Dua kali berkunjung ke Saumlaki rasanya aku tidak pernah bosan untuk mengatakan bahwa kota kecil yang berada di Pulau Terluar Indonesia ini begitu indah.

Saumlaki merupakan ibukota dari Maluku Tenggara Barat. Letak kota kecil ini lebih dekat dengan Darwin, Australia dibanding Jakarta, Ibukota Negara Indonesia.

Maluku tak hanya Ambon saja. Banyak sekali destinasi indah yang sangat sayang dilewatkan jika kalian sedang berada di pulau maluku. Salah satunya Saumlaki.

Berikut Tips bagi kalian yang punya rencana untuk berkunjung ke Saumlaki.

1. Sinyal Telkomsel Paling Kencang
Sinyal provider yang paling kencang di Saumlaki hanya Telkomsel saja. Provider lain seperti Indosat dan XL sebenarnya bisa juga digunakan. Namun sinyalnya tak sekencang sinyal kartu merah ini.


2. Waktu di Saumlaki 2 Jam Lebih Cepat 
Dari letaknya yang sangat jauh dan berada di Pulau Terluar Indonesia, Saumlaki mempunyai waktu yang dua jam lebih cepat dibanding Jakarta.

3. Tradisi Minum Sopi
Sama seperti daerah di Timur Indonesia, Saumlaki juga punya minuman khas bernama sopi. Minuman yang mengandung alkohol ini biasa diminum saat perayaan 17 an ataupun pesta.

Banyak Sekali Gereja Cantik di Saumlaki.

4. Mayoritas Penduduk Saumlaki Katolik 
Pengaruh kental misionaris katolik, sudah hadir di Saumlaki sejak tahun 1629. Walaupun mayoritas penduduk Saumlaki Katolik, mereka tetap hidup harmonis berdampingan dengan masyarakat dengan keyakinan berbeda.

5. Transportasi ke Saumlaki Bisa Ditempuh Via Laut maupun Udara
Untuk transportasi Udara dari Jakarta, kalian bisa menempuh perjalanan Jakarta - Saumlaki dengan transit di Ambon terlebih dahulu sebelum sampai ke Bandara Mathilda Bathlayeri di Saumlaki. Kalian bisa cek harga tiket penerbangan ke Saumlaki di pegipegi.com. Mumpung lagi banyak promo.

Sedangkan untuk transportasi via jalur laut, kalian yang dari Jakarta harus menggunakan kapal Pelni dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. 

Nahan ketawa karna pas mau foto diajak ngobrol terus sama bapak - bapak disini.
6. Masyarakat Saumlaki Sangat Ramah
Ketika tiba di Saumlaki, kalian akan merasakan langsung betapa ramahnya masyarakat Saumlaki yang selalu menebar senyum. Mayoritas masyarakat di Saumlaki selalu menyapa para wisatawan.

7. Kain Tenun Oleh Oleh Khas Saumlaki
Berkunjung ke Saumlaki jangan lupa untuk membeli cenderamata dari kota ini. Kain Tenun menjadi cenderamata yang selalu diburu oleh wisatwan. Untuk satu kain tenun Saumlaki ukuran kecil harganya mulai dari IDR 100.000.

Nggak pengen nih foto disini ?
8. Banyak Pantai Indah di Saumlaki
Jika kalian berkunjung ke Saumlaki jangan lewatkan kesempatan Island Hopping. Seriously Saumlaki punya banyak pantai indah untuk berenang ataupun sekedar buat leyeh leyeh di pantai.

Well tahun depan aku udah punya rencana mau balik ke Saumlaki lagi. Ada yang mau ikut ? Pengennya sih perginya lewat jalur laut dan pulangnya naik pesawat. Pasti seru banget kan. Yuk mana tau ada yang mau gabung.