Singkat namun Memikat, Gerhana Matahari Total di Balikpapan.#WonderfulEclipse

Solar Eclipse 2016, Balikpapan.
Jauh sebelum memilih Balikpapan sebagai destinasi yang dituju untuk merekam Gerhana Matahari Total, banyak artikel seputar Gerhana Matahri Total yang sudah saya baca. Sampai terpilihlah Balikpapan sebagai destinasi yang akan saya datangi demi melihat langsung Gerhana Matahari Total.

Kenapa harus ke Balikpapan ?
Bukan berarti tak cinta dengan kota kelahiran, yakni Palembang. Tapi kalau diberi kesempatan untuk eksplor kota lain kenapa enggak. Ditambah lagi dengan beberapa artikel yang saya baca, bahwa Balikapapan merupakan tempat terbaik untuk melihat fenomena Gerhana Matahari Total.  Ditambah dengan tiket pesawat menuju Balikpapan yang kebetulan “sesuai kantong”, maka Balikpapan lah yang saya pilih. 


Awannya cakeup!
Ada empat tempat yang dijadikan sebagai lokasi untuk melihat langsung Gerhana matahari Total, yakni Lapangan merdeka, Pantai Manggar, Tanah paser dan Grogot. Dari keempat lokasi yang dijadikan lokasi untuk melihat Gerhana Matahari Total, pilihan saya jatuh pada Lapangan Merdeka. Karena jarak pandang yang luas dan juga tidak terlalu banyak halangan seperti pepohonan yang menganggu.

Fenomena langka gerhana matahari total, 9 Maret 2016 disambut suka cita oleh warga Balikpapan yang berada di lapangan merdeka. Warga setempat begitu antusias menyambut fenomena langka Gerhana Matahari Total. Ada yang datang dengan keluarga, teman, sahabat, kerabat, bahkan wisatawan asing pun terlihat memenuhi lapangan Merdeka. Memang tidak terlalu banyak wisatawan asing yang memadati lapangan merdeka, karena banyak wisatawan asing yang memilih Grogot sebagai lokasi untuk melihat gerhana matahari total. 



Sebelum fenomena gerhana matahari total, ada pembagian kacamata gratis yang berlangsung riuh. Maklum yaaah, jumlah kacamata yang Cuma seiprit dibanding dengan jumlah warga yang hadir. (Semoga nexttime pemerintah bisa lebih baik mempersiapkan event keren seperti ini). selain itu warga setempat juga melaksanakan sholat gerhana di musolla terdekat dan helipad.

Gerhana Matahari Total di Balikpapan terjadi pada pukul 08:34 wita. Saat dimana matahari bertemu dengan bulan. Piringan matahari tertutup bulan dan kegelapan menyelimuti lapangan merdeka, Balikpapan. Fenomena langka ini hanya terjadi sekejap saja, kurang lebih 60 detik. Gerhana matahari total di Balikpapan memang sangat singkat namun memikat hati pengunjung yang berbondong – bondong ke Lapangan Merdeka. 


Pict by : Astari Ratnadya
Moment gerhana matahari total ini juga menjadi ajang berkumpulnya mahasiswa Indonesia pecinta Astronomi. Dzakia Esti misalnya, anggota klub astronomi  dari pesantren di kota Solo yang tergabung dengan 34 volunteer lainnya terbang ke Balikpapan untuk melihat fenomena gerhana matahari total.
kita ada 35 volunteer, sebelum acara puncak gerhana matahari total ini sebelumnya ada lomba cerdas cermat bagi anak – anak SMA dan juga pengamatan bintang di Dome”.  


Volunteer nya ramaah aneet :)

Fenomena Gerhana Matahari Total memang memikat hati siapa saja yang melihatnya. Termasuk saya!. posisi kamera dan tripod sudah pas. Ditambah dengan bantuan kacamata khusus yang dijadikan filter untuk memotret momen langka ini. Decak kagum akan fenomena langka ini begitu terasa. Semua masyarakat yang memenuhi lapangan merdeka menyebut nama tuhannya masing – masing.
Kacamatanya ditempelin ke kamera :)
Kesulitan terbesar dalam memotret gerhana matahari total ini adalah perlengkapan yang tidak memadai. Lensa standar banget, ditambah dengan kondisi kamera yang kotor (lupa dibersihin). Jadi, bagi teman – teman yang nantinya akan memotret fenomena alam lain seperti gerhana matahari di tahun – tahun berikutnya, selalu persiapkan perlengkapan tempur kalian yaaah. 
Baca : Kamera.

Lucky Me!! bisa motret Gerhana Matahari Total. Dan Balikpapan, gerhana matahari totlanya bersiiih. Nggak pake drama - drama ketutup awan. 


Teks & Foto : Astari Ratnadya


22 komentar:

  1. Asyiknya... Bisa menyaksikan fenonema Gerhana Matahari Total di daerah lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Gerhana Matahari Total di Balikpapan epic Kak.
      Beruntung bisa motret, walaupun sungkar namun sangat memikat.

      Delete
  2. Replies
    1. Gerhana Matahari Total di Balikpapan, sungkar namun memikat. Keceee paraaah Kak.

      Delete
  3. Haha iya sama sih ... mau ikutan GMT, tp lensa kamera blm memadai wkwk :-D

    Itu awannya kok bisa cakeup gituuu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi bisa diabadikan lewat kamera mata kak hahaha. Nggak semua moment bisa diabadikan lewat kamera digital :p.
      Asliii cakeup banget Gerhana Matahari Total di Balikpapan, sungkar namun memikat.

      Delete
  4. Saya menikmati GMT di Luwuk, langitnya cerah tanpa ada drama2 ketutup awan. hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu ke Luwuk kaaak?? Wuaaah keceee.
      Untungnya di wilayah Timur pemandangannya bersih yaaag.
      Gerhana matahari Total jawaraa cakeupnya.

      Delete
  5. Ok ... kamu lebih pilih balikpapan di bandingkan nemenin aku di palembang. Cukup tau aja dech, cuman gini doang ternyata :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiket ke Palembang kemaren setara tiket pesawat ke Papua om.
      Aku bisa apaaah kalo begitu. Mau minta duit sama kamu ga enak wkwk.

      Delete
  6. batam walaupun gerhana parsial masih kece :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa daerah yang Gerhana Parsial pada kece kece yah om. Singkat namun memikat banget emang Gerhana Matahari Total ini.

      Delete
  7. Cakeuppo banget gerhananya. Kemarin sempet liat beberapa foto dr banyak tempat, semuanya juara. Pasti rasanya gimana gt kalo lihat gerhananya secara langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanyaaaa bahagia bangeeet kaaak. Lebih bahagia dibanding kenangan sama mantan hahaha.

      Delete
  8. asek, kalau saya mah gak bisa, heheh lha wong di Jawa : )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jawa, gerhana parsial bukannya tah mbak hehe.
      Semoga nanti bisa berkesempatan liat gerhana matahari total yag.

      Delete
  9. Kapan2 maen kak ke solo..pengamatan langit bareng CASA (club astronomi santri assalaam) solo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbaaak, waaah kita ketemu disini :)
      Senang bertemu denganmu. Nanti kalau ke Solo aku mampir ke pondok pesantren yaaah, biar bisa belajar astronomi :).

      Delete
  10. fotonya asyik-asyik..keren memang fenomena ini ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah, moment Gerhana Matahri Total singkat namun memikat hati mbak.

      Delete