Labuan Bajo. Namanya makin populer di kalangan wisatawan, baik itu wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Pertama kali mengunjungi Labuan Bajo awal tahun 2014 lalu, tak terlalu banyak wisatawan yang datang ke sini. Hanya terlihat beberapa wisatawan asing yang sangat excited ketika melihat komodo langsung di Pulau Komodo.


Sekarang, jumlah wisatawan domestik di Labuan Bajo mulai sebanding dengan wisatawan asing yang datang ke salah satu tempat wisata di Nusa Tenggara Timur ini. Dengan kata lain, orang Indonesia sekarang tak mau kalah dengan orang asing untuk mencintai dan mengeksplor negerinya sendiri.




Ngomongin tentang Labuan Bajo, banyak banget teman-temanku yang menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi impian. Termasuk pula mantan bosku yang berasal dari negeri seberang.
“Tari, you know Labuan Bajo? Is it far from Jakarta?” tanya beliau kepadaku.
“Yeah. I go to Labuan Bajo every year” jawabku.


Nah, berhubung sudah beberapa kali mengunjungi Labuan Bajo, aku mau kasih tips yang semoga bermanfaat bagi kalian yang akan berkunjung ke Labuan Bajo!


Tips berkunjung ke Labuan Bajo


1. Pilihlah waktu keberangkatan terbaik
Waktu terbaik mengunjungi Labuan Bajo adalah sekitar bulan Juni – Juli karena cuaca lagi bagus-bagusnya dan pemandangan lagi cantik-cantiknya. Plus, kalau mau trekking tak perlu takut kehujanan. Sebenarnya, pemilihan waktu keberangkatan ini selera masing-masing sih. Aku pribadi lebih suka berkunjung ke sini sekitar bulan Maret – April.


2. Jangan lupa untuk mencari operator sailing
Ini sih yang terpenting. Kalau bisa, dari jauh-jauh hari kalian sudah menentukan operator mana yang akan digunakan jasanya untuk sailing trip. Ada banyak pilihan kapal yang bisa kalian gunakan untuk sailing trip di pelabuhan Labuan Bajo.


Cuma ya itu, kalau langsung go show harus siap-siap tawar menawar saja.




Kalau aku pribadi sih lebih memilih langsung menghubungi operator sailing trip yang aku temukan kontaknya melalui internet. Yang jelas, pastikan operator yang kalian pilih sudah punya catatan yang bagus dan jam terbangnya tinggi. Jangan sampai salah pilih operator, ya!


3. Bawalah uang cash secukupnya
Tak terlalu banyak ATM di Labuan Bajo. Sejauh mata memandang, hanya ada mesin ATM milik bank Mandiri, BNI, dan BRI. Kalau kalian menggunakan bank lain, siap siap saja untuk tarik tunai menggunakan ketiga mesin ATM tersebut dengan biaya admin Rp7.500.


4. Booking tiket pesawat dari jauh-jauh hari
Kalian yang sering bepergian pastilah paham kalau tiket pesawat ke Indonesia Timur itu harganya lebih mahal dibanding tiket ke Bangkok. Makanya, pesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Aku pribadi sih kalau mau jalan-jalan, biasanya sudah pesan tiket pesawat H-2 bulan. Harganya jauh lebih murah.


Untuk kalian yang terbiasa membeli tiket pesawat go show aku tidak menyarankan untuk melakukannya. Karena kemungkinan tidak seindah beli tiket go show untuk ke Pulau Jawa. Kalian malah bisa mendapat harga dua kali lipat jika melakukannya (mau hemat malah bikin sekarat).


Tips tambahan: Belilah tiket pesawat di online travel agent yang menyediakan beragam fitur yang memudahkan kalian. Macam fitur Check-in Online yang bisa menghemat waktu kalian.




Aku biasa check-in online langsung di aplikasi Traveloka untuk tiket penerbangan dari Labuan Bajo menuju Denpasar. Alasan utama jelas supaya aku lebih tenang tanpa harus datang terlalu awal ke bandara hanya untuk antre check-in di counter. Plus, aku juga bisa pilih seat di dekat jendela (seat favoritku). Check-in Online ini bisa digunakan mulai dari 24 jam sebelum penerbangan, lho.




Nah, kalau sudah berhasil check-in online melalui aplikasi Traveloka, boarding pass bisa langsung dikirim ke email kalian masing-masing. Jadi ketika sampai di bandara, bisa langsung baggage drop saja dan cetak boarding pass di counter check-in bandara. Efisien banget, ya?


5. Pilih penginapan yang strategis
Pilihan penginapan di Labuan Bajo semakin beragam. Mulai dari hostel hingga hotel sudah banyak di sini. Rata-rata harga penginapan di Labuan Bajo mulai dari Rp100.000 (untuk satu kamar).




Pilihlah penginapan yang jaraknya tak jauh dari pelabuhan karena selain strategis, kalian bisa dengan mudah mencari makanan kalau lapar.


6. Jangan lupa membawa SUNBLOCK dan SUNSCREEN
Sebenarnya, sudah banyak supermarket di sekitar Labuan Bajo. Tapi, harganya memang sangat mahal dibanding harga barang di tempat lain. Salah satunya, sunblock dan sunscreen.




Untuk kalian yang akan sailing trip menuju Pulau Komodo, wajib bawa sunblock dan sunscreen. Kalau bisa sih sudah bawa sunblock dari rumah, jadi tak perlu cari-cari lagi di Labuan Bajo.


Ingat, kalian wajib banget mengoleskan sunblock dan sunscreen sebelum memulai aktivitas di Labuan Bajo atau saat sailing trip menuju Pulau Komodo. Setidaknya, meminimalisir kulit yang terbakar setelah pulang liburan.


7. Penting! perhatikan tarif transportasi di Labuan Bajo
Penduduk di Labuan Bajo sangat ramah. Jangan ragu untuk berkomunikasi dengan mereka. Tarif transportasi di Labuan Bajo sejauh ini mulai dari Rp5000 hingga Rp10000 untuk angkutan umum. Sedangkan, untuk tarif ojek dari pusat kota ke bandara ataupun sebaliknya mulai dari Rp10000 hingga Rp15000.


8. Jangan lewatkan kunjungan ke beberapa destinasi populer
berkunjung ke Labuan Bajo dan melakukan sailing trip, rasanya tak lengkap tanpa berkunjung ke destinasi populer seperti Pulau Padar, Pulau Rinca, Pulau Kelor, Gili Lawa dan Taka Kanawa. Semua destinasi tersebut bisa kamu sepakati terlebih dahulu dengan kapten kapal jika ingin berkunjung ke sana.


Pulau Padar
Pulau Padar. One of my favourite :)
Tips tambahan lagi: Jangan lupa untuk selalu cek barang bawaan kalian sebelum meninggalkan destinasi, ya. Nggak mau kan kalau barang berharga kalian tertinggal di suatu pulau terus harus balik lagi ke sana?




And last but not least, pastikan kalian rutin berolahraga terlebih dahulu sebelum nantinya sering trekking untuk mendapatkan view yang cantik. Selamat menikmati Labuan Bajo, ya!

Untuk yang mau tanya-tanya seputar traveling di Labuan Bajo bisa share comment di bawah, ya. Atau mungkin ada yang mau ngajakin aku ke Labuan Bajo lagi. Boleh banget !

*info tambahan :
Sehubungan dengan kondisi Gunung Agung di Bali yang masih berstatus 'awas', kalian bisa pilih direct flight langsung ke Labuan Bajo dari Jakarta tanpa harus transit di Bali.