In Travel

TIPS BERKUNJUNG KE LABUAN BAJO

Labuan Bajo. Namanya makin populer di kalangan wisatawan, baik itu wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Pertama kali mengunjungi Labuan Bajo awal tahun 2014 lalu, tak terlalu banyak wisatawan yang datang ke sini. Hanya terlihat beberapa wisatawan asing yang sangat excited ketika melihat komodo langsung di Pulau Komodo.


Sekarang, jumlah wisatawan domestik di Labuan Bajo mulai sebanding dengan wisatawan asing yang datang ke salah satu tempat wisata di Nusa Tenggara Timur ini. Dengan kata lain, orang Indonesia sekarang tak mau kalah dengan orang asing untuk mencintai dan mengeksplor negerinya sendiri.




Ngomongin tentang Labuan Bajo, banyak banget teman-temanku yang menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi impian. Termasuk pula mantan bosku yang berasal dari negeri seberang.
“Tari, you know Labuan Bajo? Is it far from Jakarta?” tanya beliau kepadaku.
“Yeah. I go to Labuan Bajo every year” jawabku.


Nah, berhubung sudah beberapa kali mengunjungi Labuan Bajo, aku mau kasih tips yang semoga bermanfaat bagi kalian yang akan berkunjung ke Labuan Bajo!


Tips berkunjung ke Labuan Bajo


1. Pilihlah waktu keberangkatan terbaik
Waktu terbaik mengunjungi Labuan Bajo adalah sekitar bulan Juni – Juli karena cuaca lagi bagus-bagusnya dan pemandangan lagi cantik-cantiknya. Plus, kalau mau trekking tak perlu takut kehujanan. Sebenarnya, pemilihan waktu keberangkatan ini selera masing-masing sih. Aku pribadi lebih suka berkunjung ke sini sekitar bulan Maret – April.


2. Jangan lupa untuk mencari operator sailing
Ini sih yang terpenting. Kalau bisa, dari jauh-jauh hari kalian sudah menentukan operator mana yang akan digunakan jasanya untuk sailing trip. Ada banyak pilihan kapal yang bisa kalian gunakan untuk sailing trip di pelabuhan Labuan Bajo.


Cuma ya itu, kalau langsung go show harus siap-siap tawar menawar saja.




Kalau aku pribadi sih lebih memilih langsung menghubungi operator sailing trip yang aku temukan kontaknya melalui internet. Yang jelas, pastikan operator yang kalian pilih sudah punya catatan yang bagus dan jam terbangnya tinggi. Jangan sampai salah pilih operator, ya!


3. Bawalah uang cash secukupnya
Tak terlalu banyak ATM di Labuan Bajo. Sejauh mata memandang, hanya ada mesin ATM milik bank Mandiri, BNI, dan BRI. Kalau kalian menggunakan bank lain, siap siap saja untuk tarik tunai menggunakan ketiga mesin ATM tersebut dengan biaya admin Rp7.500.


4. Booking tiket pesawat dari jauh-jauh hari
Kalian yang sering bepergian pastilah paham kalau tiket pesawat ke Indonesia Timur itu harganya lebih mahal dibanding tiket ke Bangkok. Makanya, pesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Aku pribadi sih kalau mau jalan-jalan, biasanya sudah pesan tiket pesawat H-2 bulan. Harganya jauh lebih murah.


Untuk kalian yang terbiasa membeli tiket pesawat go show aku tidak menyarankan untuk melakukannya. Karena kemungkinan tidak seindah beli tiket go show untuk ke Pulau Jawa. Kalian malah bisa mendapat harga dua kali lipat jika melakukannya (mau hemat malah bikin sekarat).


Tips tambahan: Belilah tiket pesawat di online travel agent yang menyediakan beragam fitur yang memudahkan kalian. Macam fitur Check-in Online yang bisa menghemat waktu kalian.




Aku biasa check-in online langsung di aplikasi Traveloka untuk tiket penerbangan dari Labuan Bajo menuju Denpasar. Alasan utama jelas supaya aku lebih tenang tanpa harus datang terlalu awal ke bandara hanya untuk antre check-in di counter. Plus, aku juga bisa pilih seat di dekat jendela (seat favoritku). Check-in Online ini bisa digunakan mulai dari 24 jam sebelum penerbangan, lho.




