Perjalanan ke Banjar beberapa tahun lalu masih terekam dengan indah diingatan. Banjar adalah nama salah satu daerah yang ada di Jawa Barat. Lokasinya sekitar lima jam dari kota Jakarta. Mungkin banyak yang masih asing dengan "BANJAR". Wajar sih, akupun begitu dulu. 


Mohon digaris bawahi jika BANJAR bukan BANJARMASIN. Dari letak keduanya saja berbeda. Banjarmasin di Pulau Kalimantan sedangkan Banjar di Pulau Jawa. Keduanya pun pasti memiliki keragaman sendiri mulai dari adat istiadat, sejarah, budaya bahkan tempat wisatanya. Pokoknya keduanya punya keunikan sendiri - sendiri.

Dua kali berkunjung ke Banjar rasanya aku tidak pernah bosan untuk mengatakan bahwa Banjar ini begitu indah. Banjar ini lokasinya tak terlalu jauh dari Pangandaran yang mungkin lebih dikenal oleh sebagian orang - orang. Namun kalau boleh jujur, wisata di Banjar pun tak kalah dengan wisata yang ada di Pangandaran.

Berikut 7 Hal Penting Tentang Banjar yang harus kalian tahu sebelum travelling kesana.

1. Sinyal Telkomsel Paling Kencang
Jangan berharap untuk bisa online dan terus menerus update instagram story yah. Karena di Banjar hanya provider tertentu yang bisa online. Kalau kalian berkunjung ke Banjar, aku anjurkan untuk menggunakan provider Telkomsel selama travelling disini. Karena sinyal Telkomsel paling kencang.

Provider lain seprti indosat, XL ataupun 3 sebenarnya bisa juga digunakan. Namun sinyalnya up and down dan hanya bisa online di jam tertentu.

2. Banjar punya beragam Spot untuk Body Rafting
Kalian pecinta wisata air ? Banjar pun tak kalah dengan Pangandaran. Disini juga wisatawan bisa memilih beragam aktifitas wisata air misalkan body rafting, cave tubing ataupun mencoba adrenalin dengan lompat dari atas tebing ketingggian 13 meter hingga bermain ayunan diatas air.

3. Banjar Punya Spa Ikan Gratis
Disaat kota - kota lain memberikan tarif untuk spa ikan, wisata air yang ada di Banjar umumnya menyediakan satu kolam yang sudah diisi ikan dan wisatawan bisa memasukkan kakinya ke kolam tersebut untuk merasakan spa ikan gratis. 

Pertama kali dalam hidupku nyobain spa ikan gratis dan berasa geli geli gitu ketika si ikan mendekat ke kaki.

4. Selokan yang Super Bersih
Cuma di Banjar aku menemukan selokan yang super bersih dengan air yang jernih. Kalian tau lah kan wajah selokan di daerah lainnya seperti apa.
Bahkan selokan di Banjar ini jadi rute untuk Bodyrafting juga. Salut. 



5. Banjar Punya Stasiun Kereta
Tak kalah dengan kota - kota yang ada di Pulau Jawa, Banjar juga punya stasiun kereta api yang sampai saat ini masih aktif digunakan.

6. Ada Penginapan Kontainer di Banjar
Penginapan super unik yang ada di Banjar yakni Hau Citumang. Penginapan ala kontainer dengan tema glamping. Sempatkan waktu kalian untuk mencoba pengalaman menginap di Kontainer.



7. Bus dan Kereta Api, Moda transportasi menuju Banjar
Ada beberapa alternatif bagi kalian yang berencana berlibur ke Banjar. 
Pertama bisa menggunakan kereta api. Harga tiketnya pun cukup terjangkau sekitar 70 ribuan untuk kelas ekonomi dengan perjalanan kurang lebih 8 jam jika berangkat dari Jakarta.

Selain itu wisatawan juga bisa menggunakan moda transportasi bus jika ingin berkunjung ke Banjar. Percayalah naik bus sekarang itu nyaman banget lho. Apalagi kalau punya banyak waktu. Aku rekomendasiin untuk naik bus saja. Btw naik bus juga bisa tetap nyaman kok. Baca tips biar naik bus tetap nyaman disini deh.


Nah untuk kalian yang mau naik bus bisa menggunakan bus dari PO Budiman. Teman - teman yang orang Jawa Barat pasti udah nggak asing lagi dengan PO Budiman. Salah satu perusahaan transportasi umum terbesar dan terpopuler di Jawa Barat dan harganya masih terjangkau banget.

Jangan khawatir untuk kesulitan mendapatkan tiket bus ini. Sekarang Tiket Bus Budiman bisa dengan mudah kalian dapatkan secara online di Traveloka. Nggak ada lagi drama ditipu calo kalo udah bisa beli tiket online begini. Sebuah terobosan yang sangat baik di industri pariwisata.

Btw aku rencana Oktober nanti mau ke Banjar nih. Ada yang mau gabung juga ndag ? pengen nginep di HAU Citumang lagi nih. Japri yah kalau mau ikutan 😋.