Akhirnya kesampean juga untuk melakukan perjalanan darat dari Palembang menuju Jakarta. Keputusan yang diambil dalam waktu singkat ini, alhamdulillah mendapat restu dari orangtua ku. 

Berbekal chat singkat dengan uni ve, akhirnya jam 7.00 am kami berdua mulai nyetir dari rumah menuju Jakarta. Sebenernya tujuan ke Jakarta ini cuma buat ambil macbook dan jam tangan adikku yang cowok saja di apartemen, selepas itu akan langsung pulang ke Palembang lagi 😆.

Perjalanan Palembang - Jakarta ditempuh dalam waktu kurang lebih 9 jam (cukup cepat untuk kecepatan rata-rata). Mobil yang kami gunakan untuk berkendara kemarin mobil sedan matic dan alhamdulillah banget perjalanan sangat lancar.

Rincian biaya perjalanan darat Palembang - Jakarta, kurang lebih seperti ini :

1. Tol Palembang - Indralaya 

  • Bayar tol Palembang - Indralaya, IDR 20,500

Kebetulan banget dua wanita yang di mobil ini ngga begitu paham tol baru di Palembang 😶 jadilah kami salah masuk tol hahaha. Sebenernya bisa langsung masuk tol Palembang - Kayuagung. Cuma yaudahlah anggep aja mampir nengok kampus UNSRI Indralaya dulu (dari luar).

2. Tol Kayuagung - Bakaheuni

  • Bayar tol Kayuagung - Bakaheuni, IDR 289,000
Nah karena kami salah masuk tol, akhirnya mau ngga mau kami harus lewatin jalan raya kayuagung yang kecil (susah banget buat ngebut)!!!.
Nasib baik ketemu polisi yang lagi patroli, jadi bisa diarahkan ke tol Kayuagung. Nah disini lancar banget perjalanan. Tinggal ikutin jalan aja dan cuuus sampe ke pelabuhan Bakaheuni.

3. Tiket Kapal Bakaheuni - Merak
  • Bayar tiket mobil buat nyebrang, IDR 419,000
Untuk nyebrang dari pelabuhan Bakaheuni ke Merak ini ada dua pilihan kapal, yakni regular dan ekspress.
Berhubung kami kemaren nyantai aja nyetirnya dan nggak buru-buru, jadilah kami memilih kapal yang regular saja. 

Btw untuk pemesanan tiket kapal ini hanya bisa dibeli secara online yah >> silakan langsung ke www.ferizy.com (kalo masih mau lewat calo ya monggo. Tapi yuk mulai sekarang mandiri aja ordernya, toh gampang banget kok ordernya).

Nah kalau sudah order tiketnya, nanti bisa langsung kamu print di gerbang masuk pelabuhan. Semua petugasnya sangat helpful banget lho!.
Oia jangan lupa sediakan KTP dan hasil test antigen.
Perjalanan naik kapal dari Bakaheuni ke Merak itu kurang lebih 3 jam (kalau aku ngga salah inget, karena aku sudah langsung tertidur pulas saat naik ke kapal).

Nah, setelah sampai di Merak ikutin aja plang jalan, sampai nanti masuk Tol Merak - Jakarta.

4. Tol Merak - Jakarta
  • Bayar tol Merak - Jakarta, IDR 51,000
Perjalanan tol Merak - Jakarta waktu itu cukup padat dengan truk dan beberapa mobil travel hingga mobil pribadi. Kalau sudah sampai di Jakarta, silakan pilih jalan sesuai tujuan masing-masing. Berhubung aku tinggal di apartemen Kalibata, jadilah keluar dari tol, aku mengambil jalan ke arah cawang dan masuk ke tol semanggi dan bayar tol IDR 10,000.

Nah total biaya perjalanan darat dari Palembang ke Jakarta kemarin, kami menghabiskan sekitar 789,500. Menggunakan mobil sedan (2 orang). 
Semua budget diatas, exclude uang bensin, bayar toilet (di beberapa tempat), dan juga biaya jajan buat mengisi perut hahaha.

Well, kalau untuk pergi berdua saja, memang biayanya hampir sama kayak naik pesawat dari Palembang ke Jakarta yang rata -rata dibandrol seharga 400ribuan. Tapi sensasi roadtrip itu beda. Pengalamannya dan keseruan di jalan. Kamu bakal menemukan banyak orang baik dalam perjalanan serta hal-hal menarik lainnya.

Jangan lupa menyediakan kartu e-money ataupun flazz dengan saldo yang cukup yah. Karena berabe banget kalau sampe kehabisan saldo saat udah masuk tol.

Nextnya mau roadtrip kemana lagi yah enaknya ???