Nah, kalau sudah berhasil check-in online melalui aplikasi Traveloka, boarding pass bisa langsung dikirim ke email kalian masing-masing. Jadi ketika sampai di bandara, bisa langsung baggage drop saja dan cetak boarding pass di counter check-in bandara. Efisien banget, ya?


5. Pilih penginapan yang strategis
Pilihan penginapan di Labuan Bajo semakin beragam. Mulai dari hostel hingga hotel sudah banyak di sini. Rata-rata harga penginapan di Labuan Bajo mulai dari Rp100.000 (untuk satu kamar).




Pilihlah penginapan yang jaraknya tak jauh dari pelabuhan karena selain strategis, kalian bisa dengan mudah mencari makanan kalau lapar.


6. Jangan lupa membawa SUNBLOCK dan SUNSCREEN
Sebenarnya, sudah banyak supermarket di sekitar Labuan Bajo. Tapi, harganya memang sangat mahal dibanding harga barang di tempat lain. Salah satunya, sunblock dan sunscreen.




Untuk kalian yang akan sailing trip menuju Pulau Komodo, wajib bawa sunblock dan sunscreen. Kalau bisa sih sudah bawa sunblock dari rumah, jadi tak perlu cari-cari lagi di Labuan Bajo.


Ingat, kalian wajib banget mengoleskan sunblock dan sunscreen sebelum memulai aktivitas di Labuan Bajo atau saat sailing trip menuju Pulau Komodo. Setidaknya, meminimalisir kulit yang terbakar setelah pulang liburan.


7. Penting! perhatikan tarif transportasi di Labuan Bajo
Penduduk di Labuan Bajo sangat ramah. Jangan ragu untuk berkomunikasi dengan mereka. Tarif transportasi di Labuan Bajo sejauh ini mulai dari Rp5000 hingga Rp10000 untuk angkutan umum. Sedangkan, untuk tarif ojek dari pusat kota ke bandara ataupun sebaliknya mulai dari Rp10000 hingga Rp15000.


8. Jangan lewatkan kunjungan ke beberapa destinasi populer
berkunjung ke Labuan Bajo dan melakukan sailing trip, rasanya tak lengkap tanpa berkunjung ke destinasi populer seperti Pulau Padar, Pulau Rinca, Pulau Kelor, Gili Lawa dan Taka Kanawa. Semua destinasi tersebut bisa kamu sepakati terlebih dahulu dengan kapten kapal jika ingin berkunjung ke sana.


Pulau Padar
Pulau Padar. One of my favourite :)
Pulau Kelor dari ketinggian.
Tips tambahan lagi: Jangan lupa untuk selalu cek barang bawaan kalian sebelum meninggalkan destinasi, ya. Nggak mau kan kalau barang berharga kalian tertinggal di suatu pulau terus harus balik lagi ke sana?




And last but not least, pastikan kalian rutin berolahraga terlebih dahulu sebelum nantinya sering trekking untuk mendapatkan view yang cantik. Selamat menikmati Labuan Bajo, ya!

Untuk yang mau tanya-tanya seputar traveling di Labuan Bajo bisa share comment di bawah, ya. Atau mungkin ada yang mau ngajakin aku ke Labuan Bajo lagi. Boleh banget !

*info tambahan :
Sehubungan dengan kondisi Gunung Agung di Bali yang masih berstatus 'awas', kalian bisa pilih direct flight langsung ke Labuan Bajo dari Jakarta tanpa harus transit di Bali.

Related Articles

57 komentar:

  1. Kece parah banget labuhan bajooooooo, aku pengen kesanaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuuus kesana. Sebelum Labuan Bajo berubah hits macem Bali.
      Oh ya kalau mau berangkat ke Labuan bajo dalam waktu dekat, better ambil direct flight dari Jakarta atau ambil penerbangan ke Kupang kemudian baru penerbangan ke Labuan Bajo.

      Delete
  2. Bawa akuu ke Labuan Bajo dong Kak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuuuk boleh boleh.
      Tahun depan insyaalah. Skripsinya udah kelar mbak ? *eeeeh

      Delete
  3. Masih tetap mengadendakan ke sana tahun depan. Tahun ini cukup ke pulau lainnya dulu yang dekat hahahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeeeey semoga disegerakan ke Labuan Bajo ya kak.
      Semoga Tips Berkunjung ke Labuan Bajo ini bermanfaat :)

      Delete
  4. Pokoknya Raisa khusus jadi tour guide aku kalo ke Labuan Bajo. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaaap !
      Yuk tahun depan ke Labuan Bajo. Lewat Maumere, roadtrip kita hahaha.
      Bolehloh kalo mau beliin aku tiket pesawat ke Maumere ceu hahaha.

