Jaman-jaman masih suka bacpackeran ala mahasiswa dulu, penginapan murah adalah keharusan. Pokoknya harus dapet penginapan yang super murah kalau lagi backpackeran. Mau penginapan kelas melati mah hayok aja. 

Duh kalau inget jaman-jaman masih awal perkuliahan, namanya juga anak rantau kan pengennya eksplor berbagai kota maupun daerah di bumi pertiwi. Mumpung liburan semester berbulan-bulan. 

Tapi ada sebuah kejadian yang sekarang masih segar di ingatanku. Masa-masa nginep di hotel kelas melati yang dinding satu kamar ke kamar lainnya terdengar. Jadilah kala itu dua mahasiswa yang masih gadis ini mendengar suara-suara yang tidak mengenakan 👀. Beriiisiiik maksudnyaaaa gitu.

Btw kalau ada yang nanyain ke aku "lu kalau traveling nginepnya di hotel mahal yah ?". Absolutely No. Akuuu nggak begitu rela mengeluarkan uang yang banyak untuk penginapan yang hanya aku tiduri saat malam saja. Akan berbeda halnya ketika aku traveling bersama keluargaku.


Dari hasil survey, menyatakan kalau anak millenials jaman sekarang lebih suka uangnya dipakai untuk traveling dibanding DP Rumah. Ya betul sik itu. Betul banget!
Bahkan waktu aku sedang traveling ke salah satu negara di Asia Tenggara dan bertemu dengan salah satu traveler berumur asal Indonesia, beliau mengatakan begini "Dulu jaman saya mah kalau ada duit, duitnya ditabung buat DP rumah. Beda banget sama Anak jaman sekarang". Katanya gitu.

Tapi percayalah kalau masih banyak juga anak millenials lainnya yang berjuang menabung untuk bisa kebeli rumah macem Anang Ashanty. Termasuk anak millenials yang sedang menulis artikel ini.

Well, kalau untuk pemilihan penginapan, aku sebenernya melihat itineraryku terlebih dahulu. Jika kegiatan untuk eksplor lebih banyak, biasanya aku pilih budget hotel. Tapi kalau memang tujuan liburan buat staycation yah memang milihnya penginapan yang super nyaman dan instagramable. Biar bisa nyetok foto buat konten 😅. *lagi-lagi konten.

Syarat penginapan yang aku ingin inapi tuh kira-kira begini harga murah boleh tapi fasilitas gak asal murahan daan maap banget (bukan hotel esek-esek). Syaratnya tuh antara lain tempat tidurnya bersih, perlengkapan mandi lengkap dengan shower air hangat, free air minum, ada AC dan TV, trus syukur-syukur punya koneksi wifi yang oke.

Kenapa harus ada koneksi wifi yang oke ?
Pekerjaanku sebagai content creator membuatku sancta membutuhkan wifi untuk membuat konten hingga berhubungan dengan klien melalui saluran email ataupun sosial media.
Jadi yah wifi sudah jadi kebutuhan wajib.

Ngomongin budget hotel, kalian pernah denger AIRY nggak?
Berawal dari googling sana-sini, akhirnya anu ketemu sama AIRY.
Sebuah virtual hotel operator yang menyediakan budget hotel/hotel murah dengan fasilitas oke dan gak murahan. Harganya pun amat bersahabat di kantong para pejalan.

Okenya lagi nih ya sebagai virtual hotel operator, Airy punya komitmen untuk mengelola kamar-kamar hotel yang sebelumnya biasa saja (biasa banget malah), menjadi hotel dengan kondisi yang nyaman dan aman. Dengan adanya Airy ini ngebantu banget buat mengelola dan meningkatkan penjualan kamar hotel. Tentunya hotel-hotel yang dulu dianggap setelah mata.


Pas acara di Balai Kartini, 3 Juli 2019 lalu aku jadi tau betapa Airy ini sangat berkomitmen untuk memajukan perekonomian. Saluut!!

Nah di acara diskusi bareng Airy dan KataData kemarin, ada award juga buat tiga mitra yang berprestasi.

Pertama, Liv Hotel Jakarta sebagai mitra dengan kategori nilai ulasan komplain terendah.
Kedua, Ressident Six Jakarta sebagai mitra dengan nilai ulasan audit tertinggi.
Ketiga, Pooncowintan Hotel Yogyakarta sebagai mitra dengan nilai ulasan peningkatan kualitas layanan.

Wah saluuut banget yah sama mitra Airy. Menurutku dengan adanya awards semacam ini semakin meningkatkan semangat mitra-mitra Airy untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelangganya. Selain itu juga Airy ini membantu perekonomian lebih maju khususnya untuk perekrutan tenaga kerja.

Tenaga kerja yang direkrut pun bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) sehingga kompetensi dan keterampilannya terjamin. 

Ngomong - ngomong nih yah berhubung lusa nanti mau terbang ke Yogyakarta, mau stay di Airy yang ada disana ah. Kalian punya rekomendasi ndag ? Please drop your comment here kalau ada rekomendasinya yah.