. Dan juga menjadi produk yang sering direkomendasi oleh dokter – dokter di seluruh negara lho.

Place
Bagi kalian yang tinggal di indonesia, bisa dapetin produk – produk Cetaphil di Guardian, Century, FoodHall atau Watson. Saya sih baru nemu disitu saja, selama melakukan pencarian hehehe (pencarian di beberapa mall di Jakarta).

Promotion
Sudah pernah mampir ke website Cetaphil ? kalau belum bisa mampir kesini . Di website Cetaphil kalian bisa tau lebih jelas mengenai informasi – informasi terkait Cetaphil. Mulai dari jenis produknya hingga beragam promo yang ada. Jangan lupa gabung ke milisnya Cetaphil yah dan terus kepoin social medianya Cetaphil di Facebook, twitter, instagram dan youtubenya  . 


Cetaphil gentle Skin Cleanser ini cocok buat kalian yang demen traveling dan karyawan lapangan. Pokoknya ngebersihin wajah makin muda pake skin cleanser ini. Selain itu juga bentuknya yang minimalis gampang dibawa kemana – mana.  
Karena Video diatas gak seprofesional video di channel youtubenya Cetaphil *ya ialah jauh beda*, mending tengok video dibawah ini deh yah haha. 



Paling penting nih gak usah ribet mikirin air buat cuci muka! Tinggal pake cetaphil skin cleanser dan bersihin aja pake tissue ataupun sapu tangan. As simple as that. Tampil mempesona setiap saat, siapa takut ! *kibas rambut*.