      Delete
  5. Aku 2 kali ke sana, nyari kapalnya go show aja ahaha,, untung waktu itu murah (1jt tahun 2012, 1,5 jt tahun 2013,,, tinggal dibagi 3 sama temen)..

    Duh kangen,, belum sempat ke pulau padar huhu..

    Salam kenal
    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mas Bara, salam kenal.
      Waaah lucky you dapet harga yang masih bersahabat yah.
      Kalau sekarang mau go show juga untung - untungan sih mas. Secara banyak kapal yang udah dipake buat open trip :)

      Delete
    2. Iya sih sekarang mah udah populer bgt labuan bajo.. Dulu tu pas kesana, apalagi 2012, masih jarang bgt liat wisatawan lokal..

      Delete
    3. Aku pun pertama kali kesana awal 2014. Perbandingan wisatawan asing dan wisatawang lokal 3:1. Tapi seneng deh sekarang wisatawan lokal udah banyak. its mean mereka sudah tertarik dengan keindahan negerinya.

      Delete
  6. Semoga ada rejeki lebih biar bisa menginjakkan kaki dsn.. Indonesia are wonderful. Raisa kok subur banget yah... Hhahahaha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Raisanya makin sehat dan bahagia sist. Alhamdulillah yah hahaha.

      Delete
  7. Woh keren bgt laah.. Semoga one day bisa ke sana. Btw makasih tipsnya kak raisa yg cantiik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaay. Semoga Tips Berkunjung ke Labuan Bajo bermanfaat yah :)

      Delete
  8. Waahhh Labuan bajo keren, parahh!! Ajak ajak raisa kalo mau kesana lagii. Thank you info check in online nyo, aku baru tahu haha. Kalo ke Labuan Bajo lagi cari pulau yg bntuk nya kayak dinosaurus yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeeeh ia pulau yang bentuknya mirip kepala dinosaurus itu persis dibelakang lokasi aku foto di Padar loh sist.

      Yees, sekarang traveloka udah ada fitur checkin online dan yang paling penting ialah checkin onlinenya bisa pilih kursi juga *ini favoritku hahaha.

      Delete
    2. Naahh kan adaa, mirip bgt ya sis?? Aiiihh jd pengen kesana

      Delete
    3. Yuklah tahun depan sist Labuan Bajo.
      Coba cek tiket dulu di Traveloka.

      Delete
  9. MAU BANGET KE LABUAN BAJOOOO

    *Capslock jeboolll*

    ReplyDelete
    Replies
    1. AYOK KAK. BERKUNJUNG KE LABUAN BAJO 2018 yeeey!

      Delete
  10. Asik nih tipsnya. Bookmarking aaahh. Thanks ya Non ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir kak.
      Semoga bermanfaat :)

      Delete
  11. Kalo liat pemandangannya, aku akuin kece paraaah :D!! Tapi utk ksana, mikir dulu, soalnya panansnya itu kak, hahahahaha, aku ga kuat kena panas soalnya -_- . Itulah kenapa kalo traveling aku pasti slalu pas winter ato ke tempat yg memang ga panas banget... Mungkin nantilah, kalo berubah pikiran mau liat labuan bajo secara lgs, baru arrange trip ksana. Biar gmn aku pgn rasain tidur di kapalnya itu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoook kaaak mampir ke Indonesia Timur yang panasnya bikin kulit tanned dan eksotis hihihi. kalau udah main ke Indonesia Timur bakalan kepengen balik lagi. Semoga Tips Berkunjung ke Labuan Bajo ini berguna buat kamu kesana kelak ya.

      Delete
  12. Ah aku kangen dengan Kakak Tarsi lho, Raisa..

    Ah klo aku ke Labuan Bajo aku mau pakai Be Borneo Trip

    ReplyDelete
  13. Kak. Kok tipsnya kecee banget sih kak �� btw, punya tips biar pulang dr bajo gak gosong ngga? ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dong. Nanti di artikel selanjutnya kak hahaha

      Delete
  14. Akyuuu syedihhh.. belum pernah kesini.. culik akooh ke labuan bajo dong kk raisaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoook tahun depan berangkat ke Labuan Bajo mbak :)

      Delete
  15. Wahhh keren banget, mudah2an aku bisa kesana secepatnya hehehhe, thks buat tipsnya mbak

    http://ursulametarosarini.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama :)
      terima kasih sudah mampir yah.

      Delete
  16. Kamu keren banget bisa ke Labuan Bajo tiap tahun, kak. Aku belom pernah sama sekaliii. Pengeeennn ke sana terus cobain live on boat, sebelum terlalu riuh dengan turisme.

    Btw kalo udah LOB, nggak perlu cari hotel lagi kan?

    Baru tau ada fitur check-in online di Traveloka. Pankapan cobain ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jadwal kedatanganmu bareng sama LOB, nggak perlu cari penginapan lagi kak.
      Aku kemarin datengnya satu ahri sebelum LOB, jadinya stay dulu di hostel. Btw pesen hostelnya pun via traveloka dan murce! trust me ! hahahaha.

      Cobain deh fitur checkinnya. Oh ya tapi baru beberapa maskapai tertentu ya :)

      Delete
  17. Check in online itu PENTING BUANGET. Kalo telat2 dikit sampe bandara masih bisa tertolong.

    Labuan Bajonya cakep. Ntar deh bikin foto selpih di view yang sama hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukk Labuan Bajo tahun depan om.
      Of courseee checkin online penting bangeeet. Kalo inget pengalaman nyaris ketinggalan pesawat mah, aku suka mules sendiri hahahaha. Beberapa kali nyaris ketinggalan pesawat karena lupa checkin online di website. Untung sekarang bisa checkin online via traveloka :)

      Delete
  18. Aku Januari ke Bajo kak... Dan udah beli dong senuanya di Traveloka, persis seperti yang bilang, mudah, murah, cepat dan terpercaya... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaaay asyiik!
      Welcome to labuan Bajo anywaaaay. Semoga tips yang aku tulis ini bermanfaat yah.
      Tips Berkunjung ke Labuan Bajo perlu nih buat nyang mau kesana pertama kali :)

      Delete
  19. Mau kesini juga tahun depan.
    Cek tiket pesawat di traveloka.

    ReplyDelete
  20. Sdh dalam list destinasi thn dpn.. Aamiin

    ReplyDelete
  21. bookmark dulu deh, sambil nabung untuk ke Timur Indonesia. Mungkin bisa ditambahin rekomendasi operator sailingnya apa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siappp next artikel bakalan ada Tips Memilih Operator Sailing :)

      Delete
  22. Aaaaaaaa....pemandangannya baguus bangeeet. Pengeeen. By the way kulitnya kok jadi eksotis gitu ya? Tapi tetep cantiik kok. Raisa gitu loooh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kulitku memang eksotis banget mbak. Tanned gimana gitu hehehe.
      Yuuuuk cuuus Labuan Bajoo :)

      Delete
  23. Nah iya aku juga kalau bepergian naik pesawat sehari sebelumnya cek in online or web check in biar nggak ribet pas di bandara dan nggak khawatir telat cek in apalagi bisa pilih seat sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fitur Web Checkin itu paling penting biar nggak ketinggalan pesawat.
      Nah sekarang udah bisa mobile checkin lewat Traveloka :)

      Delete
  24. Saya cuman pernah liat labian bajo waktu itu di acara televisi. dan saya ingin sekali kesana pemandangannya indah

    ReplyDelete
  25. Share operator sailing yang dipakai di labuan bajo dong mba :). Dan tarifnya juga ^^

    ReplyDelete
  26. Kalau ke Labuan Bajo wajib banget diving. Sayang kalau sudah sampai di sana tapi hanya melihat keindahan di atas laut :)

    ReplyDelete
  27. Makasih tips nya Kak. Praktis banget. Labuan Bajo memang destinasi impian banyak orang. Apalagi perginya bareng Raisa

    ReplyDelete
  28. Whoaaaaa salah satu bucketlist aku nih, Kak! Semoga bisa segera kesana hehe makasih tips-tips nya Kak

    ReplyDelete
  29. Aduh, keren sekali mbak! Makasih buat tipsnya :)

    ReplyDelete